Catat, 4 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan Kulit

Oleh KlikDokter pada 25 Jul 2018, 09:21 WIB
Buah aprikot, si mungil yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
Catat, 4 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan Kulit (Kaband/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Aprikot memiliki bentuk dan rasa yang mirip seperti peach. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dikeringkan dahulu untuk dijadikan camilan. Apa pun cara penyajiannya, aprikot selalu memberikan cita rasa yang menyegarkan. Selain untuk dimakan, aprikot juga sering digunakan sebagai bahan alami pada berbagai produk perawatan kulit.

Ya, Anda dapat menemukan kandungan aprikot dalam berbagai produk seperti sabun, pelembap, bahkan serum. Tak heran, aprikot memang buah yang kaya akan kandungan gizi. Di dalamnya terdapat serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, hingga likopen. Aprikot juga dikenal sebagai buah yang rendah kalori. Semua itu berperan penting dalam kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Berikut adalah empat keuntungan yang bisa Anda dapat dari aprikot:

  1. Melembapkan kulit

Aprikot merupakan sumber vitamin A. Vitamin ini memiliki peran yang penting dalam membantu menjaga kesehatan mata, sistem imunitas tubuh, reproduksi, tulang dan gigi, serta kulit. Kandungan vitamin A di dalam aprikot bisa membantu melembapkan kulit yang kering sehingga kulit tampak kenyal dan kencang. Kulit yang terhidrasi dengan baik tentunya akan tampak lebih awet muda.

  1. Mencerahkan kulit

Vitamin C di dalam aprikot dapat membantu mencerahkan kulit. Jika dikonsumsi rutin, dapat membantu membuat kulit wajah serta tubuh lebih bersinar dan terhindar dari kekusaman.

  1. Mencegah kerutan pada wajah

Kandungan vitamin C, asam lemak esensial, dan vitamin A di dalam aprikot dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Alhasil, kerutan-kerutan yang mengganggu pun bisa dihindari.

  1. Memiliki efek antiradang

Minyak ekstrak buah aprikot banyak digunakan untuk membantu menangani kulit sensitif dan kulit yang mengalami peradangan seperti eksim atau dermatitis.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, penting juga untuk tahu bagaimana cara merawat kulit yang benar. Langkah utama yang harus Anda perhatikan dalam rutinitas perawatan kulit adalah cleansing atau proses membersihkan kulit saat mandi.

Kulit yang kotor pastinya akan membuat penampilan kusam, menimbulkan banyak masalah kulit (salah satunya jerawat), serta mencegah penyerapan produk perawatan tubuh yang Anda gunakan. Untuk itu, mandilah secara teratur dan lakukan sampai benar-benar bersih.

Perlu diketahui juga, sabun biasa tidak cukup untuk membersihkan tuntas kotoran pada kulit. Anda membutukan scrub untuk membantu proses eksfoliasi dan regenerasi kulit. Dengan sabun yang mengandung 100% butiran scrub aprikot alami seperti Sabun Cair Anti Bakteri Dettol Deep Cleanse, tentunya dapat membantu Anda memperoleh kulit yang lebih sehat.

Fungsi utama dari scrub, antara lain membantu mengangkat sel kulit mati, membasmi kotoran yang menyumbat pori kulit, sekaligus membuka pori-pori kulit agar kulit bisa ‘bernapas’. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus dan cerah.

Penggunaan scrub untuk kulit tubuh sangat berguna, terutama untuk kulit yang sering terpapar kotoran dari luar seperti polusi. Scrub diperbolehkan selama tidak menimbulkan keluhan pada kulit, seperti kulit kemerahan, terasa panas, gatal, hingga luka.

Jangan lupa, selain menggunakan produk sabun mandi antibakteri yang mengandung ekstrak aprikot alami, mengonsumsi cukup sayur dan buah juga dapat membantu mempercantik kulit Anda dari dalam. Selain itu, pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan konsumsi air putih minimal 2 liter per hari serta rutin berolahraga. 

[RS/ RH]