Perut Kembung? Hindari Konsumsi Makanan Ini

Oleh KlikDokter pada 22 Mar 2019, 09:21 WIB
Punya keluhan perut kembung? Waspada, beberapa makanan ini bisa bikin kondisi Anda semakin buruk!
Perut Kembung? Hindari Konsumsi Makanan Ini (FF Photo/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah mengalami perut kembung atau begah. Kondisi yang sering dianggap sebagai gejala ‘masuk angin’ ini paling sering terjadi akibat adanya gas berlebih di dalam saluran cerna.

Ahli kesehatan menyebut bahwa perut kembung atau begah dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak hingga mereka yang sudah lanjut usia. Anda yang tak ingin mengalami keluhan itu diwajibkan untuk benar-benar memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami keluhan perut kembung. Pasalnya, jenis makanan tertentu bisa mencetuskan keluhan perut kembung atau begah dan membuatnya menjadi semakin parah.

Makanan pencetus perut kembung

Makanan adalah salah satu pencetus terjadinya perut kembung atau begah. Oleh karena itu, jika mengalami keluhan ini, Anda diwajibkan untuk benar-benar memerhatikan segala yang dikonsumsi.

Beberapa makanan yang sebaiknya benar-benar Anda hindari ketika mengalami perut kembung atau begah, di antaranya:

  1. Kubis-kubisan

Kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, kale, wortel, dan asparagus merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas di saluran cerna. Selain itu, jenis sayuran tersebut juga mengandung raffinose, yaitu gula yang sulit dicerna.

Jadi, jika Anda mengonsumsi kubis-kubisan, apalagi saat perut sedang begah, keluhan bisa jadi semakin parah.

  1. Apel

Perut sedang begah? Jika ya, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengonsumsi buah apel. Faktanya, apel mengandung jenis gula alami yang tergolong sulit untuk diserap oleh saluran cerna.

Selain apel, nanas, pir, anggur, dan mangga juga mengandung gula yang sulit dicerna. Karenanya, buah-buahan tersebut juga berpotensi menyebabkan dan memperparah keluhan perut kembung.

  1. Susu dan produk olahannya

Susu, keju, yoghurt, dan produk olahan sejenis mengandung laktosa di dalamnya. Jika Anda adalah penderita intoleransi laktosa, jenis makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik sehingga memicu keluhan perut kembung.

  1. Cokelat

Cokelat meningkatkan peregangan di lambung, sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Alhasil, terjadinya perut kembung atau begah tak bisa dihindari lagi.

  1. Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum memiliki kadar serat tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut kembung atau begah.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gelembung-gelembung udara yang dapat terperangkap di dalam saluran cerna. Hal itulah yang dapat meningkatkan kadar gas dalam usus, sehingga perut terasa kembung dan begah.

Makanan-makanan di atas berpotensi lebih tinggi untuk menyebabkan perut kembung, khususnya jika Anda berada pada kondisi stres, mengonsumsinya secara berlebihan atau terlalu cepat.

Solusi perut kembung

Perut kembung dapat dicegah dan diatasi dengan cara-cara berikut ini:

  • Batasi atau hindari konsumsi makanan yang dapat memicu perut kembung
  • Makan secara perlahan dan kunyah makanan hingga benar-benar halus agar mudah dicerna
  • Makan secara teratur dan dengan porsi secukupnya
  • Jika ada intoleransi laktosa, ganti susu Anda dengan yang berlabel lactose free
  • Hindari berbicara saat makan
  • Lakukan pijatan di daerah perut untuk membantu mengeluarkan gas dari saluran cerna
  • Lakukan olahraga secara rutin dan teratur
  • Kelola stres dengan baik

Selain cara di atas, perut kembung juga bisa di antisipasi dengan minum Gazero.  Ini adalah obat herbal yang terpercaya dan terbukti efektif mengatasi keluhan perut kembung begah.

Berkat kandungan jahe merah, nanas, royal jelly dan madu, adas, peppermint, kunyit, serta akar manis, Gazero terbukti mampu memecah bola-bola gas di saluran cerna dengan cepat. Lebih dari itu, obat herbal yang satu ini juga mengandung enzim bromelain yang baik untuk saluran pencernaan.

Gazero tersedia dalam kemasan saset dan dengan rasa yang nyaman di lidah. Cara konsumsinya pun mudah, bisa langsung diminum atau dilarutkan dengan air hangat. Untuk orang dewasa, Gazero dapat dikonsumsi sebanyak 1–2 saset per hari sebanyak 3–4 kali, dan untuk anak-anak sebanyak ½–1 saset per hari sebanyak 3–4 kali.

Kini Anda tak perlu khawatir lagi dengan perut kembung begah. Dengan menghindari makanan dan minuman yang telah disebutkan, niscaya keluhan tersebut tak akan terjadi. Namun, jika terlanjur mengalami perut kembung begah, jadikanlah Gazero sebagai solusi yang paling utama!

(NB/ RH)

Angelia ThongAngelia Thong

Quasi quia iure eos. Ipsum molestiae qui totam. Perferendis placeat nisi adipisci tempore quia dolorem ut. Id asperiores unde qui explicabo placeat.

Angelia ThongAngelia Thong

Enim quisquam et ut et libero et deleniti velit. At numquam quidem non accusamus quo ipsum. Velit aspernatur debitis et. Illum non vel beatae recusandae.

Nadil KayaNadil Kaya

Officiis debitis minus consectetur voluptatibus quia. A ab eum consequatur dicta sed. Rem ea sunt repudiandae sit reprehenderit.

Lihat Lainnya