6 Benda Sehari-hari yang Ternyata Penuh Kuman

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 13 Aug 2018, 16:07 WIB
Kuman ada di mana-mana, termasuk pada benda-benda di sekitar Anda.
6 Benda Sehari-hari yang Ternyata Penuh Kuman (HTeam/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kuman adalah sumber dari segala penyakit. Anda akan banyak menemukannya pada benda-benda yang kotor, misalnya toilet dan tempat sampah. Tak hanya terdapat pada benda yang diketahui pasti mengandung kuman, benda lain yang Anda anggap bersih ternyata bisa lebih banyak menyimpan kuman.

Berikut adalah benda-benda yang tak Anda duga memiliki banyak kuman sehingga harus diwaspadai:

  1. Ponsel

Ponsel lebih kotor dari yang Anda bayangkan, bahkan kumannya lebih banyak dibanding dudukan toilet. Hal ini disebabkan karena ponsel sering kali diletakkan pada sembarang tempat. Tak jarang Anda juga membawa ponsel ke toilet untuk menemani kejenuhan sambil melakukan keperluan Anda.

  1. Keyboard komputer dan laptop

Sama seperti ponsel, keyboard komputer dan laptop adalah benda yang paling sering Anda sentuh sehari-hari untuk bekerja. Banyak kuman yang menempel di keyboard berasal dari tangan Anda.

Kuman bisa berasal dari benda lain yang Anda pegang, misalnya uang, meja, tas, dan sepatu. Selain itu, malas membersihkan keyboard juga menyebabkan banyak debu dan kotoran yang menempel.

  1. Remote TV

Remote TV adalah benda yang digunakan hampir seluruh penghuni rumah Anda. Karena digunakan secara bergantian maka remote TV pastinya berisiko banyak kuman.

  1. Gagang pintu

Gagang pintu adalah benda yang dipegang ribuan orang setiap harinya. Parahnya, bisa saja orang yang memegang gagang pintu sebelum Anda sedang batuk dan menutup mulut menggunakan tangannya.

  1. Spons cuci piring

Mencuci menggunakan spons cuci piring ibarat memindahkan kotoran dan kuman pada peralatan makan ke spons cuci piring. Tekstur spons yang berlubang membuat kotoran mudah terperangkap dan sulit dibersihkan. Ditambah kondisi lembap yang makin membuat kuman berkembang biak.

  1. Mainan anak

Mainan, boneka, dan karpet alas main anak juga rentan menjadi sarang kuman. Perhatikan bagian mainan yang terbuat dari karet dan banyak lekuk, pastinya bisa berisiko menyebarkan kuman penyakit.

Jika dibiarkan, benda-benda di sekitar Anda dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Tangan merupakan sarang kuman yang paling banyak di antara bagian tubuh lainnya. Mencuci tangan tidak hanya membunuh kuman yang ada di tangan, tetapi juga mencegah penyebaran kuman ke tempat lain.

Cuci tangan harus dilakukan setelah melakukan aktivitas-aktivitas berikut:  

  • Sebelum dan sesudah makan
  • Sesudah buang air kecil atau besar
  • Sesudah memegang uang
  • Sesudah memegang sepatu atau benda kotor lainnya
  • Sesudah berjabat tangan dengan orang lain
  • Saat akan menyiapkan makan malam atau memasak
  • Dan lain-lain

Selain pentingnya mencuci tangan secara rutin, cara mencuci tangan juga harus diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar:

  • Awali dengan membasahi tangan menggunakan air mengalir, kemudian ambil sabun dan gosokkan kedua telapak tangan secara bergantian
  • Usap telapak tangan di atas punggung tangan kiri, dan sebaliknya
  • Pastikan telapak dengan telapak dan jari saling terkait
  • Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci
  • Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri, dan sebaliknya
  • Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak kanan, dan sebaliknya
  • Akhiri dengan basahi tangan kembali dan keringkan

Perlu diingat juga bahwa sabun cuci tangan yang digunakan sebaiknya sabun antikuman, sehingga mampu membunuh kuman penyebab penyakit.

[RS/ RH]