6 Sumber Makanan Omega-3 untuk si Kecil

Oleh KlikDokter pada 26 Nov 2018, 08:45 WIB
Omega-3 terbukti bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Zat gizi tersebut bisa didapatkan dari makanan berikut ini.
6 Sumber Makanan Omega-3 untuk si Kecil (Pixelbliss/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Omega-3 merupakan jenis asam lemak esensial yang telah terbukti memainkan peran dalam menunjang tumbuh kembang si Kecil. Sayangnya, zat gizi ini tidak diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan sehari-hari.

Perlu Bunda ketahui, omega-3 terdiri atas tiga komponen utama: ALA, EPA, dan DHA. Ini membuat omega-3 menjadi zat esensial yang bisa mendatangkan manfaat berupa:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan ALA (alpha linolenic-acid) di dalam omega-3 dapat membantu meningkatan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Hal ini membuat si Kecil terlindung dari berbagai risiko penykait.

  • Mempertajam otak

DHA (docosahexaenoic acid) yang ada pada omega-3 merupakan nutrisi otak yang paling penting. Jadi, jika asupan DHA Si Kecil terus terpenuhi, saraf otaknya menjadi dapat berfungsi dengan lebih optimal.

Hal itu membuat si Kecil memiliki tingkat kecerdasan yang lebih optimal, daya ingat yang lebih baik, dan konsentrasi atau fokus yang tidak mudah pecah.

  • Menjaga kesehatan mental

Pasokan omega-3 dalam jumlah cukup setiap hari membuat si Kecil terhindar dari risiko penyakit mental, seperti depresi, bipolar, dan skizofernia.

Supaya si Kecil benar-benar merasakan manfaat di atas, berikut adalah jumlah omega-3 harian yang harus diberikan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013:

  • Si Kecil usia 0–6 bulan: 0,5 gram per hari
  • Si Kecil usia 7–11 bulan: 0,5 gram per hari
  • Si Kecil usia 1–3 tahun: 0,7 gram per hari
  • Si Kecil usia 4–6 tahun: 0,9 gram per hari

Sumber omega-3

Jika usia si Kecil belum genap satu tahun, Bunda dapat mengonsumsi makanan berikut agar ASI mengandung pasokan omega-3. Sedangkan, jika usia si Kecil sudah satu tahun atau lebih, makanan berikut dapat diberikan dalam bentuk utuh pada Si Kecil.

Beberapa makanan yang mengandung omega-3, di antaranya:

  1. Ikan laut berlemak

Jenis ikan laut berlemak memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Beberapa contohnya adalah ikan salmon, makerel, tuna, herring dan sarden. Setiap 100 gram ikan laut tersebut memiliki kandungan omega-3 kurang lebih satu gram.

  1. Kacang-kacangan

Kacang kedelai, almon, edamame, dan hazelnut mengandung kadar omega-3 yang tinggi.

  1. Biji-bijian

Omega-3 juga dapat ditemukan pada biji-bijian, seperti flaxseed, chia seed, dan pumpkin seed.

  1. Sayuran hijau

Selain mengandung banyak serat, sayuran hijau juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Beberapa contoh sayur dengan omega-3 yang tinggi adalah bayam, kale dan rumput laut.

  1. Minyak

Minyak tak selamanya buruk. Ini karena beberapa jenis minyak mengandung asam lemak omega-3. Contoh minyak yang demikian adalah minyak zaitun, minyak kanola, minyak flaxseed, minyak walnut, dan minyak kedelai.

  1. Susu dan telur

Tak hanya tinggi kandungan protein, susu dan telur juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Selain dari enam makanan di atas, Bunda juga bisa menemukan omega-3 dan segala kebaikan yang ada di dalamnya pada serangkaian produk Morinaga, yang terdiri dari:

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges merupakan susu pertumbuhan si Kecil di usia 1–3 tahun, dengan Formula Platinum MoriCare+ Prodiges. Inovasi Unggulan berupa sinergi nutrisi antara faktor kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda dan faktor tumbuh kembang optimal mendukung si Kecil menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.

Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges merupakan susu pertumbuhan si Kecil di usia 4–12 tahun dengan Formula Platinum MoriCare+ Prodiges. Inovasi Unggulan berupa sinergi nutrisi antara faktor kecerdasan multitalenta, faktor pertahanan tubuh ganda dan faktor Tumbuh kembang optimal mendukung si Kecil menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta.

Optimalkan modal dasar kecerdasan si Kecil dengan nutrisi yang terkandung di dalam Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges untuk tumbuh kembang otak si Kecil.

Yuk, pastikan bahwa kebutuhan omega-3 harian si Kecil terus terpenuhi. Dengan begitu, si Kecil akan memiliki tumbuh kembang yang lebih optimal sehingga dirinya siap dan mampu untuk menghadapi tantangan global. Salam Generasi Platinum!

(NB/ RH)