4 Kesalahan Merawat Kulit yang Bikin Kulit Rusak

Oleh KlikDokter pada 25 Jul 2018, 09:30 WIB
Memperlakukan kulit tak boleh sembarangan. Seperti organ lainnya, Anda perlu merawatnya dengan benar agar selalu terjaga sehat.
4 Kesalahan Merawat Kulit yang Bikin Kulit Rusak (Nickola_Che/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kulit merupakan organ terluar dan terluas dari tubuh manusia. Fungsinya tak hanya untuk melindungi tubuh, tapi juga mempercantik penampilan. Namun sayang, banyak orang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang cenderung merusak kulit ketimbang memperindahnya.

Jika kulit Anda tidak terpelihara dengan baik, ada segudang masalah yang dapat muncul. Mulai dari jerawat, kulit kering, kulit kusam, eksim, dan sebagainya. Selain bikin bete, juga bisa membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal.

Untuk mencegah kerusakan pada kulit, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Apakah Anda selama ini sudah merawat kulit dengan benar? Apakah produk kecantikan kulit yang Anda pilih benar-benar ramah untuk jenis kulit Anda?

Jika Anda belum bisa menjawabnya, coba ingat-ingat dulu sambil membaca empat kesalahan yang sering dilakukan orang dalam merawat kulit berikut ini. Siapa tahu Anda menemukan kekeliruan Anda di sini.

  1. Menggunakan air hangat saat mandi

Mandi dengan air hangat memang bikin relaks, apalagi saat cuaca sedang dingin. Namun, mandi air hangat terlalu sering atau terlalu lama dapat membuat kulit kering. Anda disarankan menggunakan air dengan suhu ruangan atau air dingin. Jika ingin mandi dengan air panas, pastikan tidak terlalu sering dan terlalu lama.

  1. Asal pilih produk pembersih wajah

Produk perawatan wajah dibuat khusus berdasarkan jenis kulit. Kenalilah jenis kulit Anda sebelum menentukan produk yang akan digunakan. Untuk jenis kulit kering, sebaiknya pilih produk yang mengandung pelembap.

  1. Malas membersihkan riasan

Bagi Anda yang sering menggunakan kosmetik, pastikan selalu membersihkan wajah dari sisa-sisa produk saat akan tidur. Jika tidak dibersihkan dengan baik, maka akan menumpuk dan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam danjerawat.

  1. Malas menggunakan tabir surya

Radiasi UV dapat merusak struktur kolagen pada kulit sehingga kulit tampak kusam dan kendur. Selain itu, paparan sinar UV berlebih dapat membuat Anda berisiko terkena kanker kulit.

Untuk menghindari kebiasaan yang salah dalam merawat kulit, berikut adalah tips untuk Anda yang ingin memiliki kulit sehat dan cantik:

  • Minum air putih yang cukup

Konsumsilah air putih minimal 2 liter per hari untuk membantu meningkatkan kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan tampak lebih kenyal dan sehat.

  • Makan sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

  • Hindari rokok

Rokok dapat merusak pembuluh darah sehingga aliran darah ke kulit menjadi terganggu. Akibatnya, kulit pun akan kering serta kusam.

  • Kenali jenis kulit Anda

Dengan mengetahui jenis kulit, Anda dapat memilih produk kecantikan yang sesuai sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal.

  • Gunakan pelembap

Terutama untuk Anda yang memiliki kulit kering, pelembap adalah salah satu perawatan kulit yang wajib Anda lakukan setiap hari.

  • Pilih bahan yang alami

Gunakan produk-produk kecantikan yang berasal dari bahan alami. Hindari produk dengan bahan kimia karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Selain baik untuk kesehatan kulit, produk dengan bahan alami juga ramah untuk lingkungan sekitar.

  • Jangan lupa scrub

Penggunaan scrub untuk wajah dan tubuh bertujuan membantu membersihkan kulit dari kotoran hingga ke pori-pori. Kebiasaan ini akan membuat kulit tampak lebih sehat. Contohnya, scrub aprikot alami yang ada pada Sabun Cair Anti Bakteri Dettol Deep Cleanse.

Kandungan 100% butiran scrub aprikot alami di dalamnya tak hanya dapat membantu membasmi kuman dan bakteri, tapi juga membantu kulit terasa halus dan tampak lebih cerah. Apalagi aprikot dikenal sebagai buah yang kaya gizi, salah satunya vitamin C, vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kulit kering dan kusam.

Kulit yang cantik dan sehat tentunya akan membuat Anda lebih semangat dan percaya diri. Untuk mendapatkannya, tak harus dengan perawatan kulit yang serba mahal. Anda dapat memperoleh kesehatan dan kecantikan kulit yang maksimal lewat pemilihan sabun yang mandi yang tepat. Pastikan sabun mandi tersebut efektif untuk mengusir kuman dan bakteri, serta mengandung bahan alami agar kulit senantiasa terasa halus dan tampak cerah.

Perlu diketahui juga, masalah kulit setiap orang berbeda-beda sehingga produk perawatan kulitnya pun tidak sama antara satu dengan yang lain. Selain itu, hasil yang didapat pun beragam untuk setiap individu. Jika Anda memiliki masalah kulit yang cukup serius atau tidak membaik dengan tips di atas, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

[RS/ RH]

san Oliviasan Olivia

saya fikir air hagat itu baik

yolandapyolandap

dok mau tanya, saya semenjak prnh iritasi setiap saya pke sunscreen wajah saya malah jadi iritasi. jadi bagaimana dok cara merawatnya yang benar?

ndityomasndityomas

bg mana cara mengencangkan waja

Lihat Lainnya