Inilah 7 Benda Paling Berkuman di Kantor

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 21 Dec 2018, 15:30 WIB
Tidak disangka, ternyata inilah beberapa benda paling berkuman yang ada di kantor. Waspada, kuman penyebab penyakit mengintai Anda!
Inilah 7 Benda Paling Berkuman di Kantor (Xmee/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit. Tindakan ini tak hanya harus dilakukan di rumah, tapi juga di kantor tempat Anda bekerja.

Faktanya, terdapat beberapa benda di kantor yang sangat berpotensi menjadi tempat bersarangnya kuman penyebab penyakit. Beberapa benda yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Tombol lift

Tahukah Anda bahwa tombol lift 40 kali lebih kotor daripada toilet? Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang melakukan uji sampel kuman pada tombol lift yang berada di hotel, restoran, bank, bandara, dan perkantoran. Disebutkan bahwa tiap sentimeter persegi tombol lift yang terletak di tempat-tempat tersebut dihuni oleh 313 koloni unit bakteri, di mana toilet hanya dihuni oleh 8 koloni.

  1. Wastafel dapur

Penelitian oleh Kimberly-Clark Professional menemukan bahwa sekitar 75 persen keran wastafel dapur di kantor memiliki hitung adenosin trifosfat (ATP) sebesar 300 atau lebih.

Hitung ATP yang tinggi menunjukkan bahwa kemungkinan kandungan bakteri di permukaan tersebut juga tinggi. Sebagai perbandingan, suatu permukaan yang bersih umumnya memiliki hitung ATP di bawah 25.

  1. Cangkir dan gelas

Penelitian yang menyelidiki bakteri pada cangkir di tempat kerja menemukan, sekitar 20 persen dari cangkir yang telah dibersihkan terdapat adanya bakteri E. coli.

  1. Meja kerja

Siapa sangka, ternyata meja kerja yang sering Anda gunakan di kantor memiliki angka hitung kuman yang tinggi. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pakar mikrobiologi dari University of Arizona, Charles Gerba, yang mengemukakan bahwa meja kerja dapat mengandung lebih dari 10 juta bakteri dan kuman lainnya.

  1. Perangkat komputer

Perangkat komputer, seperti keyboard dan mouse, merupakan beberapa benda yang sering disentuh oleh banyak orang di kantor. Oleh sebab itu, alat-alat tersebut sangat rentan menjadi sarang kuman penyebab penyakit.

  1. Gagang kulkas

Gagang kulkas di dapur tempat kerja juga bisa menjadi benda yang disentuh oleh banyak orang. Karenanya, benda tersebut sangat berpotensi menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab penyakit, apalagi jika tidak dibersihkan secara rutin.

  1. Tombol mesin fotokopi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan Hloom menemukan, salah satu tempat berakumulasinya kuman di kantor adalah mesin fotokopi. Hal ini terutama pada mesin yang tombol-tombolnya sering disentuh.

Sebagai contoh, penelitian tersebut menemukan lebih dari 1,2 miliar colony forming units (CFU) bakteri per inci persegi pada tombol yang digunakan untuk menyalakan mesin fotokopi.

Mencegah infeksi kuman

Karena tak sedikit benda di kantor yang bisa menjadi sarang kuman, Anda harus selalu waspada. Jangan biarkan kuman tersebut menyerang dan menyebabkan penyakit infeksi. Lakukan ini sebagai tindakan pencegahan:

  • Cuci tangan dengan sabun antikuman dan air mengalir saat tiba di tempat kerja. Lakukan ini terutama jika Anda menggunakan kendaraan umum seperti kereta atau bus.
  • Simpan hand sanitizer di meja kerja. Gunakan secara berkala untuk membersihkan tangan Anda.
  • Gunakan lap disinfektan untuk membersihkan meja kerja. Lakukan setidaknya satu kali sehari, terutama apabila Anda sering makan di atas meja kerja.
  • Gunakan lap disinfektan untuk menjaga sanitasi dari tempat-tempat yang sering tersentuh di dapur tempat kerja atau di toilet.
  • Bersihkan keyboard dan mouse komputer secara rutin.
  • Bersihkan alat makan apabila hendak digunakan lagi.

Selalu waspada dan jaga kesehatan Anda. Perhatikan pula kebersihan tangan, dengan mencuci tangan secara berkala menggunakan sabun antikuman dan air bersih yang mengalir. Dengan demikian, kuman yang bersembunyi di benda-benda kantor Anda tidak sampai menyebabkan penyakit.

(NB/ RH)