Manfaat Buah untuk Perkembangan si Kecil Usia Satu Tahun

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 27 Aug 2018, 13:51 WIB
Berikan si Kecil buah-buahan yang bervariasi agar maksimal selalu tumbuh kembangnya.
Manfaat Buah untuk Perkembangan si Kecil Usia Satu Tahun (Wong Sze Yuen/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu nutrien yang penting untuk perkembangan si Kecil adalah buah. Buah dapat diberikan kepada si Kecil di atas 6 bulan sebagai makanan selingan. Mengapa buah penting untuk perkembangan si Kecil?

Untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil, diperlukan nutrisi yang baik. Nutrisi seimbang yang terdiri dari komponen makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) sangat esensial bagi si Kecil.

Banyak sekali kandungan makronutrien maupun mikronutrien yang terkandung dalam buah dan masing-masing buah memiliki jenis dan jumlah nutrien yang berbeda. Itu sebabnya memberikan buah secara bervariasi penting untuk perkembangan tubuh si Kecil.

Berikut ini alasan mengapa Anda perlu menyajikan buah kepada si Kecil setiap harinya:

  1. Mengandung berbagai nutrien

Telah dijelaskan di atas bahwa buah mengandung banyak sekali nutrien, terutama mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Buah merupakan sumber vitamin yang baik seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, serta sumber mineral yang penting bagi tubuh seperti kalium, kalsium, zat besi, magnesium dan mineral lainnya.

Selain itu, beberapa jenis buah seperti labu dan pisang juga mengandung karbohidrat dan protein yang dapat menjadi sumber energi si Kecil.

  1. Penting untuk kesehatan saluran cerna si Kecil

Buah kaya akan serat yang dapat mendukung kesehatan saluran cerna si Kecil, contohnya apel, stroberi dan peach. Serat dapat membantu kelancaran buang air besar si Kecil serta dapat menjadi bahan makanan bagi kuman-kuman baik yang terdapat dalam saluran cerna si Kecil.

Kuman-kuman baik dalam saluran cerna sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Jika si Kecil kurang makan buah, berbagai masalah dapat timbul seperti susah buang air besar.

  1. Mengontrol berat badan

Tidak hanya orang dewasa, si Kecil juga dapat mengalami obesitas. Angka obesitas pada anak kian lama kian meningkat. Salah satu cara mengontrol berat badansi Kecil adalah dengan buah.

Buah-buahanmerupakan makanan yang mengandung kalori dan lemak yang rendah. Mengonsumsi buah juga memberikan rasa kenyanglebih lama ketimbangmakanan selingan lain, seperti kebanyakan camilandi swalayanyang bertaburan kalori, lemak, dan gula.

  1. Meningkatkan performa akademis

Nutrisi yang seimbang juga penting untuk perkembangan otak. Penelitian menunjukkan, si Kecil dengan kualitas makanan yang rendah (termasuk tidak mengonsumsi buah dan sayur secara teratur) lebih cenderung memiliki performa akademis yang kurang baik dibandingkan si Kecil yang mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam buah juga merupakan salah satu komponen yang penting untuk perkembangan otak si Kecil, sehingga dapat menunjang performa akademis.

  1. Mencegah berbagai penyakit

Kandungan vitamin yang memiliki efek antioksidan seperti vitamin A, C dan E dalam buah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil terhadap penyakit. Berbagai masalah saluran cerna seperti sulit buang air besar pada si Kecil juga dapat dicegah dengan makan buah teratur.

Selain itu, kebiasaan makan buah sejak kecil akan terbawa hingga dewasa. Ini tentunya dapat mencegah berbagai penyakit yang biasanya menyerang orang dewasa seperti kanker dan penyakit jantung.

Banyak sekali, bukan, manfaat buah untuk si Kecil? Namun terkadang, ada sebagian anak yang tidak suka makan buah. Untuk menyiasatinya,  Anda dapat memberikan buah kepada si Kecil dalam bentuk olahan yang berbeda, misalnya puree.

Puree lebih kaya akan nutrisi karena mengandung susu serta memiliki tekstur dan rasa yang lebih disenangi si Kecil. Dengan cara ini,  Anda dapat memberikan buah yang kaya nutrisi kepada si Kecil tanpa harus melakukan pemaksaan. Selain puree buah yang dibuat sendiri, kini tersedia pula puree dalam bentuk kemasan yang lebih praktis disajikan untuk si Kecil. Selamat mencoba!

[RS/ RH]