Ini Dia Kuman-kuman Jahat yang Menempel pada Ponsel

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 13 Aug 2018, 16:17 WIB
Tidak hanya dudukan toilet, ponsel Anda juga banyak mengandung kuman jahat.
Ini Dia Kuman-kuman Jahat yang Menempel pada Ponsel (Pangpleiades/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Sebagai alat komunikasi, rasanya tak dapat dihitung berapa kali dalam sehari Anda harus mengecek benda satu itu. Karena sering digunakan, orang kadang luput dengan kebersihannya padahal ponsel menyimpan banyak kuman yang tak terduga.  

Jika membayangkan benda yang penuh kuman, yang terlintas di benak Anda mungkin adalah tempat sampah, dudukan toilet, atau sepatu. Namun ternyata, benda di dekat Anda yang Anda anggap bersih memiliki jumlah kuman lebih banyak dibandingkan dudukan toilet.

Pada penelitian yang dilakukan dengan mengamati ponsel milik para pelajar sekolah, terdapat lebih dari 17.000 gen bakteri pada benda tersebut. Studi lain yang dilakukan oleh University of Arizona juga mengemukakan fakta bahwa ponsel membawa 10 kali lebih banyak kuman dibandingkan dudukan toilet. 

Mengapa ponsel banyak mengandung kuman?

Hal ini disebabkan ponsel merupakan salah satu benda yang pemakaiannya berkaitan dengan tangan. Seberapa sering Anda mengecek ponsel tentunya meningkatkan risiko adanya bakteri yang berpindah dari tangan ke ponsel. Selain itu, kebiasaan meletakkan ponsel di sembarang tempat juga menyebabkan kuman makin berkembang biak.

Tempat yang menjadi sarang kuman adalah kamar mandi. Dan sayangnya banyak orang sering membawa ponsel ke kamar mandi, misalnya saat akan buang air besar. Tidak hanya itu, kebiasaan malas mencuci tangan juga makin melipatgandakan kuman sehingga berpengaruh pada kondisi ponsel Anda.  

Apa saja kuman yang ada di ponsel?

Studi menemukan bakteri penyebab penyakit yang menyeramkan pada ponsel, yaitu StreptococcusMRSA, dan E. coli. Bakteri ini jika berhasil masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit. Tidak hanya bakteri, virus pun banyak ditemui pada ponsel Anda.

Jika kuman-kuman ini berhasil menginfeksi tubuh, berbagai keluhan kesehatan yang dapat terjadi adalah diare, flu, batuk, penyakit mata, dan sebagainya.

Bagaimana agar tidak terkena penyakit yang bersumber dari ponsel?

Anda dapat melakukan tips berikut supaya tidak terkena penyakit akibat kuman jahat di ponsel:

  1. Hindari meletakkan ponsel di sembarang tempat

Misalnya membawa ponsel ke kamar mandi. Hal ini dapat meningkatkan kuman pada ponsel Anda.

  1. Bersihkan ponsel menggunakan cairan yang mengandung alkohol

Gunakan kain microfiber yang dicelupkan ke dalam alkohol (seperti cairan antiseptik pada umumnya), kemudian bersihkan seluruh permukaan ponsel. Lakukan ini beberapa kali dalam sebulan untuk mencegah berkembangbiaknya kuman.

  1. Buka dan bersihkan case pelindung ponsel

Bersihkan ponsel dalam kondisi case dilepas. Jangan lupa case juga harus dibersihkan.

  1. Rajin mencuci tangan dengan sabun antikuman

Ini adalah bagian terpenting karena dengan rajin mencuci tangan, Anda akan mencegah transfer kuman ke ponsel. Gunakan sabun antikuman yang mampu membunuh kuman.

Perhatikan juga cara mencuci tangan yang benar, yaitu:

  • Awali dengan membasahi tangan menggunakan air mengalir, kemudian ambil sabun dan gosokkan kedua telapak tangan secara bergantian
  • Usap telapak tangan di atas punggung tangan kiri, dan sebaliknya
  • Pastikan telapak dengan telapak dan jari saling terkait
  • Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci
  • Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri, dan sebaliknya
  • Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak kanan, dan sebaliknya
  • Akhiri dengan basahi tangan kembali dan keringkan

Dengan segala aktivitas yang Anda lakukan dari pagi hingga malam hari, tak mungkin bisa jauh-jauh dari ponsel. Namun, selalu perhatikan kebersihannya agar tidak menjadi sarang kuman dan menyebarkan penyakit.

[RS/ RH]