Pil KB atau kontrasepsi oral hormonal memang berisikan hormon yang mempengaruhi kadar hormonal di tubuh. Pil KB mengandung hormon reproduks
Tampilkan foto dan video

Pemakaian Pil KB

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Dosis konsumsi PIL KB seperti apa dok?

Instruksi Minum Pil KB Diane

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Hello doc ak mau bertanya jd hari ini adalah pertama x ak minum KB Diane pukul 20:20 minumnya hrs d jam yg sama nah Bln Dpn ak mw ke luar negri perbedaan waktunya -5 jam jd 20:20 Indo 15:20 dsna bagaimana ak mengubah jadwal KB aku yg aman? Supaya 24 jam apakah ak mengubahnya jd 15:20? Thk you

Cara Penggunaan Pil KB

Info penanya: pria, 26 Tahun

Hallo dok, salam kenal,, Saya ingin bertanya mengenai penggunaan pil kb saat haid, pil yang mana seharusnya diminum pertama kali, yang hormon atau plasebo?
3 Hal yang Bikin Kondom Kedaluwarsa (Foto: Shutterstock)
Info Sehat
3 Hal yang Bikin Kondom Kedaluwarsa Lebih Cepat

Kapan Mulai Minum Pil KB

Info penanya: wanita, 35 Tahun

apa bisa minum pil kb pertama kali saat masa subur
Efek Samping Pil KB yang Wajib Anda Ketahui (Fahroni/Shutterstock)
Info Sehat
Efek Samping Pil KB yang Wajib Anda Ketahui

Flek Saat Pakai Pil KB

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Malam dok saya mau bertanya apakah selain berat badan berlebih jika menggunakn pil kb jangka panjang dapat menyebabkn flek hitam, dan bagaimana solusi agar tidak keluar flek hitam

Program kb

Info penanya: wanita, 28 Tahun

pggi dokter. waktu yang baik dan efektif pogram kb itu jelang hbis haid apa sesiapnya kita y dok
Rencanakan Kehamilan dengan Pil KB Modern, Minim Efek Sampingnya (Ayu-Maharani/Klikdokter)
Info Sehat
Rencanakan Kehamilan dengan Pil KB Modern, Minim Efek Sampingnya
Mana Metode Kontrasepsi yang Lebih Efektif, IUD atau Pil KB? (JPC PROD/Shutterstock)
Info Sehat
Mana Metode Kontrasepsi yang Lebih Efektif, IUD atau Pil KB?

Belum Hamil Setelah Berhenti KB Suntik

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Assalamualaikum wr.wb Salamat malam dok, saya sudah menikah dok tapi saya menunda kehamilan dengan kb suntik 1 bulan selama 9 bulan lalu suami saya ingin punya momongan jadi saya lepas kb sudah hampir 10 bulan dok tapi sampai sekarang saya belum hamil juga, jadi gimana ya dok
Mitos dan Fakta Alat Kontrasepsi (itakdalee/Shutterstock)
Info Sehat
Mitos dan Fakta Alat Kontrasepsi
Meningkatkan Kesehatan Reproduksi dengan Kontrasepsi (Africa Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Meningkatkan Kesehatan Reproduksi dengan Kontrasepsi

Wanita Belum Mengandung Apa Boleh Minum Pil KB

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Hallo dokter sya mau bertanya apakah wanita yang belum mengandung bisa minum pil kb? Saya tau ini dari teman saya dia mengonsumsi pil kb, dia bilang jika ingin mengonsumsi harus bertnya dengan dokter kandungan

Kesuburan Akibat Pakai KB Sebelum Menikah

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Halo dok saya mau tanya apakah benar jika KB sebelum menikah akan mengakibatkan susah hamil? Saya kb satu bulan setelah kb haid saya sedikit sedikit,trus satu bulan agustus saya nggak haid sama sekali baru bulan september ini saya haid ,,apakah saya termasuk org yang haid tidak lancar ya dok??terimakasih

Efek Samping KB IUD

Info penanya: wanita, 41 Tahun

Setelah pemasangan Kb IUD apakah efek sampingnya jika langsung di gunakan berhubungan badan dengan pasangan?
Minum Pil KB Malah Kena Stroke, Kok Bisa? (Makistock/Shutterstock)
Info Sehat
Minum Pil KB Malah Kena Stroke, Kok Bisa?

IUD

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok saya mau tanya. Saya melahirkan secara caesar dan langsung dipasang IUD T, setelah itu saya haid tetapi hanya sedikit sekali darah yg keluar 2 hari juga sudah bersih lagi, terus bulan berikutnya bahkan hanya flek saja, apakah itu normal dok? Terimakasi
ASI Eksklusif, Cara Alami Mencegah Kehamilan (Oksana Kuzmina/Shutterstock)
Info Sehat
ASI Eksklusif, Cara Alami Mencegah Kehamilan

Pil KB darurat

Info penanya: pria, 23 Tahun

Permisi dok saya mau tanya , istri saya suntik kb 1 bulan pada hari minggu terus saya berhubungan badan pada minggu depan nah kan belum lebih dari seminggu terus saya memakai pil kb darurat apa harus suntik kb lagi dok? Takutnya pil kb darurat mempengaruhi suntik kb dok?

Obat Penunda Haid

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Saya ingin bertanya boleh kah saya meminum obat untuk perlambat haid untuk berpergian dan untuk obat nya hrus obat apa dan cara minum nya terima kasih

Suntik kb pasca operasi

Info penanya: wanita, 25 Tahun

asalamualaikum .dokter saya mau tanya ..saya habis oprasi hemoroid 2 minggu yg lalu.belom sembuh seperti biasanya...bisakah habis oprasi di suntik kb .. terimakasih
Jenis Kontrasepsi ini Bisa Sebabkan Sakit Kepala (Wavebrea Media/Shutterstock)
Info Sehat
Jenis Kontrasepsi ini Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Haid Sedikit Setelah Memakai IUD

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Assalamu'alaikum dok.. Mohon maaf saya mau bertanya,.. Saat ini sy menggunakan IUD cop T, sudah 1tahun..biasanya Haid lebih banyak dan lebih lama dari sebelum pakai IUD, tp, 2 bulan belakangan hanya keluar darah sedikit2 bahakn bulan ini sudah hampir 2 minggu.. Yang ingin sy tanyakan, apa ini termasuk efek dari IUD atau bagaimana ya dok?? Terimakasih banyak.. 🙏
5 Mitos tentang Kondom yang Tak Perlu Anda Percaya (Andriano.cz/Shutterstock)
Info Sehat
5 Mitos tentang Kondom yang Tak Perlu Anda Percaya

Terlambat Haid Sejak Pakai KB

Info penanya: wanita, 19 Tahun

permisi dok.. maaf mau nanya, jadi saya terakhir mens tanggal tanggal 18 april 2019, dan sekarang udah tanggal 27 mei 2019 dan saya masih juga belum mens. saya sudah minum pil tuntas tapi belum juga mens, yang saya pikirkan hanya hormon saya terganggu karena 2 thn sebelumnya juga demikian. dan memang pola hidup saya sedikit tidak sehat, makan tidak teratur, kurang tidur, tidak olahraga.. mohon penjelasan nya dok, terima kasih..

Ingin Ganti Suntik KB Jadi Pil KB

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Malem dok saya mau tanya Kemaren kan tgl 18 jadwalnya suntik KB nah sampai tgl 20 hari ini saya blm suntik dan mau ganti pake pil KB merk mikroginon . Nah yang mu di tanyakan mulai di minumnya di warna apa ya dok ?

Waktu Minum Kontrasepsi Selama Umroh

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Permisi dok, saya Yuni.. Saya ingin menanyakan tentang ibu saya mengenai obat primolut-N.. Ibu saya berumur 52 th, dan memiliki penyakit hipertensi.. Ibu saya terakhir kali mens saat tgl 27 April 2019 sampai 7 Mei 2019.. Sedangkan siklus menstruasinya sdh tidak teratur lagi dok. Kadang setiap 2 Minggu sekali atau 3minggu skli, kadang jg 1 bln skli.. kdng selama 1bln lebih tdk Mens.. Apakah ini yg dinamakan proses menopause? Ibu saya akan berangkat umroh dri tgl 17 Mei 2019 sampai 2 Juni 2019.. Yang ingin saya tanyakan, kapan kah obat primolut-N dpt dikonsumsi aman? Dan bagaimana dosisnya? Apakah tiap hari harus minum obat tsb slma sahur dan buka puasa? Sejak kpn ibu saya harus mengkonsumsi obat tsb? Ada yg mengatakan 5hari sblm brngkt, sdngkn skrg sdh H-3 pemberangkatan umroh.. Mohon jawabannya dok. Terimakasih 🙏

Haid tidak teratur pasca konsumsi pil KB

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Hai dok.saya sudah berenti kb sekitar 3 tahun an dan dulu saya kb suntik 1 bulan siklus haid saya 25 hari dan teratur di bulan februari saya haid tgl 11-16dan bulan maret saya haid tgl 7-10 dan untuk pertama kali nya saya coba kb pil dari tgl 11-20 nah di tgl 11 untuk pertama kali nya saya minum pil malam nya saya berhubungan badan dan tgl 14 saya berhubungan badan lagi untuk yang ke dua kali nya saat sedang menggunakan kb pil padahal jelas peringatan di kb pil tidak boleh berhubungan selama seminggu untuk ketahanan obat supaya tidak hamil tetapi saya tidak tahu dan pas tgl 20-24maret saya haid lagi untuk pertama kali nya saya haid 1 bulan 2 kali di bulan maret dan bulan april ini saya belum juga haid setelah saya hitung siklus haid 25 hari dari pertama haid saya yang ke dua di bulan maret yaitu tgl 20 seharus nya saya haid di bulan april tgl 13 tetapi pas tgl 9 april perut bagian bawah saya sakit puting payudara saya sakit seperti orang mau menstruasi nyatanya tak kunjung haid dari tgl 9 sampe sekrang tgl 17 perut rasanya gak enak payudara kadang suka sakit tetapi belom juga haid sebelum telat saya tespack di siang hari pas tgl 13 april hasil negatif tetapi skrang saya sudah telat haid 4 hari saya tespack di sore hari masih saja negatif ada kemungkinan hamilkah dok

Haid Tidak Teratur Setelah Pakai KB

Info penanya: wanita, 28 Tahun

mlm dok mau tanya sya terakhir haid tgl 8 januari 19, saya sebelumnya kb suntik 1 bln.tgl 17 jan 19 saya melakukan suntik kb dan bulan februari sya tdk terjadi haid tgl 14 feb 19 jatwal kb berikutnya tetapi saat tgl tsb suntik kb namun dokter menyarankan sya untuk ganti kb pil soalnya BB saya naik 2 kg bulan wkt it.kemudian sya beralih ke kb pil sampai tgl 13maret ini sya konsumsi pil kb tetapi tdk ada tanda haid jg. apakah ini pengaruh dari kb yg saya jalani atau gimana y dok? terimakasih

Habis Lepas Pil KB, Tidak Menstruasi?

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Dok... Saya mau tanya tentang kehamilan. Saya baru 1 bulan ini lepas pil KB, tapi tidak mengalami menstruasi. Padahal waktu masih menggunakan pil KB dulu haid saya lancar banget tiap bulan dengan siklus 28 hari. Kenapa setelah lepas PIL KB saya malah jadi gx haid ya, apakah itu pertanda bahwa saya hamil?! Mohon penjelasannya dok, terima kasih.

Lepas KB dan Belum Haid

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Dok saya mau bertanya,apa kah wajar setelah lepas kb implant tidak haid selama 6 bulan? Terima kasih dok

Tanda Kehamilan

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Ass, dok mau tanya Jadi Gini saya kan pernah lewat tanggal suntik KB 3 bulan, tapi saya tetap suntik KB, setelah itu saya berhubungan intim sama suami, nah pas suami saya pergi merantau dari situ saya stop ikut KB sampai sekarang saya belum ada suntik KB, Karna suami saya sudah pulang pulang, tapi smpai sekarang saya belum Menstruasi, apakah itu bisa jadi saya hamil atau gimana dok,, mohon pejelasannya, terima kasih

KB Implant

Info penanya: wanita, 31 Tahun

Dok..saya mau tanya.. Saya pasang KB implant setelah melahirkan anak ke 3.. Anak saya lahir tgl 23 maret 2017,saya pasang implant tgl 18 mei 2017.. Kapankah waktu yg ideal untuk melepas implant saya? Karena kartu KB saya hilang.. Trimakasih atas jawabannya Dok..

Kapan Harus Suntik KB?

Info penanya: pria, 29 Tahun

mau tanya dok,haid selama 12 hari setelah telat suntik kb.mohon di jelaskan apakah kalau mau suntik kb itu harus nunggu darah berhenti keluar?terima kasih

Macam-macam KB

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Selamat pagi dok. saya ingin bertanya. pertanyaan saya lebih dari satu pertanyaan. 1. pasien yg mengalami asam KB apa yg cocoknya ? 2. anak yg berumur 1.2.3 dan 4 bulan,sebelum dilakukan suntik imunisasi satu hari sebemunnya anak" tersebut sudah mengalami deman. apakah imunisasi tetap di berikan pada anak" tersebut ? dan jika di berikan imunisasi apa yg cocok untuk anak2" tersebut.
6 Kiat agar Sukses Melakukan Promil (Photographee.eu/Shutterstock)
Info Sehat
6 Kiat agar Sukses Melakukan Promil
Hal-hal yang Perlu Anda Tahu soal Masa Nifas (Anna Goroshnikova/Shutterstock)
Info Sehat
Hal-hal yang Perlu Anda Tahu soal Masa Nifas
Mana yang Lebih Baik, IUD atau KB Suntik? (Roman Kosolapov/Shutterstock)
Info Sehat
Mana yang Lebih Baik, IUD atau KB Suntik?
Seberapa Sering Boleh Menggunakan Kontrasepsi Darurat? (Wavebreakmedia/Shutterstock)
Info Sehat
Seberapa Sering Boleh Menggunakan Kontrasepsi Darurat?

KB Pasca Nifas

Info penanya: wanita, 27 Tahun

Dok saya mau bertanya, saya baru abis melahirkan, masa nipas saya dpt kurang lebih 40 hari, setelah itu saya berhubungan intim bersama suami dan belom menggunakan kb tp saya ibu yang menyusui secara ekslusif. Pada bulan berikutnya saya belom juga haid dok saya cemas apakah saya kembali isi lgi atau tidak, saya tes hasil nya satu garis. Apakah saya bole pakai kb walaupun haid pertama saya belom keluar tp sdh melakukan hubungan intim.. Mohon di jawab dok, terima kasih

Lepas KB

Info penanya: pria, 31 Tahun

dokter saya mau tanya, pada bulan Juni 2017 saya menggunakan KB gonta ganti, mulai dari 3bln sebanyak 2x, 1bln 1x dan pil selama 2 bln tp pd saat minum pil saya sering bolong" minum nya. akhirnya saya memutuskan untuk tidak menggunakan ny lagi, dan selama menggunakan KB saya sama sekali tidak dapat haid, di bulan April 2018 saya dapat haid pertama setelah lepas KB dan itu juga lumayan lama tapi yang keluar tdk begitu banyak. setelah selesai haid saya sempet berhubungan sekali dengan suami, akan tetapi setelah itu rumah tangga kami di terpa masalah dan saya memutuskan untuk pisah ranjang dari dia, di bulan berikutnya saya ternyata saya tidak kunjung haid lagi sampai 6 bln lebih saya coba testpack juga hasil negatif, dan bulan November tgl 6 kemaren akhirnya saya dapat haid nya lagi dan itu pun yang keluar darah merahnya hanya sedikit selebihnya cuma flek tapi lumayan banyak. nah pas bulan ini saya belum dapat lagi, tapi saat ini saya merasakan nyeri di bagian perut yang tidak biasanya. apakah yang saya alami ini masih tergolong dalam keluhan yang wajar dok? terimakasih atas penjelasannya sebelumnya ya dok, dan maaf saya jelaskan sedetail"nya.

Ingin ganti kb suntik ke pil kb

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Dok saya mau tanya,, saya kn udh hampir mau 5th pake kb suntik dan sekarang saya mau ganti ke pil,, dan katanya harus nunggu haid dulu baru bisa ke pil.. Apa itu benar dok?
5 Wanita Ini Tak Boleh Minum Pil KB (Branislav Nenin/Shutterstock)
Info Sehat
5 Wanita Ini Tak Boleh Minum Pil KB
Sisi Positif dan Negatif Konsumsi Pil KB (Image Point Fr/Shutterstock)
Info Sehat
Sisi Positif dan Negatif Konsumsi Pil KB

Belum Hamil Setelah Lepas KB

Info penanya: wanita, 39 Tahun

Maaf Dok Saya mau tny,sy sdh off dr alat kontrasepsi sejak 9 th yg lalu dan smp skrng tdk menggunakan alat kontrasepsi apapun tp knp sy gak jg hamil Dok?dan knp jg sperma suami suka keluar lg setelah berhubungan?

Flek Setelah Suntik KB

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Dok sy mau tanya, sy suntik kb 1bln itu selesai nifas langsung suntik, awal" haid lancar seperti biasa, tp 2bln ini sy tdk haid cuma flek" gtu aja. Itu kenapa ya dok? Apakah itu indikasi bahwa sy hamil? Tp sy tdk merasakan mual dsb. Sy jg mau ganti kb pakai IUD itu apakah harus nunggu haid dulu? Sementara saya 2 bln ini tdk haid. Terimakasih

Suntik KB dan Hubungan Seksual

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Selamat malam dok , saya mau tanya apakah setelah suntik kb 3 bulan tidak diperbolehkan berhubungan badan dengan suami? Bidan menyarankan 3hari setelah suntik baru boleh berhubungan badan. Apakah bisa hamil setelah suntik langsung berhubungan badan?

Perdarahan Setelah Suntik KB 3 Bulan

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Dok saya mau tanya dok saya kb yg 3 bulan tapi saya ngeplek trus dok sampe 3 minggu bahkan ngeplek terus... Ituh knp ya dok.. Aph berbahaya
Kapan Waktu Terbaik untuk Lepas KB Implan? (Stock Asso/Shutterstock)
Info Sehat
Kapan Waktu Terbaik untuk Lepas KB Implan?
Benarkah Pil KB Tingkatkan Risiko Darah Kental? (Africa-Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Benarkah Pil KB Tingkatkan Risiko Darah Kental?

Perdarahan Sejak Pakai KB IUD

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Malam dok. Saya mau bertanya. Saya pakai KB IUD sudah jalan 7 bulan dan semua nya normal. Bulan ini saya sudah haid tgl 13 kemaren sampai tgl 16. Tp kok 3 hr ini saya haid lg ya dok. Seperti bercak2 darah. Gak banyak sih. Klo saya buang air kecil kadang keluar lendir canpur darah. Memang akhir2 ini anak saya umur 1 tahun duduk diperut saya sambil naik turun naik turun. Dari situ lah saya muali keluar bercak darah & agak sakit dibagian rahim. Itu ada masalah dengan kb saya ya dok. Trimakasih

Melepas IUD

Info penanya: wanita, 23 Tahun

bisakah melepas kb iud setelah pemasangan 2 bulan
Kiat Aman Memilih Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui (Juan-Aunion/Shutterstock)
Info Sehat
Kiat Aman Memilih Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui
Cara Terbaik Kenalkan Kontrasepsi pada Remaja (Potstock/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Terbaik Kenalkan Kontrasepsi pada Remaja
Ini Dia Tips Memilih Kontrasepsi yang Tepat untuk Anda (Jack Frog/Shutterstock)
Info Sehat
Ini Dia Tips Memilih Kontrasepsi yang Tepat untuk Anda
Bagaimana Kondom Mencegah Kehamilan? (Andrei Kobylko/Shutterstock)
Info Sehat
Bagaimana Kondom Mencegah Kehamilan?
Bagaikan Kontrasepsi, 7 Makanan Ini Bisa Pengaruhi Kehamilan (B-D-S-Piotr-Marcinski/Shutterstock)
Info Sehat
Bagaikan Kontrasepsi, 7 Makanan Ini Bisa Pengaruhi Kehamilan
Pil Kontrasepsi untuk Pria, Amankah Dikonsumsi? (Wavebreakmedia/Shutterstock)
Info Sehat
Pil Kontrasepsi untuk Pria, Amankah Dikonsumsi?
Benarkah Pil Kontrasepsi Bikin Wanita Jadi Gemuk? (Areeya_ann/Shutterstock)
Info Sehat
Benarkah Pil Kontrasepsi Bikin Wanita Jadi Gemuk?