6 Langkah Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit

Oleh KlikDokter pada 12 Dec 2018, 14:00 WIB
Ingin Si Kecil tetap aktif dan tak mudah terserang penyakit? Ini tips yang bisa Bunda terapkan!
6 Langkah Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit (DONOT6_STUDIO/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kuman berbahaya hadir di mana-mana. Hal ini tentu bikin Si Kecil lebih rentan terserang penyakit, apalagi disaat cuaca sedang tidak menentu dan daya tahan tubuhnya sedang dalam kondisi tidak prima.

Meski demikian, Bunda tak perlu khawatir berlebihan. Kuman penyebab penyakit memang ada di mana-mana. Namun, Bunda dapat melakukan sederet upaya agar Si Kecil tak sampai terinfeksi oleh mikroogranisme berbahaya.

Apa saja yang bisa dilakukan agar Si Kecil tak mudah sakit?

  1. Membiasakan diri menjaga kebersihan diri

Meski terlihat bersih dari debu dan kotoran, tubuh tak sepenuhnya bebas kuman. Karena itu, agar tidak mudah sakit, Bunda harus membiasakan Si Kecil untuk selalu menjaga kebersihan diri.

Ajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, khususnya sebelum makan, setelah dari toilet, dan seusai beraktivitas. Jangan lupa juga untuk mengajarkan kebiasaan mandi pakai sabun, setidaknya dua kali sehari.

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Cukupi kebutuhan gizi Si Kecil dengan memberikannya menu sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Bunda wajib menyajikan asupan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, yang sebagian besarnya terdiri dari sayur maupun buah. Bunda juga dapat menambahkan beberapa menu yang mengandung probiotik dan prebiotik untuk dikonsumsi si Kecil.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik seperti yoghurt sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan saluran cerna.

Untuk melengkapi, Bunda juga bisa memberikan susu. Kini tersedia susu yang mengandung prebiotik, probiotik BV536 dan MV16, laktoferin dan nukleotida, di mana semua zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan antibodi, membantu melawan infeksi, dan membantu mengoptimalkan proses penyerapan gizi dari makanan.

  1. Olahraga

Layaknya orang dewasa, Si Kecil juga perlu berolahraga. Aktivitas sehat ini terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang nantinya membuat Si Kecil tak mudah sakit.

Beberapa jenis olahraga yang bisa dipilih antara lain bersepeda, berenang, jalan santai atau jogging. Supaya Si Kecil lebih termotivasi, Bunda dapat menjadi rekannya ketika ia melakukan aktivitas sehat tersebut.

  1. Tidur yang cukup

Mengatur pola tidur Si Kecil sejak dini juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuhnya. Sekitar 40 persen waktu yang Si Kecil miliki sebaiknya digunakan untuk tidur.

Lama tidur Si Kecil bergantung pula pada usianya. Semakin bertambah, maka lama tidur Si Kecil semakin berkurang. Untuk usia 3–5 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan Si Kecil adalah selama 11–13 jam setiap malam. 

  1. Imunisasi

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lindungi Si Kecil dari penyakit dengan memberikannya imunisasi sesuai dengan usianya.

Terdapat lima imunisasi wajib yang diberikan pada Si Kecil hingga usia sembilan bulan. Ada pula imunisasi lanjutan dan tambahan yang bisa diberikan setelahnya.

Bunda dapat berkonsultasi lebih lanjut pada dokter umum atau dokter spesialis anak mengenai imunisasi lanjutan maupun tambahan sesuai usia Si Kecil.

  1. Hindari penggunaan obat tanpa indikasi

Jika Si Kecil sakit, Bunda tak perlu buru-buru memberinya antibiotik. Ini karena kebanyakan penyakit yang menyerang Si Kecil disebabkan oleh virus. Sementara itu, antibiotik adalah obat yang hanya efektif untuk mengatasi infeksi bakteri.

Perlu Bunda tahu, pemberian obat yang tidak tepat sasaran bisa menyebabkan hal-hal yang tak diinginkan. Pada kasus antibiotik, penggunaan yang tidak sesuai dengan dosis dan indikasi bisa menyebabkan resistensi antibiotik.

Itu dia tips yang bisa Bunda terapkan agar Si Kecil tidak mudah sakit. Pastikan Bunda melakukan yang terbaik agar kesehatan Si Kecil terjaga dengan baik dan tumbuh kembangnya terus berlangsung dengan optimal.

(NB/ RH)