7 Penyebab Anak Tidak Mau Minum Susu
searchtext customer service

Penyebab Si Kecil Tidak Mau Minum Susu

Ada kalanya si kecil tidak mau minum susu. Apa penyebab anak tidak mau minum susu? Simak penjelasan berikut.
Penyebab Si Kecil Tidak Mau Minum Susu

Klikdokter.com, Jakarta Manfaat susu bagi kesehatan sudah tak perlu dipertanyakan lagi, khususnya bagi anak. Berbagai zat gizi yang penting bagi tumbuh kembang si kecil ada di dalam susu. Susu menjadi sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh anak.

Namun, ada kalanya anak susah minum susu. Hal ini tentu membuat orangtua khawatir, takut tubuh si kecil tak cukup nutrisinya. 

Apa saja penyebab anak tidak mau minum susu? Inilah beberapa di antaranya:

1 dari 8

1. Alat Pemberian Susu Tidak Cocok

loading

Ada beberapa wadah pemberian susu yang dapat digunakan, misalnya cangkir, sippy cup, atau dot. Sering kali alat pemberian susu yang tidak cocok dapat membuat anak tidak mau minum susu. 

Bila memberikan susu menggunakan dot, kondisi karet dot juga kerap memengaruhi anak saat mengisap susu. Lubang karet yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa jadi membuat si kecil menolak minum susu. 

2 dari 8

2. Masalah Rongga Mulut 

Masalah Rongga Mulut 
loading

Adanya masalah di rongga mulut juga dapat menjadi faktor kenapa anak tidak mau minum susu.

Artikel lainnya: Penyebab Anak Muntah Setelah Minum Susu, Berbahayakah? 

Beberapa kondisi seperti sariawan di gusi atau lidah dan masalah rongga mulut lainnya dapat membuat anak tidak nyaman untuk menyusu. Akhirnya, ia akan menolak untuk minum susu. 

3 dari 8

3. Infeksi Saluran Pernapasan

loading

Anak yang sedang sakit, misalnya mengalami infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, atau radang tenggorokan, juga akan cenderung menolak minum susu. 

Saat mengalami infeksi tersebut, tubuh anak akan lebih lemas. Ia bisa menjadi enggan untuk minum susu. Selain itu, radang tenggorokan juga membuat anak akan merasa nyeri saat menelan cairan, termasuk susu. 

4 dari 8

4. Infeksi Saluran Pencernaan

loading

Infeksi saluran pencernaan yang ditandai dengan diare, sakit perut, mual, muntah, atau perut begah dan kembung dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan enggan untuk makan dan minum apa pun, termasuk susu. 

Bisa jadi, itulah penyebab bayi tidak mau minum susu. Segera konsultasi dengan dokter anak bila ditemukan adanya gangguan pencernaan.

5 dari 8

5. Susu Tidak Sesuai Selera Anak 

loading

Salah satu faktor yang menjadi penyebab anak tidak mau minum susu adalah kondisi susu itu sendiri, misalnya suhunya. Beberapa anak lebih menyukai susu dengan suhu biasa, tetapi ada pula yang lebih suka suhu yang hangat. 

Selain itu, perhatikan pula kedaluwarsa susu, khususnya untuk susu kemasan seperti susu sapi atau susu formula. Bau tengik atau aroma yang tidak sedap pada susu bisa menjadi faktor kenapa anak tidak mau minum susu. 

6 dari 8

6. Suasana Saat Minum Susu 

Suasana Saat Minum Susu 
loading

Apakah anak terdistraksi dengan gawai atau televisi saat minum susu? Bisa jadi itulah penyebab anak susah minum susu. 

Artikel lainnya: Anak Tak Sengaja Minum Susu Lansia, Apa Efeknya?

Selain itu, anak yang dipaksa minum susu saat asyik bermain juga akan menolak minum susu. Oleh karena itu, coba berikan susu di waktu-waktu yang lebih tepat dan tidak banyak kegiatan yang dilakukan anak.

7 dari 8

7. Si Kecil Tidak Tertarik dengan Susu 

loading

Anak yang kenyang dan sudah mengonsumsi makanan padat kemungkinan tidak akan tertarik untuk minum susu lagi. Salah satu solusinya adalah memberi jeda waktu antara makan utama dengan minum susu.

Baca Juga

Kenali apa yang menyebabkan anak tidak mau minum susu dan atasi sesuai penyebabnya. Apabila si kecil masih juga menolak minum susu, mama dan papa jangan ragu berkonsultasi dengan dokter. 

Gunakan aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dokter anak lebih mudah dan cepat!

(FR/JKT)

Referensi:

American Academy of Pediatrics. Diakses 2022. 4 groups issue consensus report on healthy beverages for 0- to 5-year-olds.

ARTIKEL TERKAIT

Penanganan Pertama Jika Anak Demam dan Muntah

Spesialis
04 Jul

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Anak

Spesialis
30 Mei

Usia Kehamilan yang Tepat untuk Konsumsi Susu Hamil

Spesialis
02 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat