Nutrisi untuk Tingkatkan Sistem Imun Si Kecil

Oleh KlikDokter pada 08 Feb 2019, 15:15 WIB
Ingin Si Kecil sehat dan tidak mudah sakit? Ini nutrisi yang dapat Bunda berikan untuk meningkatkan sistem imun Si Kecil.
Nutrisi untuk Tingkatkan Sistem Imun Si Kecil (Akkalak Aiempradit/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makanan adalah sumber nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Beberapa jenis makanan bahkan mengandung berbagai nutrisi khusus yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh Si Kecil. Dengan sistem imun yang optimal, Si Kecil bisa lebih sehat, fit, dan tahan terhadap infeksi kuman penyebab penyakit.

Apa saja makanan yang bisa tingkatkan sistem imun Si Kecil agar tidak mudah sakit?

  • Jeruk

Jeruk dan lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C telah dikenal sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, terutama meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan kuman penyebab penyakit.

  • Paprika

Paprika mengandung vitamin C dalam kadar yang tinggi. Selain itu, paprika juga kaya akan beta-karoten yang merupakan antioksidan untuk meningkatkan sistem imun, kesehatan mata, dan kulit.

  • Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan vitamin C. Buah berbentuk lonjong ini juga mengandung zat papain yang memiliki efek anti-radang.

  • Brokoli

Brokoli sudah cukup lama dikenal sebagai makanan super (superfood) yang mengandung berbagai nutrisi untuk meningkatkan sistem imun, termasuk menurunkan risiko kanker. Brokoli mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat penting untuk kesehatan tubuh Si Kecil.

  • Bawang putih

Bawang putih bukan hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap masakan, tetapi bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun Si Kecil. Khasiat tersebut dimiliki bawang putih karena kandungan allicin di dalamnya.

  • Jahe

Jahe diketahui mengandung zat yang dapat meredakan proses peradangan, yaitu gingerol. Tidak heran mengapa orang kerap mengonsumsi minuman yang mengandung jahe ketika sedang merasa kurang fit.

  • Bayam

Selain terkenal dengan kandungan zat besi, bayam ternyata juga mengandung vitamin C dan beta karoten―antioksidan yang memiliki kemampuan meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Yoghurt

Yoghurt adalah minuman sehat mengandung bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh Si Kecil. Yoghurt plain yang mengandung gula lebih sedikit adalah pilihan terbaik. Bunda juga dapat menambahkan berbagai jenis buah untuk meningkatkan kadar nutrisi di dalamnya.

  • Kunyit

Selain berfungsi sebagai bumbu penyedap masakan, kunyit juga mengandung zat anti-radang yang disebut curcumin. Zat tersebut terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechingallate (EGCG) yang dapat meningkatkan fungsi sistem imun tubuh. Teh hijau tidak melalui proses fermentasi, sehingga kandungan EGCG-nya lebih tinggi dibandingkan dengan teh hitam.

Selain yang telah disebutkan, terdapat pula cara yang praktis untuk mendukung sistem imun Si Kecil khususnya ketika melakukan aktivitas di luar rumah, yakni dengan mengonsumsi susu cair. Bunda dapat memberikan Si Kecil salah satu pilihannya, yaitu Morinaga Chil*Go!.

Morinaga Chil*Go! adalah susu steril dalam bentuk cair yang enak bernutrisi. Dengan kandungan kolin serta inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks, Morinaga Chil*Go! dapat membantu mendukung kecerdasan multitalenta Si Kecil usia 1–12 tahun.

Morinaga Chil*Go! juga memiliki kandungan serat pangan inulin 1700 miligram, yang dapat mendukung kesehatan saluran cerna dan mengoptimalkan sistem imun tubuh Si Kecil. Susu cair yang tidak mengandung bahan pengawet ini hadir dalam lima rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

Berikan Morinaga Chil*Go! pada Si Kecil sesuai anjuran agar sistem imun tubuhnya tetap prima. Dengan demikian, Si Kecil tidak akan mudah terserang penyakit sehingga aktivitas dan tumbuh kembangnya terus berlangsung dengan optimal.

(NB/ RH)