Ini Manfaat Susu untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Ada banyak sekali manfaat susu bagi tubuh Si Kecil. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Ini Manfaat Susu untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Susu adalah minuman andalan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Manfaat susu memang tak terhingga, terutama untuk kesehatan pencernaan.

Apalagi pencernaan merupakan salah satu sistem organ yang sangat penting bagi proses pertumbuhan Si Kecil. Masalah pada saluran cerna pada anak dapat memunculkan kondisi gagal tumbuh dan lainnya.

Ini cara yang dapat dilakukan Ayah dan Bunda untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil.

Pencernaan Sehat, Kunci Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Sistem pencernaan anak dibagi menjadi dua. Pertama, saluran cerna atas yang dimulai dari mulut, tenggorokan, lambung, dan sebagian usus halus. Kedua, saluran cerna bawah yang dimulai dari usus halus, usus besar, hingga anus.

Fungsi utama sistem pencernaan adalah untuk mencerna hingga menyerap zat makanan. Jika Si Kecil mengalami masalah saluran cerna, penyerapan nutrisi dalam tubuhnya tidak akan optimal.

Dampaknya, Si Kecil akan mengalami kekurangan nutrisi sehingga menyebabkan pertumbuhannya terhambat (berisiko mengalami gizi kurang atau gizi buruk).

Tidak hanya itu, sistem pencernaan tubuh juga berperan dalam proses pertahanan tubuh. Sebagai contoh, zat asam pada lambung dan komponen bakteri baik dalam saluran cerna sebenernya berguna agar kuman tidak masuk ke dalam tubuh melalui saluran cerna.

Itulah mengapa gangguan saluran cerna akan menyebabkan Si Kecil lebih mudah sakit karena kurang optimalnya fungsi pertahanan tubuh.

Pada awal kelahiran fungsi saluran cerna Si Kecil belum sempurna. Tak heran bila masalah pencernaan seperti diare, muntah, dan sakit perut sering terjadi pada anak-anak. Namun seiring dengan perkembangan usia, fungsi saluran cerna Si Kecil akan lebih matang seperti fungsi saluran cerna orang dewasa.

1 dari 3

Nutrisi Tepat untuk Melindungi Saluran Cerna Si Kecil

loading

Untuk menjaga kesehatan saluran cerna, Si Kecil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan tepat. Maksud seimbang di sini adalah asupan tersebut harus mengandung zat-zat makronutrien dan mikronutrien.

Selain itu, jenis makanan yang diberikan harus sesuai dengan tahap perkembangan oromotor dan saluran cerna Si Kecil.

Nah, salah satu jenis asupan yang dapat diberikan pada Si Kecil adalah susu. Manfaat susu tentu sudah tak diragukan lagi. Susu penting untuk melindungi saluran cerna Si Kecil.

Selain memiliki kandungan makronutrien dan mikronutrien yang lengkap, beberapa jenis susu juga menyimpan zat-zat yang esensial untuk kesehatan pencernaan Si Kecil, contohnya serat pangan.

Serat pangan merupakan makanan bagi bakteri baik (probiotik) yang ada dalam saluran cerna. Kombinasi antara serat pangan dan probiotik akan membentuk sinbiotik. Sinbiotik ini sangat penting untuk menjaga daya tahan saluran cerna Si Kecil sehingga tidak mudah sakit.

Sebaliknya, jika sinbiotik dalam saluran cerna tidak dijaga dengan baik, bakteri jahat justru akan lebih berkembang dalam saluran cerna. Akibatnya, Si Kecil dapat mengalami berbagai masalah saluran cerna, seperti diare, sulit BAB, muntah, sakit perut, dan lainnya. 

2 dari 3

Pemberian Produk Susu yang Bernilai Tinggi

loading

Salah satu alternatif susu yang dapat Bunda berikan pada Si Kecil adalah Morinaga Chil*Go!, susu siap minum yang enak bernutrisi dan bebas pengawet. Dengan kombinasi nutrisi Serat Pangan Inulin, 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil usia 1-12 tahun.

Serat pangan inulin berfungsi untuk membantu kesehatan saluran pencernaan sehingga mendukung daya tahan fisik Si Kecil.

Serat pangan inulin berperan sebagai makanan untuk bakteri baik di usus sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Hasilnya, daya tahan tubuh Si Kecil akan lebih kuat dan tidak mudah terinfeksi oleh virus atau bakteri.

Baca Juga

Morinaga Chil*Go! hadir dalam lima pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanilla, stroberi, pisang, dan melon madu. Pilihan rasa tersebut tidak akan membuat Si Kecil menjadi mudah bosan.

Tanpa sistem pencernaan yang sehat, daya tahan tubuh Si Kecil pun tidak akan optimal. Karena itu, pastikan Bunda teratur memberikan Si Kecil susu yang disertai makanan bergizi lainnya, yakni yang mengandung makro serta mikro seimbang. Dengan begitu, Si Kecil akan mendapatkan manfaat susu yang lebih maksimal.

[RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Si Kecil Tidak Mau Minum Susu

Spesialis
19 Mei

Mau Si Kecil Tumbuh Optimal? Lakukan Hal Ini

Spesialis
08 Jan

5 Manfaat Istimewa Susu Kedelai Untuk Si Kecil

Spesialis
09 Des

Intoleransi Laktosa Bisa Sembuh?

Spesialis
13 Nov

Kapan Si Kecil Boleh Minum Susu Kedelai?

Spesialis
13 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk