Cara Tepat Atasi Alergi Susu Sapi pada Si Kecil

Oleh KlikDokter pada 02 Sep 2019, 15:30 WIB
Si Kecil terindikasi mengalami alergi susu sapi? Yuk, ketahui cara tepat atasi alergi susu sapi pada anak di sini.
Cara Tepat Atasi Alergi Susu Sapi pada Si Kecil (Africa/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Susu sapi adalah minuman kaya nutrisi untuk pertumbuhan Si Kecil, seperti protein, kalsium, dan lemak. Akan tetapi, tubuh tidak selalu meresponsnya dengan baik sehingga timbullah alergi susu sapi. Nah, agar asupan nutrisi yang diperlukan Si Kecil tetap terpenuhi, Bunda mesti pintar-pintar mencari cara untuk mengatasinya.

Alergi susu sapi adalah kondisi di mana sistem imunitas tubuh memberikan respons yang berlebihan terhadap kandungan protein di dalam susu. Gejala Si Kecil mengalami alergi susu sapi antara lain gatal-gatal, gangguan pencernaan, dan muntah.

Apabila Bunda mencurigai Si Kecil menderita alergi susu sapi, segeralah berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium (bila diperlukan) untuk mendiagnosis alergi susu sapi. 

Cara tepat tangani alergi susu sapi

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir jika Si Kecil alergi susu sapi. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, sebagian besar alergi susu sapi dapat berlalu. Si Kecil pun tetap dapat bertumbuh dan berkembang dengan optimal.

Penanganan tepat yang dapat dilakukan antara lain:

  • Perhatikan makanan pantangannya

Prinsip utama menangani Si Kecil dengan alergi susu sapi adalah dengan menghindari makanan yang mengandung susu sapi dan segala jenis produk turunannya. Misalnya, keju, yoghurt, mentega, dan krim. Tak cuma itu, berbagai makanan yang mengandung susu, seperti kue, biskuit, dan puding, juga tak boleh luput dari perhatian. 

Akan tetapi, memantang makanan tersebut juga tergantung dari berat-ringannya gejala alergi yang muncul. Si Kecil yang memiliki gejala alergi ringan mungkin masih tidak apa-apa ketika mengonsumsi kue atau roti yang mengandung susu. Namun, pada Si Kecil yang memiliki gejala alergi berat, bisa saja berdampak buruk.

  • Cari makanan pengganti

Susu dan produk turunannya terutama kaya akan protein, kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor, zink, dan vitamin B12. Oleh karena itu, meskipun Si Kecil punya alergi susu, pemberian makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang tetap harus Bunda perhatikan.

Jangan sampai, Bunda sibuk memantang berbagai jenis makanan, tapi lupa memberikan makanan pengganti yang punya gizi setara. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko Si Kecil mengalami kekurangan zat gizi tertentu.

Untuk itu, berikan Si Kecil Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges dan Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges. Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges terbuat dari 100 persen protein soya dan mengandung L-Metionin, Karnitin, Asam Amino Esensial, serta vitamin dan mineral. 

Sementara itu, Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges bermanfaat untuk mengurangi risiko alergi pada Si Kecil yang memiliki riwayat keluarga alergi. Susu ini mengandung protein susu sapi yang mudah dicerna sehingga meminimalkan risiko alergi pada Si Kecil. Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges juga diperkaya dengan asam amino esensial, serta mineral dan vitamin.

Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges dan Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges juga dirancang setara protein susu sapi. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu khawatir Si Kecil akan kekurangan nutrisi di masa pertumbuhannya. 

Jadi, jangan panik saat mendapati Si Kecil alergi susu sapi. Lakukan langkah-langkah di atas untuk menanganinya. Selain itu, jangan lupa pastikan Si Kecil mengonsumsi Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges dan Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges sesuai anjuran setiap hari. Dengan begini, Si Kecil akan memperoleh kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, tumbuh kembang yang optimal, serta tetap bisa berprestasi.

[HNS/ RH]