Jaga Daya Tahan Tubuh, Isi Bekal Si Kecil dengan Asupan Ini

Menyiapkan bekal sekolah untuk Si Kecil sangat penting agar mereka tak sering jajan dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Ini hal-hal yang perlu Bunda perhatikan saat menyiapkan bekal.
Jaga Daya Tahan Tubuh, Isi Bekal Si Kecil dengan Asupan Ini

Klikdokter.com, Jakarta Melihat Si Kecil sakit tentunya membuat Bunda khawatir, apalagi di tengah wabah virus corona saat ini. Banyak hal yang memengaruhi imunitas tubuh seorang anak. Salah satunya adalah faktor nutrisi. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja makanan peningkat daya tahan tubuh yang cocok sebagai bekal Si Kecil.

Peran Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh

Sistem imun Si Kecil terbagi menjadi dua kelompok besar. Pertama adalah sistem imun yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh, seperti kulit, mukosa, air liur, asam lambung, air mata, dan refleks batuk. Ini merupakan sistem pertahanan awal tubuh Si Kecil untuk mencegah adanya kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Jika sistem pertahanan tubuh awal ini dapat ditembus oleh kuman, maka tubuh memiliki sistem pertahanan kedua yaitu sel-sel imun dan antibodi yang akan berusaha menyerang kuman.

Lalu, mengapa nutrisi penting untuk daya tubuh tubuh Si Kecil? Nutrisi berperan menjaga integritas sel-sel tubuh sehingga dapat memperkuat pertahanan tubuh dan mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. Selain itu, zat seperti protein merupakan bahan baku dasar pembuatan sel-sel imun dan antibodi dalam tubuh.

Itulah mengapa, Si Kecil yang memiliki gizi kurang atau gizi buruk lebih berpotensi mengalami infeksi dibandingkan anak dengan gizi baik.

1 dari 2

Tips Mempersiapkan Bekal Anak Sekolah

loading

Dalam menyiapkan bekal untuk Si Kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Bunda, seperti berikut ini:

1. Berikan Menu Makanan Seimbang

Menu makanan seimbang terdiri dari aspek makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh. Mikronutrien meliputi:

  • Karbohidrat: nasi, mi, roti, jagung, sagu, atau ubi
  • Protein: daging, ayam, ikan, telur, tahu, tempe
  • Lemak: minyak, kacang-kacangan

Sementara itu, aspek mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral yang didapat dari buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C dan E, serta antioksidan lainnya yang juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil.

2. Siapkan Bekal yang Bervariasi dari Hari ke Hari

Selain agar Si Kecil tidak bosan, menyiapkan bekal yang bervariasi dari hari ke hari juga akan membuat kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya terpenuhi dengan baik. Sebab masing-masing makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, misal dari jenis kandungan vitamin dan mineralnya.

3. Hindari Makanan yang Terlalu Manis

Jangan membiasakan Si Kecil sering mengonsumsi makanan atau minuman manis. Pasalnya kebiasaan ini dapat terbawa terus hingga Si Kecil dewasa dan dapat berisiko menyebabkan berbagai gangguan. Salah satunya adalah obesitas.

Tidak hanya gizi kurang dan gizi buruk, kondisi obesitas juga dapat menurunkan daya tahan tubuh anak karena bisa menimbulkan berbagai penyakit lainnya, seperti diabetes mellitus.

4. Siapkan Air Putih

Selain makanan, air putih juga penting disiapkan untuk bekal Si Kecil. Pemenuhan hidrasi yang cukup dapat mencegah Si Kecil mengalami dehidrasi. Bunda juga perlu tahu bahwa kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat Si Kecil lemas dan sulit konsentrasi dalam belajar.

Secara umum, Si Kecil yang berusia di bawah 8 tahun membutuhkan air putih sebanyak 1.000–1.300 mililiter per hari. Anak yang lebih besar membutuhkan air putih sebanyak 1.300–1.500 militer (anak perempuan) dan 1.500–1.700 mililiter (anak laki-laki). 

Selain hal-hal di atas, susu juga merupakan asupan penting yang dapat ditambahkan dalam bekal Si Kecil. Susu mengandung makronutrien dan mikronutrien yang cukup lengkap untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil.

Salah satu susu yang dapat Bunda berikan pada Si Kecil adalah Morinaga Chil*Go! yang merupakan susu siap minum yang enak benutrisi. Dengan kombinasi nutrisi Serat Pangan Inulin, 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil usia 1-12 tahun.

Serat pangan inulin berfungsi untuk membantu kesehatan saluran pencernaan. Serat pangan inulin berperan sebagai makanan untuk bakteri baik di usus sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Hasilnya, daya tahan tubuh Si Kecil akan lebih kuat dan tidak mudah terinfeksi oleh virus atau bakteri.

 [bacajuga:Baca Juga](3640324 3640320 3629824)

Susu ini hadir dalam lima pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanilla, stroberi, pisang, dan melon madu. Pilihan rasa tersebut tidak akan membuat Si Kecil menjadi mudah bosan dan cocok sebagai bekal sehat Si Kecil ke sekolah ataupun melakukan aktivitas di luar rumah,

Nah, kini Bunda telah mengetahui bagaimana cara menyiapkan bekal yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Bun!

[RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk