Catat, Ini 5 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk Menu MPASI

Oleh KlikDokter pada 05 Aug 2019, 09:00 WIB
Tak perlu bingung, inilah sumber protein nabati paling baik yang bisa Bunda sajikan sebagai menu MPASI Si Kecil.
Catat, Ini 5 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk Menu MPASI (HelloRF Zcool/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Protein adalah salah satu zat gizi penting untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil. Itulah mengapa, setelah Si Kecil berusia 6 bulan atau lebih, protein harus menjadi bagian dari menu MPASI yang Bunda berikan padanya.

Protein itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah senyawa yang berasal dari hewan dan produk olahannya, seperti daging sapi atau ayam, ikan, telur, susu dan lainnya. Lantas, bagaimana dengan protein nabati?

Mengenal protein nabati

Selain lebih murah dan mudah diperoleh, sumber protein nabati biasanya juga dapat menjadi variasi dalam menu MPASI Si Kecil. Selain itu, sebagian besar sumber protein nabati juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil.

Jika Bunda ingin menjadikan protein nabati sebagai menu MPASI utama untuk diberikan pada si Kecil, beberapa sumber terbaik yang bisa dijadikan pilihan adalah:

  • Kedelai dan produk olahannya

Kacang kedelai serta produk olahannya, seperti tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang baik untuk dijadikan sebagai menu MPASI Si Kecil. Faktanya, setiap 100 gram kedelai mengandung sekitar 30,2 gram protein.

Sangat tinggi, bukan? Inilah mengapa kacang kedelai dan produk olahannya sering dijadikan sebagai sumber protein paling utama untuk MPASI.

  • Kacang hijau

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang mengandung kadar protein tinggi. Ini membuatnya mampu menjadi sumber protein nabati terbaik untuk diberikan sebagai menu MPASI Si Kecil. Setiap 100 gram kacang hijau mengandung sekitar 22,2 gram protein.

  • Kacang merah

Pada setiap 100 gram kacang merah terkandung 22,2 gram protein di dalamnya. Selain itu, kacang merah juga mengandung karbohidrat, asam lemak omega-3 dan serat yang membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu MPASI Si Kecil.

  • Kacang tanah

Siapa bilang kacang tanah tidak bisa dijadikan sebagai menu MPASI Si Kecil? Bisa, kok! Bunda tidak perlu khawatir akan adanya risiko alergi kacang, karena angka kejadian kondisi tersebut di Indonesia terbilang sangat minim.

Dalam 100 gram kacang tanah mengandung sekitar 27 gram protein. Selain itu, sumber protein nabati yang satu ini juga memiliki kandungan karbohidrat, kolin, berbagai vitamin serta mineral.

  • Kacang polong

Kacang yang berwarna hijau ini dapat Bunda jadikan pilihan sebagai menu MPASI. Tidak hanya rasanya yang enak dan digemari oleh si Kecil, kacang polong juga dapat menjadi salah satu sumber protein yang baik. Setiap 100 gram kacang polong mengandung sekitar 25 gram protein!

Mana yang akan Bunda pilih sebagai menu MPASI favorit untuk Si Kecil? Jangan lupa untuk memvariasikannya dengan menu lain, agar si Kecil tidak bosan. Dalam hal ini, Bunda bisa memilih Milna Bubur Bayi.

Milna Bubur Bayi adalah serangkaian produk yang dibuat menggunakan bahan dan formula khusus untuk Si Kecil yang berusia di atas 6 bulan. Tersedia dalam varian cah daging kacang polong, tim hati ayam bayam, sup ayam wortel labu, beras merah dan pisang, Milna Bubur Bayi mengandung Formula MILGROW yang memberikan tiga perkembangan ABC: aktif (perkembangan motorik), berkembang (perkembangan fisik), dan cerdas (perkembangan otak).

Sediakan Milna Bubur Bayi di rumah, agar Si Kecil bisa mengonsumsi menu MPASI yang berkualitas tinggi. Dengan ini, pasokan gizi Si Kecil akan selalu terpenuhi dan dirinya bisa memiliki tumbuh kembang yang optimal.

(NB/ RH)