Supaya persalinan berjalan dengan lancar dan sehat, ibu hamil wajib mengenali tanda mau melahirkan bayi. Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Tampilkan foto dan video
Penting, Kenali 5 Tanda Ibu Hamil Mau Melahirkan! (Sorajack Mongkolsri/Shutterstock)
Info Sehat
Harus Siap, Inilah 5 Tanda Ibu Hamil Mau Melahirkan Bayi

Kehamilan Pasca Keguguran

Info penanya: pria, 26 Tahun

Assalamualaikum dok mau tanya, mengenai kandungan, Alhamdulillah istri saya sekarang sedang hamil 4 bulan. Tapi dulu pernah mengalami keguguran saat usia kandungan 8 minggu. Kosong 1 bulan setelah itu hamil lagi tapi tidak dikuret karena bersih katanya. Yang saya mau tanyakan apakah tidak apa apa dok selang 1 bulan kosong setelah keguguran lalu hamil lagi? Sekian terima kasih dok.

HOAX! Makan Kacang dan Daun Pepaya Saat Hamil Tak Mematikan

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Dok apakah benar..saat hamil g blh makan kacang tanah dan sayur daun pepaya..krn kacang tanah bs membuat anak yg dilahirkan nanti jd alergi m kacang..sedangkan daun pepaya itu pahit..jd ibu hamil g blh mkn krn bs mematikan janin ddlm rahim..tolong dibantu jawab y dok..makasih :)
Cara Mengejan Saat Melahirkan, Adakah Aturannya? (Gorodenkoff/Shutterstock)
Info Sehat
Mengapa Angka kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi?

Terlambat Haid

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Selamat malam dok. Saya mau tanya dok .saya terakhir haid tgl 13 januari sampai skrng blm haid .tapi udh seminggu ini keluar flek cokelat 2x dan sedikit sekali .minggu lalu testpack negatif dok. Apakah harus usg sudah bisa terdeteksi atau tidak dok?

Keluar Cairan Bening Saat Hamil

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Dok, saya lagi hamil 38W 4hari anak ke2... tadi pagi saya keluar lendir bening lumayan banyak, tp tidak ada coklat atau darahnya, cuma lendir kental aja, ada sdikit kontraksi tp kadang per5 menit, 10menit, sampe 15 menit sekali sakit diatas vagina dibawah perut.. itu masih konpal atau udah kontraksi ya? Anak pertama keluar lendir campur darah soalnya dok. Terimakasih dok...

Ukuran Penis dan Kehamilan

Info penanya: pria, 26 Tahun

dok...saya berumur 26 thn. saya sudah menikah. sebelum menikah saya agak minder dgn penis saya yg kurang lebih 9'2cm ketika ereksi...saat saya bermain dgn istri saya pd pertama kalinya saya kurang pd...bahkan istri saya mengatakan penis saya seperti gagang pintu karna memang kecil...dlm kehidupan sehari hari kita memang normal tapi saat berhubungan intim seolah kita musuh...bahkan sampe saat ini saya belum di respon saat meminta berhubungan intim...saya pengen punya keturunan dok tapi saat istri saya menghina penis saya. saya mulai merasa hancur bahkan istrisaya tidak mau melihat saya saat berhubungan intim...adakah terapi atau suntik hormon untuk menambah ukuran penis dok...saya ingin memperbaiki hubungan saya dgn istri...

Petting dan Risiko Kehamilan

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Apakah petting tanpa pakaian bisa bikin hamil? Saya dalam masa subur. Dan apabila terdapat cairan praejakulasi saat petting bisa hamil? Pasangan juga memasukan jarinya ke dalam vagina saya. Kami sudah sepakat untuk tidak memiliki momongan terlebih dahulu karena kerjaan. Bagaimana dok?

Penggunaan Salep Kulit Saat Hamil

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok sy mau tanya sy hamil 18 minggu dan sy menggunakan salep gatal bevalex 3 olesan sebelumnya sy tidak mngetahui kalo itu tidak d anjurkan untuk bumil. Tp skrng tidak sy gunakan. Apka Baca Juga Jenis Obat yang Harus Dihindari Saat Hamil Sakit Kepala Saat Hamil, Bolehkah Konsumsi Obat? h penggunaaan 3 olesan tsb akan pengaruh pda kandungan sy dok?

Konfirmasi Hasil Testpack Samar Dengan USG

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dokk sya kan terakhir haid bulan desember 2019 sekarang sudah maret 2020 saya tespek sudahh 3 kali hasil nya positif semua tetapi samar menurut saya, lalu tadi malam tgl 4 maret 2020 keluar darah dan saya cek seperti darah menstruasi tetapi hari ini masih belum lancar masih dikit keluar nya? Itu kenapa ya dok saya hamil atau gimana? Karna saya juga sering mengkonsumsi obat karna waktu itu sya kenak penyakit gatal berbulan bulan terimakasih

Menghitung Tinggi Fundus Pada Kehamilan

Info penanya: pria, 20 Tahun

Saya hamil 18 minggu dan tinggi fundus 17 cm . Apakah janin kebesaran?

Alat kelamin saling tempel, apakah bisa hamil?

Info penanya: pria, 18 Tahun

Kalo kita melakukan hubungan badan tetapi alat kelamin kita hanya nempel dan tidak mengeluarkan sperma, apakah bisa hamil?
Ibu Hamil Sedang Olahraga Lari
Info Sehat
Olahraga saat Hamil Bikin Bayi Lebih Ramping, Benarkah?

Telat Suntik KB Apakah Menyebabkan Kehamilan

Info penanya: pria, 20 Tahun

Dok saya di kb 3bulan sekali trus telat 1hari yg tdi nya disuntik tgl 8 jdi telat jdi tgl9, gmna bkal hamil apa tidak

Adakah Hubungan Mewarnai Rambut dengan Kesehatan Janin?

Info penanya: wanita, 31 Tahun

Siang Dok.. saya ingin bertanya.. bolehkah wanita yg ingin memiliki momongan mewarnai rambutnya? saya ingin mewarnai rambut namun khawatir apakah baik nanti untuk janin da kesehatan janin?
Sumber Protein untuk Ibu Hamil Guna Mencegah Berat Badan Lahir Rendah
Spesialis
Sumber Protein untuk Ibu Hamil Guna Mencegah Berat Badan Lahir Rendah
Protein Berperan dalam Mencegah Berat Bayi Lahir Rendah, Benarkah?
Spesialis
Protein Berperan dalam Mencegah Berat Bayi Lahir Rendah, Benarkah?
Cara Cepat Hamil yang Alami dan Terbukti Efektif (VGstockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Cepat Hamil yang Alami dan Terbukti Efektif

Beberapa Kandungan Ini Tidak Disarankan pada Ibu Hamil

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Dok, amankah menggunakan lotion yang berkomposisi Phenoxyethanol, cetearyl alcohol, coffee, fragnance ( parfum) bagi ibu hamil?
Kiat untuk Bisa Hamil Punya Anak Cerdas (Pickingpok/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Membuat Anak agar Tumbuh Sehat dan Cerdas
Tanda-Tanda Kehamilan Normal dan Tidak Normal
Info Sehat
Tanda-Tanda Kehamilan Normal dan Tidak Normal

Apakah maksud GS dan GA dalam Hasil USG

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Apa perbedaan GS dan GA dalam hasil usg?
Ilustrasi Kalsium Menghilang pada Gigi Ibu Hamil
Info Sehat
Kalsium di Gigi Ibu Hamil Dapat Menghilang, Mitos atau Fakta?
Dokter sedang Memeriksa Bayi
Info Sehat
Asam Folat dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi?
Ilustrasi Bayi dalam Rahim
Info Sehat
Bahaya Aborsi Ilegal bagi Kesehatan Rahim

Kemungkinan Kehamilan

Info penanya: pria, 19 Tahun

Saya ingin bertanya sok,sebelumnya saya sama pasangan sering ciuman,meremas payudara trus saya pegang dan memasukan jari ke dalam vagina trus pacar saya mencocokan penis saya sampai keluar air mani hanya diluar seperti onani..trs tangan pacar saya terkena sperma saya kemudian mencuci dengan sabun kemudian mencuci bagian Miss V nya pertanyaannya apakah ada sperma yg masih menempel ditangan saat dia mencuci bagian Miss V nya dan apakah bisa hamil?
Daftar Nutrisi Persiapan Cepat Hamil (Insta_photos/Shutterstock)
Spesialis
Daftar Nutrisi Persiapan Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil

Info penanya: wanita, 21 Tahun

slmt mlm dok, sy mau konsultasi tentang kehamilan. sy sdh menikah hampir 6bln tpi blum juga hamil. dan setiap haid terkadang gk sesuai. apakah masa kesuburan sy krg atau ada hal yg lainnya? dn bgaiman cara mengatasi kendala tersebut? mohon bantuan nya dok, trimaksih.
Minum Alkohol bagi Wanita Hamil
Info Sehat
4 Dampak Fatal Minum Alkohol bagi Wanita Hamil
Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan
Info Sehat
Tanda-tanda Kehamilan Awal yang Wajib Anda Ketahui

Petting dan Kehamilan

Info penanya: wanita, 25 Tahun

11 Jan : HB (hanya petting dan pasangan mengeluarkan cairan di pantat saya) tidak tau apakah mengalir ke area vagina 19-20 Jan : pendarahan cukup banyak,kram perut, ada bbrp gumpalan darah 21 Jan : pembalut kosong 22-23 Jan : keluar sedikit flek coklat 27-30 Jan : kram perut bawah luar biasa,keputihan yg banyak,kembung, sendawa 1-2 Feb : testpack 3kali hasil negatif (2x pakai kencing siang hari, 1x kencing pagi bangun tidur) Sampai skrg kram perut bawah dan keputihan masih ada walaupun tidak separah kemarin. Tetapi sekarang setiap makan, pasti perut cepat terasa penuh dan ada rasa ingin pipis atau mau haid. Setelah di cek ternyata pipisnya hanya sedikit dan keluar keputihan encer warna putih susu. Apakah saya hamil? atau karena penyakit lain
Ibu Hamil sedang Sakit
Info Sehat
Waspada Coronavirus, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bumil

Efektifkah Program Jenis Kelamin Ketika Positif Hamil?

Info penanya: pria, 26 Tahun

Selamat malam. Dokter apa masih berguna kah jika istri saya sudah positif hamil kita mengikuti program bayi laki2...karna kami pengennya punya anak laki2, apakah sudah terlambat untuk program tsb jika sudah positif hamil...karna sebelumnya kami merencanakan ikut ehh malah udah hamil. . Terimakasih
Perlukah Minum Obat Penguat Kandungan Saat Hamil? (Wavebreakmedia/Shutterstock)
Info Sehat
Perlukah Minum Obat Penguat Kandungan Saat Hamil?

Penyebab Telat Haid 1 Bulan

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok sya pertma berhubungan intim 1minggu sblm haid tgl 19 kmrin dan sperma yg msuk sudah klimaks 3kali. yg 2kli kluar di luar vaginaa ini sy kok blm haid apakah bisa hamil? Sy terakhir haid tgl 21 desember

Hasil Test Pack Yang Masih Samar

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Selamat pagi dok, saya mau nanya tentang telat haid & tespeck yang samar Saya terakhir haid tgl 23 desember 2019 dan tadi pagi sama tes tapi hasil nya samar" apa kemungkinan saya hamil dok, dan jika benar saya hamil berapa usia kehamilan saya dok ....
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil (Foto: Shutterstock)
Info Sehat
Pilihan Makanan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil
Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil (Olena Yakobchuk/Shutterstock)
Info Sehat
Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil
Ilustrasi Epilepsi pada Ibu Hamil
Info Sehat
Risiko dan Penanganan Epilepsi pada Ibu Hamil
Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Spesialis
Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Bisakah Hamil Tanpa Berhubungan Seks?

Info penanya: wanita, 23 Tahun

siang dok, mau tanya saya pernah tidur seranjang dengan pasangan saya tapi tidak melakukan hubungan seks hanya berpelukan sajadan masih berpakaian lengkap, tapi sya sedang menstruasi pada hari terakhir. Apakah bisa menyebabkan kehamilan tanpa berhubungan seksual dok? terima kashi

Vagina Digesekkan, Bisakah Hamil?

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Dok saya mau tanya... jika vagina di gesek2 oleh kaki laki2 apakah bisa hamil ? Mohon maaf dok ini untuk penelitian saja. Terima kasib
Ilustrasi Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil
Info Sehat
Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya
Luluran Saat Hamil
Info Sehat
Luluran Saat Hamil, Boleh atau Tidak? Ini Penjelasan Lengkapnya
Olahraga saat Hamil
Info Sehat
6 Manfaat Sehat dari Olahraga saat Hamil
Nyeri Panggul Saat Hamil
Info Sehat
7 Tips Jitu Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil
Ilustrasi Cairan Pembersih Kewanitaan
Info Sehat
Bolehkah Ibu Hamil Memakai Cairan Pembersih Kewanitaan?

Janin pada Kehamilan Usia 13 Minggu

Info penanya: wanita, 27 Tahun

selamat pagi dokter, saya mau bertanya, kulit perut saya kan tebal dan saya sekarang hamil usia 13 minggu, waktu usg pertama itu gambar janin kelihatan kecil, dan saya priksa ke bidan katanya juga masih kecil,pas usg juga BB saya 55,9 tgl 26 desember 2019 trus priksa ke bidan tgl 13 januari 2020 BB 58, apakah itu karna kulit perut saya tebal trus janinnya kelihatan kecil atau bagaimana? Trima Kasihh
Test Pack Kehamilan
Info Sehat
Wanita dengan Polip Rahim Sulit Hamil, Benarkah?
Ilustrasi Bayi Baru Lahir
Info Sehat
Mungkinkah Bayi Sudah Bisa Menangis Sejak dalam Rahim?

Tanda Pembuahan

Info penanya: wanita, 31 Tahun

saya wanita dg satu anak,siklus haid saya teratur,28hari... saya haid tgl 18 desember 2019... tapi tgl 3 jan 2020 saya merasakan sakit,perih diperut bawah sebelah kiri dan sakit dipinggang,cuma sebentar si... tapi esok harinya,tgl 4 jan saya merasakan sakit lagi sebanyak dua kali... dan berlangsung sekitar 15 menitan terus terang saya baru pernah mengalami sakit yg seperti itu.. apakah mungkin itu karena terjadi pembuahan dok?

Pertanyaan Haid dan Program Hamil

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Tentang haid dan promil

Adakah Kemungkinan Hamil Jika Memakai Celana?

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Dokter...mau tanya,mohon maaf banget punten ini teh tolong banget dijawab.. Apakah bisa hamil jika tidak berhubungan badan secara langsung tapi laki laki dan perempuan sama sama menggunakan celana dalam dan celana biasa, dan faktor lain jika perempuan sedang dalam hari ketujuh menstruasi atau sedang keluar flek coklat?

Belum Haid, Apakah Hamil?

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok saya mau bertanya, cerita awalnya saya sama pacar saya melakukan petting, dan itu baru pertama kali karena tidak berani having sex. Selama melakukan itu pacar saya tidak masuk kedalam vagina dan di area luarnya hanya menggesek2 saja, dan tidak keluar air maninya di sekitar area vagina juga. Namun apakah cairan pra-ejakulasi bisa mengakibatkan hamil? Soalnya saya bulan januari ini saya belom mens dok. Awal mens 5 Desember 2019 dan hari terakhir saya mens itu tanggal 11 Desember 2019 dan saya melakukan petting pada tanggal 20 desember 2019 sampai saat ini saya belum mens dok? Apakah saya hamil?? Siklus bulanan saya tidak teratur dok bulan oktober ke november 35 hari dan november ke desemeber 28 hari dok bahkan bulan bulan sebelumnya seperti bulan juni ke agustus rentang waktunya 43 hari karena saya mens di bulan juni akhir dok Terima kasih
Ilustrasi Tendangan Bayi di Dalam Perut
Info Sehat
Tendangan Bayi di Dalam Perut, Ini Maknanya
5 Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil (Swapan-Photography/Shutterstock)
Info Sehat
5 Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil
Ibu Hamil Trimester Akhir Sering Diare, Normalkah? (Nd3000/Shutterstock)
Info Sehat
Ibu Hamil Trimester Akhir Sering Diare, Normalkah?

Kondom dan Kehamilan

Info penanya: pria, 21 Tahun

Saya mau bertanya, teman saya berhubungan sex, dan dia pakai kondom tetapi waktu dia mengeluarkan sperma tidak di cabut dr vagina si cewek Pertanyaan saya apakah hal tersebut dpt menyebabkan kehamilan?

Penyakit Jantung Bawaan pada Kehamilan

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Tahun 2017 saya didiagnosa ASD dok. Dan sudah dilakuka kateterisasi. Apakah wanita dengan PJB ASD akan susah mendapatkan anak? Mohon pencerahan nya dok.

Keluhan BAK

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Mau tanya saya buang air kecil kluar kya selaput gtu warna putih itu knpa yah? Saya hamil 6 blm