Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sesuai Trimester Kehamilan

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 21 May 2019, 15:15 WIB
Pada kehamilan, masing-masing trimester membutuhkan nutrisi yang berbeda. Berikut ini adalah nutrisi yang sesuai trimester kehamilan.
Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sesuai Trimester Kehamilan (Studio-number-94/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Nutrisi yang didapat ibu hamil lewat makanan sangat penting, karena dari situlah janin mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan melalui plasenta.

Pada kehamilan, masing-masing trimester butuh nutrisi yang berbeda. Karena itu, mengetahui nutrisi yang sesuai dengan trimester kehamilan berperan besar untuk kesehatan sang ibu, begitu juga tahapan perkembangan dan pertumbuhan janin.

Perjalanan kehamilan itu sendiri cukup panjang, yaitu 40 minggu, atau sekitar 9-10 bulan. Trimester pertama kehamilan terjadi sejak pembuahan sel telur oleh sperma hingga minggu ke-23. Trimester kedua dimulai sejak minggu ke-13 hingga minggu ke-27. Trimester ketiga dimulai sejak minggu ke-28 hingga minggu ke-40.

Pada trimester pertama, terjadi proses yang sangat penting, yaitu organogenesis atau pembentukan organ janin. Inilah alasan mengapa ibu hamil harus benar-benar peduli dengan asupan nutrisinya.

Kebutuhan nutrisi pada trimester pertama

Untuk Anda yang sedang hamil trimester pertama, penuhi kebutuhan nutrisi ini.

  • Asupan asam folat minimal 400 mikrogram

Jumlah tersebut penting untuk pembentukan saraf janin. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelainan bawaan lahir, yaitu spina bifida. Sumber asam folat termasuk hati ayam, kuning telur, bayam, kacang-kacangan, brokoli, dan masih banyak lagi.

Jika Anda berisiko tinggi memiliki bayi dengan spina bifida, Anda membutuhkan dosis asam folat yang lebih tinggi. Dokter akan menambahkan suplemen asam folat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

  • Vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual pada ibu yang alami mual dan muntah

Mual dan muntah biasanya terjadi akibat perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan awal. Pada kasus yang parah, ibu hamil tak bisa makan sama sekali, dan jika tak tertangani ini sangat membahayakan janin.

Makanan yang diketahui kaya akan vitamin B6 adalah pisang, nasi merah, ikan salmon, hingga kacang-kacangan. Jika diperlukan, ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen vitamin B6 agar asupan nutrisi tetap terjaga.

  • Memenuhi kebutuhan zat besi agar terhindar dari anemia

Anemia atau kurang darah meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir bayi rendah, dan depresi ibu setelah melahirkan. Contoh makanan yang kaya akan zat besi adalah daging merah, kacang-kacangan, serta sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

  • Hindari minum minuman beralkohol

Konsumsi alkohol dapat mengganggu perkembangan otak janin. Alkohol sebaiknya dihindari selama kehamilan, terutama pada trimester pertama.

Minum alkohol pada trimester pertama dapat menyebabkan berat badan lahir bayi rendah, kelahiran prematur, preeklamsia, dan juga kelainan bawaan lahir yang disebut dengan fetal alcohol syndrome.

Kebutuhan nutrisi pada trimester kedua

Pada trimester kedua, mual dan muntah biasanya sudah tidak ada atau tidak separah trimester pertama. Pada tahap ini, organ-organ janin semakin matang, tulangnya pun lebih kuat. Sehingga, biasanya ibu hamil bisa merasakan gerakan janin dari usia minggu ke-18 dan minggu ke-20.

Berikut adalah tips nutrisi untuk trimester kedua:

  • Memenuhi asupan kalsium dan vitamin D

Kalsium diperlukan untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin, sedangkan vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium ke tubuh.

Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah 1.000 mg, sedangkan vitamin D sebanyak 4.000 IU. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan suplemen atau makanan seperti susu, keju, yoghurt, telur, kentang, dan sayuran berdaun hijau.

  • Pentingnya asam lemak omega-3

Omega-3 penting untuk perkembangan otak, saraf, dan penglihatan janin. Selain dari suplemen, asam lemak omega-3 juga dapat diperoleh dari makanan seperti ikan salmon, tuna, udang, kepiting, telur, minyak kedelai, minyak kanola, dan kacang walnut.

Kebutuhan nutrisi pada trimester ketiga

Pada trimester akhir ini, terjadi pematangan janin. Pemenuhan nutrisi pada masa ini tak hanya penting untuk janin, tetapi juga untuk sang ibu agar dapat melewati proses persalinan.

Nutrisi yang dibutuhkan pada trimester ini adalah:

  • Makanan tinggi karbohidrat

Pada masa ini, ibu hamil butuh energi tinggi, yang mana kebutuhan akan karbohidrat adalah 2.200 kalori. Sumber karbohidrat yang disarankan adalah nasi, kentang, roti gandum, dan oatmeal.

  • Protein tak boleh dilewatkan

Protein juga bisa menjadi sumber energi dan pembentuk sistem kekebalan tubuh. Sumber protein yang baik adalah daging merah, daging ayam, telur, susu, tahu, dan tempe.

  • Vitamin K

Vitamin ini dapat membantu proses pembekuan darah pascapersalinan. Makanan yang diketahui tinggi akan vitamin K adalah melon, roti gandum, kacang hijau, dan pasta.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai dengan trimester kehamilan, tambahkan juga susu formula dengan kandungan lengkap demi mempersiapkan kehamilan yang sehat, begitu juga untuk persiapan masa menyusui. Pilih susu hamil yang rendah lemak, mengandung zat besi, tinggi asam folat, kalsium, serat pangan, dan vitamin E. Selain itu, lakukan juga olahraga secara rutin untuk memaksimalkan kesehatan sang ibu dan janin. Terakhir, pemeriksaan rutin juga tak boleh absen, ya, agar kehamilan terus terpantau dengan baik dan terhindar dari komplikasi.

(RN/ RH)