Yuk, Jaga Kesehatan Jantung dengan Sarapan Multigrain!

Oleh KlikDokter pada 29 Apr 2019, 11:30 WIB
Jangan lewatkan sarapan sebelum mulai beraktivitas. Pilihlah menu sarapan sehat seperti multigrain agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga.
Yuk, Jaga Kesehatan Jantung dengan Sarapan Multigrain! (Soyka/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang sering melewatkan sarapan pagi? Jika ya, waspadalah. Karena orang yang jarang sarapan lebih rentan terkena penyakit jantung, lo. Faktanya, sarapan pagi dengan menu yang tepat amat penting untuk kesehatan jantung. Salah satu menu yang bisa Anda andalkan adalah multigrain.

Manfaat sarapan untuk kesehatan jantung

Hubungan antara sarapan dengan kesehatan jantung telah diteliti dalam berbagai studi. Diantaranya penelitian yang dilakukan oleh fakultas kedokteran Harvard Amerika sejak tahun 1992 hingga 2008, dan penelitian yang dimuat dalam jurnal American Heart Association Circulation pada tahun 2013.

Dalam kedua studi tersebut, didapat kesimpulan bahwa orang yang tidak mengonsumsi sarapan secara rutin mengalami peningkatan risiko penyakit jantung, Hal ini juga turut dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya kegemukan, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes.

Mereka yang rutin sarapan di pagi hari nyatanya akan memiliki kebiasaan makan yang lebih baik sepanjang hari, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

Sebab, sarapan akan memasok energi di pagi hari, sehingga Anda tidak merasa lapar berlebihan tengah hari, yang biasanya menyebabkan porsi makan siang menjadi berlebih. Apalagi, menu makan siang lebih rentan tinggi lemak, sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Tak hanya kebiasaan rutin sarapan, pemilihan menu sarapan pun sebaiknya dipertimbangkan dengan saksama agar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, bukan malah merugikan. Salah satu contoh menu sarapan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung adalah multigrain.

Jantung sehat dengan menu multigrain

Anda tentu sudah pernah mendengar manfaat sarapan multigrain untuk kesehatan jantung. Namun jangan salah, multigrain juga terdiri dari berbagai jenis, dan masing-masing tentunya memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda pula, terutama bila dikaitkan dengan kesehatan jantung.

Untuk manfaat terbaik, Anda bisa memilih menu sereal berbahan dasar multigrain, atau yang terdiri dari bebeberapa kombinasi jenis bulir tanaman pagi-padian yang berbeda dalam tiap takar sajiannya. Sarapan dengan multigrain akan menjadikan menu sarapan Anda kaya akan serat yang baik untuk tubuh.

Menu sarapan sehat tersebut akan membantu Anda dalam memelihara kesehatan saluran pencernaan hingga memelihara kadar kolesterol sehat dalam darah, sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

Tips memilih multigrain untuk sarapan

Tentunya selain memperhatikan bahan dasar menu sarapan Anda, perhatikan juga bahan-bahan tambahan yang terkandung di dalamnya. Bila Anda telah memilih multigrain sebagai menu sarapan, artinya Anda telah berada di jalur yang tepat.

Namun ingat, pilihlah multigrain yang juga rendah gula, menggunakan bahan multigrain yang berkualitas, dan bebas dari perwarna serta pemanis buatan.

Hati-hati, di pasaran kini banyak dijual multigrain dalam kemasan yang mengklaim sehat, tapi mengandung gula tinggi. Jadi, biasakan juga untuk memeriksa fakta nutrisi pada kemasan sebelum membeli multigrain untuk sarapan.

Jika Anda ingin makan menu sarapan multigrain, Nestum adalah pilihan yang tepat. Nestum diciptakan dengan resep sehat berbahan utama multigrain alami dan rendah gula. Multigrain alami dalam Nestum sendiri terdiri dari gandum, beras, dan jagung. Tak hanya itu, makanan ini juga diperkaya dengan mikronutrien, seperti vitamin dan mineral.

Dalam semangkuk Nestum, sudah terdapat nutrisi protein yang setara dengan satu gelas yogurt, kalsium (setara segelas susu), dan serat pangan (setara satu lembar roti gandum). Komponen nutrisi ini sudah cukup untuk memenuhi gizi sarapan Anda.

Kini, Anda telah mengetahui manfaat sarapan sehat dengan multigrain untuk menjaga kesehatan jantung. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai rutinitas sarapan dengan menu multigrain terbaik sejak dini, demi jantung yang sehat!

[NP/ RH]