Ingin Tulang si Kecil Kuat? Berikan Buah-buahan Ini

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 27 Aug 2018, 14:29 WIB
Konsumsi rutin buah-buahan akan membuat tulang si Kecil kuat. Apa saja buah yang dapat diberikan?
Ingin Tulang si Kecil Kuat? Berikan Buah-buahan Ini (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bayangkan jika si Kecil tidak memiliki tulang yang kuat. Pastilah pertambahan tinggi badan si Kecil akan terganggu, begitu pula dengan perkembangan motoriknya. Itulah mengapa Ayah dan Bunda tidak boleh menyepelekan masalah tulang si Kecil sejak lahir hingga remaja. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menguatkan tulang si Kecil adalah lewat pemberian buah-buahan.

Pentingnya Kalsium untuk Tulang Anak

Kesehatan tulang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Dibutuhkan tulang yang kuat agar si Kecil dapat bertambah tinggi secara optimal serta melakukan aktivitas sehari-hari seperti duduk, berdiri, berjalan, hingga berlari.

Tulang yang kuat didukung terutama oleh tersedianya kalsium dan vitamin D yang cukup dalam tubuh si Kecil. Kalsium dalam tubuh si Kecil diperoleh dari makanan, salah satunya buah-buahan.

Kebutuhan kalsium untuk menunjang pertumbuhan si Kecil berbeda-beda berdasarkan usia. Pada si Kecil usia dibawah 6 bulan, dibutuhkan kalsium sekitar 200 mg/hari. Kebutuhan ini meningkat seiring waktu. Pada si Kecil usia 6–12 bulan dibutuhkan kalsium sekitar 250 mg/hari dan pada usia 1–3 tahun, kebutuhan kalsium meningkat pesat menjadi 700 mg/hari.

Selanjutnya, si Kecil usia 4–8 tahun membutuhkan kalsium 1000 mg/hari dan pada si Kecil usia di atas 9 tahun diperlukan kalsium sebanyak 1300 mg/hari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, tentunyasi Kecil membutuhkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya.

Buah-buahan Berkalsium Tinggi

Beberapa buah memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibanding buah lainnya, antara lain jeruk, pisang, delima, apel merah, stroberi, buah naga, mangga, peach, kiwi, kurma, dan pir. Untuk itu, buah-buahan tersebut sebaiknya diberikan secara bergantian untuk menambah asupan kalsium sehingga kebutuhan kalsium harian si Kecil tercapai.

Tabel 1. Kandungan kalsium dalam berbagai buah

Nama Buah

Kandungan Kalsium (Per 100 Gram)

Jeruk

40 mg

Pisang

5 mg

Delima

18 mg

Apel merah

6 mg

Stroberi

16 mg

Buah naga

64 mg

Mangga

10 mg

Peach

6 mg

Kiwi

34 mg

Kurma

64 mg

Pir

9 mg

Ketahuilah bahwa dengan memberikan buah kepada si Kecil, tak hanya kalsium yang akan didapat olehnya. Berbagai kandungan vitamin dan mineral lain juga dapat diperoleh oleh si Kecil, seperti vitamin D, kalium, dan fosfor, yang juga memiliki peran dalam pertumbuhan tulang.

Manfaat Pure Buah

Pemberian buah kepada si Kecil dapat dimulai dari usia 6 bulan. Ayah dan Bunda dapat memperkenalkan buah kepada si Kecil dengan berbagai cara. Baik dengan cara membuat jus atau pure pada si Kecil dibawah satu tahun, atau memberikan buah potong segar pada si Kecil di atas 1 tahun.

Dibandingkan dengan jus, pemberian buah dalam bentuk puree lebih baik karena kandungan serat yang lebih banyak pada puree dibandingkan jus. Selain itu, kandungan susu dalam puree yang dapat menambahkan kandungan nutrien didalamnya. Dengan menambahkan susu, secara otomatis kandungan kalsium dalam pure akan meningkat. Seperti diketahui, susu merupakan salah satu sumber utama kalsium pada bayi dan anak-anak.

Kandungan kalsium yang lebih tinggi dalam puree tentunya dapat membantu optimalisasi pemenuhan kebutuhan kalsium si Kecil. Selain itu, pure memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan buah biasa sehinggacocok diberikan kepada si Kecil yang tak suka makan buah.

Sekarang Ayah dan Bunda telah mengetahui manfaat buah untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh si Kecil. Pemberian buah-buahan secara rutin sangat penting agar si Kecil memiliki tulang yangkuat hingga besar nanti. Yuk, pastikan si Kecil cukup makan buah setiap harinya!

[RS/ RH]

Alvaro.inong@gmail.com AlvaroAlvaro.inong@gmail.com Alvaro

buah apa yaa dok yg kuat untuk tulamg si kecil?