Ini Cara agar si Kecil Tak Bosan Minum Susu

Oleh KlikDokter pada 22 Mar 2019, 08:14 WIB
Si Kecil bosan minum susu? Bunda dapat mengikuti tips berikut untuk mengatasinya.
Ini Cara agar si Kecil Tak Bosan Minum Susu (MIA Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Susu merupakan salah satu nutrisi penting bagi si Kecil. Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam susu untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Pada satu tahun pertama kehidupan, biasanya bayi masih suka minum susu. Namun demikian, melewati usia 1 tahun, sebagian anak mulai bosan minum susu. Apa saja penyebab si Kecil bosan minum susu? Bagaimana pula kiat agar mereka tidak bosan minum susu? Ini tips untuk Bunda.

Pentingnya susu bagi si Kecil

Tumbuh kembang si Kecil dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah nutrisi yang baik. Setelah 6 bulan pertama, yakni ketika masa pemberian ASI eksklusif selesai, pemberian ASI atau susu formula saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Itulah sebabnya, pada usia enam bulan bayi sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI).

Pada usia di atas satu tahun, si Kecil sudah dapat makan makanan rumah dan sebagian besar kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dari makanan yang dimakan. Namun demikian, ada beberapa komponen penting, seperti protein dan kalsium, yang banyak terdapat dalam susu.

Komponen ini penting untuk pertumbuhan si Kecil dan meningkatkan kepadatan tulangnya. Tidak hanya untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang, minum susu juga baik untuk perkembangan otak dan sistem pertahanan tubuh.

Nutrisi untuk si Kecil sangat dibutuhkan baik itu ketika melakukan aktivitas di dalam rumah dan juga luar rumah. Tentunya ketika melakukan aktivitas di luar rumah, kepraktisan menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh Bunda dalam menyiapkan bekal nutrisi sehat untuk si Kecil.

Salah satu pilihannya adalah susu cair, yaitu Susu MorinagaChil*Go! yang mengandung, kolin, yodium, zat besi, vitamin B kompleks, serta inositol yang sangat baik untuk mendukung kecerdasan multitalenta si Kecil. Selain itu, si Kecil juga mendapatkanserat pangan inulin 1700 mg, kalsium tinggi, seng, serta vitamin A, C, dan, E yang baik untuk mendukung sistem pertahanan tubuh ganda dan pencernaan si Kecil yang sehat.

Penyebab si Kecil bosan minum susu

Si Kecil di atas satu tahun sudah mulai mengerti dan memperhatikan lingkungannya. Itulah sebabnya ia sudah mulai memiliki preferensi terhadap makanannya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan Si Kecil bosan minum susu, diantaranya adalah:

  • Bosan dengan rasa susu yang sama setiap hari
  • Lebih tertarik dengan minuman lain, seperti jus atau minuman manis lain
  • Terlalu banyak makan camilan sehingga sudah merasa kenyang
  • Merasa terpaksa minum susu
  • Ingin mengikuti kebiasaan anggota keluarga lain yang tidak minum susu
1 of 2

Bagaimana cara agar si Kecil tidak bosan minum susu?

Jika si Kecil bosan minum susu, Bunda tidak boleh menyerah. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa tips untuk mengatasi si Kecil yang bosan minum susu:

  1. Variasi rasa

Variasi rasa sangat penting untuk mengatasi kebosanan Si Kecil terhadap rasa susu. MorinagaChil*Go! yang enak bernutrisi hadir dalam lima varian rasa yang pasti disukai si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

  1. Variasi bentuk penyajian

Jika si Kecil bosan minum susu dalam bentuk susu cair dalam gelas, Bunda dapat menyiasatinya dengan penyajian dalam bentuk lain. Misalnya, memberikan sereal yang sudah dicampur susu saat sarapan pagi, mengolah susu menjadi smoothies atau es krim, dimakan bersama biskuit, atau bentuk-bentuk kreatif lainnya.

Membeli mangkuk/ gelas susu baru yang lebih menarik juga bisa Bunda coba. Atau Bunda bisa membeli sedotan susu yang unik untuk mengatasi kebosanan si Kecil minum susu.

  1. Jangan memaksa si Kecil minum susu

Memaksa si Kecil minum susu bukanlah cara yang baik untuk mengatasi kebosanannya minum susu. Sebaiknya, si Kecil diberikan penjelasan pentingnya minum susu untuk kesehatannya. Ajaklah si Kecil untuk menyiapkan susu bersama-sama dengan Bunda sehingga ia dapat lebih menikmati susu yang diminum tanpa paksaan.

  1. Tanamkan kebiasaan minum susu dalam keluarga

Si Kecil akan lebih mau minum susu jika Bunda dan anggota keluarga lain juga menerapkan kebiasaan minum susu setiap hari. Dengan demikian, si Kecil tidak merasa ia sendiri yang minum susu dalam keluarga.

  1. Kurangi kebiasaan minum minuman manis atau camilan yang terlalu banyak

Minuman manis, bahkan jus dalam kemasan, terlalu banyak mengandung gula sehingga tidak baik untuk kesehatan si Kecil. Selain membuat si Kecil tidak mau minum susu, sering mengonsumsi minuman manis juga membentuk kebiasaan mengonsumsi gula. Hal ini dapat meningkatkan risiko si Kecil mengalami obesitas. Begitu pula dengan memberikan camilan yang terlalu sering kepada si Kecil. Si Kecil yang kenyang dengan camilan tidak akan mau minum susu.

Susu adalah salah satu sumber nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Jadi, untuk mencegah ia bosan minum susu, orangtua harus pintar-pintar mencari cara. Selain itu, orang tua adalah contoh bagi si Kecil. Berikanlah contoh perilaku yang baik padanya dengan minum susu. Dengan begitu, si Kecil akan terdorong untuk minum susu.

[HNS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓
ahlul28ahlul28

Tempore fugiat sunt et non et soluta. Neque totam iure dolorum voluptatibus dolores. Corrupti est mollitia quas maiores recusandae. Odio sint ratione quia aut.

ahlul28ahlul28

Dolores quibusdam et repellendus corrupti aut earum. Nihil ut qui consequatur voluptatem iusto. Soluta porro eaque tempore dolores praesentium qui. Ipsam esse sunt consequuntur eum numquam.

ahlul28ahlul28

Qui sed harum aut cum maxime. Sed eum facere dolorem et voluptatem sequi quaerat. Placeat illum dignissimos corrupti saepe. Recusandae sit perspiciatis enim pariatur.

Lihat Lainnya