Kemungkinan yang Anda alami adalah gangguan cemas
Tampilkan foto dan video

Perasaan takut dan khawatir

Info penanya: pria, 24 Tahun

Halo, dok. Saya lulusan salah satu universitas di kota Solo dan saya berumur 24. Singkat cerita, setelah beberapa bulan mencari pekerjaan, akhirnya mendapatkan tawaran pekerjaan dari salah satu perusahaan ternama dan pekerjaan tersebut adalah bidang yang saya impikan. Namun, lokasi penempatan kerja tersebut berada di Jakarta sehingga jauh dari orang tua. Sebelumnya saya belum pernah kost atau tinggal jauh dari orang tua. Muncul perasaan sedih ketika saya berpikir akan tinggal jauh dari orang tua, rumah. Dan perasaan tersebut ditambah dengan perasaan takut dan khawatir terhadap pekerjaan saya atau orang - orang disana. Saya ingin sekali mengambil kesempatan tersebut, tetapi terdapat perasaan sedih, takut, khawatir, dsb yang menghalangi saya untuk berpikir positif dan ikhlas. Tolong dok, bagaimana caranya agar perasaan-perasaan negatif tersebut hilang agar saya juga dapat bahagia ditempat yang baru. Terima kasih
5 Tips Memahami Gangguan Kecemasan yang Anda Alami (pathdoc/Shutterstock)
Info Sehat
5 Tips Memahami Gangguan Kecemasan yang Anda Alami
8 Tips Atasi Kecemasan dengan Cara Alami (Fizkes/Shutterstock)
Info Sehat
8 Tips Atasi Kecemasan dengan Cara Alami
Mengenal Selfitis, Gangguan Mental Akibat Keseringan Selfie (Baranq/Shutterstock)
Info Sehat
Mengenal Selfitis, Gangguan Mental Akibat Keseringan Selfie

Jantung Selalu Berdebar dan Cemas

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Halo dok. Saya ingin bertanya. Kenapa kalau saya mendengar suara ibu saya atau suara langkah kaki beliau jantung saya selalu berdebar kencang? Dan juga telapak tangan, tulang siku2, dan juga telapak kaki saya rasanya aneh saat mendengar suara atau langkah kaki beliau. Dan juga saya sering sakit kepala, sakit perut tiba2, susah tidur, dan suka terbangun di malam hari. Badan saya juga terasa lemas. Kira2 saya kenapa ya dok? Mohon jawabannya. Terimakasih

Mudah Merasa Cemas

Info penanya: pria, 21 Tahun

Selamat malam, dokter. Saya perempuan berusia 21 tahun. Bulan Januari saya tidak bisa tidur di hari pertama menstruasi karena saya minum kopi di pagi hari. Lalu bulan Februari (saya tidak tahu ini ada hubungannya atau tidak) saya merasa jadi mudah cemas, kekhawatiran yang berlebihan, sesak nafas, sulit tidur dan lain-lain (tapi tidak berlangsung lama). Lalu payudara sebelah kiri saya juga sering nyeri (bukan nyeri yang terus menerus, tetapi nyeri yang membuat kaget lalu hilang dengan cepat) saya tidak tahu apa saya pernah terkena luka yang tidak disengaja atau tidak. Itu kira-kira kenapa ya dok? (Saya sering pulang malam dari kampus dan terkena angin juga)

Anxiety disorder?

Info penanya: pria, 34 Tahun

Halo dok, mau tanya kenapa ya saya sering banget susah tidur kalau sendirian. Kalau sendirian pasti tidur di atas jam 12. Sedangkan kalau ada temennya, tidur saya cepet. Apakah ini gejala anxiety disorder? Saya sudah coba dengerin musik relaksasi tapi ga ngaruh juga. Kira2, solusinya gimana ya, dok? Tq.

Cemas setelah ujian

Info penanya: wanita, 16 Tahun

Saya baru saja selsai ujian seperti biasanya saya sakit karena terlalu memaksakan diri jam tidur kurang dan stres, awalnya hanya demam biasa tapi ketika sholat saya merasa tidak sanggup berdiri dan susah untuk bernapas saya mengeluarkan banyak keringat dan entah saya pingsan atau tidak saya siudah terjatuh dikamar mandi dengan napas yang terengah engah keesokan harinya saya baik baik saja detak jantung saya tidak seperti kemarin detak jantung saya terasa sangat dalam dan sulit dirasakan tidak seperti biasanya. Saya tidak pernah mengalami seperti ini sebelumnya Yang saya alami itu apa ya dokter? Terimakasih

Cemas pasca ujian

Info penanya: wanita, 16 Tahun

Saya baru saja selsai ujian seperti biasanya saya sakit karena terlalu memaksakan diri jam tidur kurang dan stres, awalnya hanya demam biasa tapi ketika sholat saya merasa tidak sanggup berdiri dan susah untuk bernapas saya mengeluarkan banyak keringat dan entah saya pingsan atau tidak saya siudah terjatuh dikamar mandi dengan napas yang terengah engah keesokan harinya saya baik baik saja detak jantung saya tidak seperti kemarin detak jantung saya terasa sangat dalam dan sulit dirasakan tidak seperti biasanya. Saya tidak pernah mengalami seperti ini sebelumnya Yang saya alami itu apa ya dokter? Terimakasih

Gelisah dan Keringat Dingin

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok mau tanya kenapa akhir akhir ini saya sering kebangun dr tidur lalu gelisah cemas deg degan dan berkeringat dingin. Itu knp ya dok. Tks..
Kenali Efek Kesehatan pada Pembuat Hoaks (Dean Drobot/Shutterstock)
Info Sehat
Kenali Efek Kesehatan pada Pembuat Hoaks

Gangguan Cemas dan Penanganannya

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok apakah wajar bagi seseorang yg kadang merasa ketakutan saat dalam waktu yg terpojok dan karena hal sepele lalu rasanya sesak dan ingin menangis kemudian membutuhkan seseorang yang bahkan tidak ada di hadapannya. Lalu setelah beberapa jam rasa takut itu hilang dengan sendirinya
Usir Sakit Kepala dengan Cara Mudah Ini (Agnieszka-Marcinska/Shutterstock)
Info Sehat
Usir Sakit Kepala dengan Cara Mudah Ini
Takut Berada di Keramaian, Tanda Agoraphobia? (Antonio-Guillem/Shutterstock)
Info Sehat
Takut Berada di Keramaian, Tanda Agoraphobia?
Trik Jitu Ubah Rasa Cemas Jadi Optimis (VGstockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Trik Jitu Ubah Rasa Cemas Jadi Optimis

Tegang otot, nafas pendek, cemas

Info penanya: pria, 22 Tahun

halo, dok. saya bekerja sebagai Graphic Design saya sering merasakan tegang pada leher dan tegang pada bagian dada lebih tepatnya seluruh bagian dada sepertinya ototnya sih tapi ga tau pasti itu apa tapi yang saya rasa seperti itu.. jika leher belakang dan otot dada tegang nafas saya terasa pendek dan ketika saya ingin menarik nafas terasa sakit pada bagian otot dada lalu saya merasa mual serta pusing pada bagian dahi. Apakah yang saya derita ada hubungannya dengan pekerjaan saya yang terlalu banyak duduk dan terlalu lama menatap layar komputer ? lalu jika memang demikian apa korelasi dengan otot dada yang menegang dan nafas saya terasa pendek? terlepas dari pekerjaan sebagai Graphic Design saya juga merasakan hal yang sama ketika berada di tempat keramaian lalu saya mulai merasa cemas akan kesehatan saya dan mulai memikirkan hal yang membuat pikiran saya panik dan lebih parahnya saya mengalami sesak nafas dan berkeringat dingin sekujur tubuh. dari semua yang saya jelaskan apa yang sebenarnya saya alami, Dok? terima kasih. :)
Efektifkah Ginkgo Biloba untuk Atasi Kecemasan? (Jurgal/Shutterstock)
Info Sehat
Efektifkah Ginkgo Biloba untuk Atasi Kecemasan?
Awas, Rumah Bisa Jadi Penyebab Gangguan Kecemasan! (favorita1987/Shutterstock)
Info Sehat
Awas, Rumah Bisa Jadi Penyebab Gangguan Kecemasan!
Kiat Ampuh Atasi Rasa Cemas (Asier-Romero/Shutterstock)
Info Sehat
Kiat Ampuh Atasi Rasa Cemas
Diet Bikin Rambut Rontok? Ini Faktanya (Totojang1977/Shutterstock)
Info Sehat
Diet Bikin Rambut Rontok? Ini Faktanya
Aktivitas Harian Ini Ampuh Usir Depresi (Viktor Gladkov/Shutterstock)
Info Sehat
Aktivitas Harian Ini Ampuh Usir Depresi
Atasi Kecemasan dengan Aroma Lavender (Freya-Photographer/Shutterstock)
Info Sehat
Atasi Kecemasan dengan Aroma Lavender
5 Gejala Fisik Anda Mengalami Gangguan Kecemasan (Rawpixel.com/Shutterstock)
Info Sehat
5 Gejala Fisik Anda Mengalami Gangguan Kecemasan
4 Dampak Psikis yang Dialami Korban Pelecehan Seksual (Natalia-Lebedinskaia/Shutterstock)
Info Sehat
4 Dampak Psikis yang Dialami Korban Pelecehan Seksual
Cara Mudah Kalahkan Stres dan Rasa Cemas (G-stockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Mudah Kalahkan Stres dan Rasa Cemas
Cara Membedakan Serangan Panik dan Rasa Cemas (Yuri-Shevtsov/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Membedakan Serangan Panik dan Rasa Cemas
Para Wanita, Begini Cara Tepat Atasi Serangan Panik (ruigsantos/Shutterstock)
Info Sehat
Para Wanita, Begini Cara Tepat Atasi Serangan Panik

Gangguan Cemas Berlebihan

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Halo dok, saya belakangan ini sering mengalami perubahan mood yang sangat cepat dan khawatir berlebihan tentang banyak hal termasuk kehidupan sosial saya dimana saya sering merasa diabaikan dan berprasangka bahwa saya dibenci oleh banyak orang. saya juga sering terbangun di tengah malam dan mulai overthinking lalu saya merasa sangat lelah dan mulai menangis. apakah kesehatan mental saya sedang bermasalah?

Berbagai Keluhan

Info penanya: wanita, 15 Tahun

Hai dok,. Saya tengah menderita radang lambung, nah di saat saya mau tidur itu rasanya sangat tidak nyaman, punggung saya terasa sakit, perut seperti berkejut serta sakit, perasaan cemas, mual & pusing. Tak jarang tiba" saya menangis tanpa sebab. Bangun tidur pun badan rasanya lemas, pusing sedikit sesak nafas, mual dan mau perbicara seperti ter engah-engah, persendian juga gemetar.. Saya pun sudah melakukan pengobatan ke mana" tapi hasilnya Tetap sama tak kunjung sembuh. Nah, bagai mana mengobatinya, apakah perlu dilakukan perawatan dirumahsakit?, dan apakah penyakit yang saya derita ini berbahaya? Terimakasih..

Gangguan Cemas

Info penanya: pria, 33 Tahun

dok akhir2 ini saya merasa takut sekali saya takut mati dok.saya dulu pemakai berat narkoba rehab uda 4kali selama di rehab selalu di kasih sizoril 25mm dan sampai sekarang sebelum tidur saya minum 3 butir.apakah itu takut saya itu pengaruh dari obat itu dok?makasih

Sering Cemas dan Minder

Info penanya: pria, 18 Tahun

Dok, saya mau tanya, ini berhubungan dengan suara dok. Selama ini saya mengalami masalah pada suara saya, yaitu tidak bisa menjerit dengan keras dan juga bernyanyi nada tinggi. Hobi saya menyanyi dok. Saya ingat sewaktu saya masih kecil saya bernyanyi di nada tinggi itu suara saya keras dok(tidak ada hambatan), juga saat saya menjerit(tidak ada hambatan). Setelah itu semenjak saya kelas 8 SMP, dimana saya mimpi basah pertama kalinya, saya mengalami pembesaran suara(suara membesar). Kemudian setelah kelas 9 SMP, disini saya merasakan sendiri bahwa suara saya tidak keras dok, dalam arti menjerit tetapi tidak keras(seperti ada hambatan). Disitu saya berfikiran, "mengapa suara saya tidak keluar?". Kebetulan dok, saya duduk dengan teman saya. Teman saya itu pada saat menjerit itu suaranya keras dok, lalu kenapa saya tidak?.. Setelah sekian lama, saya mengetahui bahwa penyebab suara saya tidak keras diakibatkan sifat dari saya dok, yaitu pemalu, pendiam, minder, gak PD(pada saat di kelas). Sifat saya berubah total karena saya korban bully dok. Jadi, bagaimana cara untuk mengatasi ini dok? Terimakasih

pikiran kacau

Info penanya: pria, 45 Tahun

ada kebecusan dalam hidupku,ditandai dengan kebohongan melakukan pekerjaan sebagai penyluh pertanian sering buat laporan yg tdk benar,membuat saya takut akan dosa,mau keluar rasanya sebagai penyuluh namun sdh terlanjur apalagi sdh ambil kredit sampai pensiun membuat pikiran kacau saya punya 4 anak masih sekolah ,saya takut akan tdk bisa membiayainya kelak kejenjang lebi tinggi..saya stres, ibadah tdk khusu,sering pikirang kemana-mana,saya merasa kelainan jiwa..tolong dokter
Gangguan Kecemasan Bisa Diturunkan kepada Anak? (Songpholt/Shutterstock)
Info Sehat
Gangguan Kecemasan Bisa Diturunkan kepada Anak?

Cemas

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok, saya sudah mengalami sakit kepala terur menerus ada sekira 6bln terakhir. Sejak februari kemarin sakit kepala saya nyerinya jauh lebih hebat, hingga berkisar 2jam tak berkurang dekitpun. Setiap saya beranjak bangun dari tempat tidur, saya langsung merasakan pusing dan sakit luarbiasa, penglihatan jadi berubah gelap, kaki saya berasa kesemutan awalnya hingga menjadi kaku dan tak ada tenaga untuk berdiri rasanya nyeri. Saya juga selalu merasakan mual. Dan sebelum sakit kepala ini, saya termasuk orang yg mudah mengingat segala hal, sekarang makin hari ingatan kecil saya membuat saya tak bisa ingat. Seperti menaruh benda yg saya letakan satu menit yg lalu, janji dengan dosen, menghafal jalan, omongan yg saya ucapkan. Pendengaran saya juga semakin berkurang, padahal saya rajin membersihkan kotoran telinga. Mood saya juga yg biasanya ceria, belakangan ini berubah menjadi rasa cemas, ketakutan, sedih berkepanjangan, berprasangka buruk terus ke orang, dan saya jadi kaya orang linglung, kebingungan. Dan tiap hari rasa sakitnya semakin menjadi dok, mohon bantuannya dok...

Pertanyaan - #254431

Info penanya: pria, 45 Tahun

Selamat Pagi Dokter, Dok, sy mempunyai kolesterol (trigiserid) 300, profesi sy berhubungan dengan orang bnyk dibidang konstruksi, terbiasa dengan komplainan dan keluhan. Yang ingin saya tanyakan, terkadang sy nervous berhadapan dengan orang (face 2 face) padahal kondisi baik2 saja, kenal sama orangnya, tidak ada permasalahan. Apakah ada yang salah dengan kondisi fisik atau mental? Kl berhadapan dengan audiens bnyk sy anggap wajar dok. Trus apakah ada hubungannya dengan tinggi kolesterol wkt kita berhadapan dengan orang itu? Krn sy rasakan terkadang supply udara ke otak terasa kurang. Bagaimana solusinya dok? Terima kasih

Sering Cemas

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Asslamualikum dok Dok saya sering merasa kecemasan karena bayangan sendiri. Dan sudah menjadi kebiasaan bagaimana cara mengatasinya dok .trimakasihh.

Sering Cemas

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok saya sudah br 5 thn ini sadar bahwa saya mengalami perubahan mental . Dimana saya sangat merasakan kecemasan yg berlebihan dari hal2 sepele , dan juga saya sulit berkomunikasi dgn orang orang baru . Saya merasa tertekan dan takut , jd saya sangat sulit apabila saya memasuki pekerjaan saya yang baru di karenakan saya takut dan cemas berlebihan serta merasa tertekan apabila bertemu hal2 baru , dan saya juga suka menyendiri . Kemudian saya juga mudah sekali marah emosi saya memuncak utk hal2 yg sebenarnya di anggap wajar , dan tidak bisa saya kontrol , tetapi apabila sudah reda baru saya bisa sadar . Apakah ini termasuk gangguan mental ?

Pertanyaan Seputar Demam Panggung

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Halo dok, saya mau tanya. Saya menderita demam panggung, gugup berlebihan saat berbicara atau berdiri di depan publik bahkan dengan orang- orang yang dekat sekalipun kalo disuruh bicara atau berdoa pasti muka saya pucat, keringat dingin, tangan gemetar,jantung berdebar dan suara bergetar dan terputus-putus. Yang mau saya tanyakan dok apakah yg saya alami ini penyakit? Dan bagaimana saya mengatasinya?

Pertanyaan Seputar Rasa Cemas

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Selamat malam dokter saya remaja perempuan berumur 17 tahun , saya suka merasa panik dan cemas ketika akan melewati hari saya , ketika saya akan memulai pekerjaaan seakan saya akan membuat kesalahan , padahal saya tau bahwa besok akan baik” saja , dan membuat saya suka berpikikir tentang hal” yang sepertinya tidak perlu dipikirkan , dan membuat saya sulit tidur , dan saya huga suka mencemaskan masa depan yg akan terjadi apakah itu suatu prnyakit ?? Terimakasih

Pertanyaan Seputar Rasa Panik

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Halo dok, saya wanita single berusia 26th. Begini dok, saya mempunyai satu phobia/parno yg ada dari saya kecil. Saya sangat panik jika harus berhadapan dengan gerombolan pria asing. Entah mereka cuma lewat, duduk2, atau yah gitu aja. Saya bisa berpikir ratusan kali buat lewat apa tidak. Sebenarnya sekarang sudah lebih baik dok, saya bisa cuek. Tidak panik, gemetar, dll seperti dulu. Tapi dulu saya bisa kena serangan panik dok, gemeter, lemes, muka panas rasanya, dll. Pernah ban motor saya bocor, di depan saya tidak jauh ada tambal ban, tapi disitu ada segerombolan pria. Dan saya pun memilih berbelok arah dan cari tambal ban lain. Apa yg harus saya lakukan dok? Trauma masa kecil. Saya tidak tau apakah ini termasuk trauma atau bukan, tp saya menganggap nya angin lalu. Jadi dulu jaman saya SD, ada seorang guru saya (pria) yg sukanya memanggil saya atau teman saya setelah kelas selesai. Lalu membenarkan seragam saya sambil memegang paha saya/teman saya. Dan setelah itu saya juga punya saudara jauh yg jg pria berkeluarga. Dia bisa memijat, jika saya sedang berkunjung kerumahnya. Dia pasti meminta saya untuk dipijatnya, dan saat memijat saya dia suka menyentuh payudara saya. Apakah hal tersebut yang membuat saya seperti ini sekarang? Sampai sekarang tidak ada yg tau cerita ini dok. Mungkin dulu saya masih terlalu kecil utk memahami, dan sekarang saya sudah dewasa. Saga hanya menganggap nya sebagai masa lalu. Kenangan pahit. Apa yg harus saya lakukan dok? Terima kasih sebelumnya.
Generasi Milenial Lebih Mudah Cemas, Benarkah? (Antonio Guillem/Shutterstock)
Info Sehat
Generasi Milenial Lebih Mudah Cemas, Benarkah?
Taklukkan Trypophobia, si Fobia Lubang Kecil, dengan Cara Ini! (Elnur/Shutterstock)
Info Sehat
Taklukkan Trypophobia, si Fobia Lubang Kecil, dengan Cara Ini!
Trypophobia, Kumpulan Lubang Kecil yang Bikin Fobia (MikeBiTa/Shutterstock)
Info Sehat
Trypophobia, Kumpulan Lubang Kecil yang Bikin Fobia
Mudah Cemas Bisa Picu Demensia, Ini Sebabnya (Dean Drobot/Shutterstock)
Info Sehat
Mudah Cemas Bisa Picu Demensia, Ini Sebabnya

Rasa Cemas Setiap Hari

Info penanya: pria, 38 Tahun

Dok sy mau tanya,kenapa badan sy setiap hari rasanya gemetar lemas terus kepala rasanya sakit disertai rasa cemas
Benarkah Bekerja dengan Orang Kasar Bisa Picu Insomnia? (Creativa Images / shutterstock)
Info Sehat
Benarkah Bekerja dengan Orang Kasar Bisa Picu Insomnia?
6 Tanda Tak Terduga Anda Kena Serangan Panik (Fizkes/Shutterstock)
Info Sehat
6 Tanda Tak Terduga Anda Kena Serangan Panik
Kiat Alami Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan (ATCHARIN SIMALHEK/Shutterstock)
Info Sehat
Kiat Alami Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan