Puasa intermittent dianggap baik untuk menurunkan berat badan dan risiko penyakit. Tapi, adakah efek sampingnya?
Tampilkan foto dan video
Agar Anak Tak Kurang Tidur Selama Puasa (Kwanchai C/Shutterstock)
Spesialis
Agar Anak Tak Kurang Tidur Selama Puasa
6 Tips Berpuasa Saat Sedang Demam (Ksenjavka/Shutterstock)
Info Sehat
6 Tips Berpuasa Saat Sedang Demam

Puasa pada Ibu Hamil

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Dok kalau lagi hamil 5 bulan suka pusing dan mual terus muntah2 lagi padahal puasa cuma setengah hari soalnya d saranin bidan hb nya rendah, pas masuk trimester 2 udah normal makan udah masuk dan banyak, walaupun pas trimester pertama cuma susu hamil aja yg masuk soal nya diisi apa aja pasti langsung keluar , sekarang sering muntah lagi dan nafsu makan jadi kurang terus pas lagi muntah tuh perut berasa ketekan dan kaya pipis ada cairan ngerembes kaya keputihan dan kadang ada flek, yang biasa nya janin nya aktif banget nendang2 terus sekarang jarang dan bahkan kadang sehari hampir gaada, terus perut mules terus2an panas gitu punggung panas dan kaya begah perut nya juga, kenapa yah dok berbahaya atau tidak? Jadi worry mohon penjelasan nya
Berat Badan Turun dan Tetap Sehat dengan 10 Makanan Ini (Africa Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Berat Badan Turun dan Tetap Sehat dengan 10 Makanan Ini
Apakah Puasa Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi (Sheng Lee/Shutterstock)
Info Sehat
Apakah Puasa Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?
Awas, Sering Buka Puasa Bersama Bikin Berat Badan Naik (Svrslyimage/Shutterstock)
Info Sehat
Awas, Sering Buka Puasa Bersama Bikin Berat Badan Naik

Mual dan Muntah Sehabis Makan

Info penanya: pria, 21 Tahun

Maaf dokter saya mau tanya ,, bulan puasa ini kenapa ya kalau saya makan baru sedikit langsung terasa mual dan mau muntah padahal makanan yg masuk masih sangat sedikit tp saya sudah merasa kenyang dan kalau dipaksakan mengunyah akan terasa mual,,tolong dijawab dok,,karena ini sangat mengganggu saya..sblmnya terimakasih
Atasi Dehidrasi Saat Mudik dengan Konsumsi 4 Makanan Ini (Tharakorn-Arunothai)
Info Sehat
Atasi Dehidrasi Saat Mudik dengan Mengonsumsi 4 Makanan Ini
Waspada Gejala Dehidrasi yang Menyerang Saat Mudik (wang-Tom-123rf)
Info Sehat
Waspada Gejala Dehidrasi yang Menyerang Saat Mudik
6 Manfaat Buka Puasa dengan Kurma (Stanislav71/Shutterstock)
Info Sehat
6 Manfaat Buka Puasa dengan Kurma

Tips Puasa Penderita Anemia Dan Mag

Info penanya: wanita, 18 Tahun

Assalamualaikum dok, dibulan puasa ini saya sakit anemia, magg, dan tifus, makan apa dok yang harus saya konsumsi, dan saya hindari?
Ini Alasan Minum Teh Saat Sahur Tidak Dianjurkan (Kzenon/Shutterstock)
Info Sehat
Ini Alasan Minum Teh Saat Sahur Tidak Dianjurkan
Tips agar Tidak Mudah Sakit Selama Berpuasa (Rawpixel com/Shutterstock)
Info Sehat
Tips agar Tidak Mudah Sakit Selama Berpuasa
7 Cara Menjaga Stamina saat Berpuasa (Lilly Trott/Shutterstock)
Info Sehat
7 Cara Menjaga Stamina saat Berpuasa
Daftar Makanan yang Cepat Pulihkan Energi setelah Puasa (Olmarmar/Shutterstock)
Info Sehat
Daftar Makanan yang Cepat Pulihkan Energi setelah Puasa
Minum Kopi Saat Buka Puasa dan Sahur, Amankah bagi Kesehatan? (panchanok premsrirut/Shutterstock)
Info Sehat
Minum Kopi Saat Buka Puasa dan Sahur, Amankah bagi Kesehatan?

Puasa Ketika Hamil

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Selamat siang dok, usia kandungan saya 24minggu. Hari ini saya sedang berpuasa, tp ketika mau sholat subuh tadi saya muntah 1 kali, dan makanan yang saya makan tadi ketika sahur keluar semua. Jika seperti itu, sebaikknya saya tetap lanjutkan berpuasa atau tidak ya dok? Yang saya rasakan sekarang mulut kering, ngantuk, dan perut kadang kalo buat bergerak agak sakit, jadi harus hati2 ketika bergerak.
Tips Tetap Semangat Olahraga saat Puasa (Alex Emanuel Koch/Shutterstock)
Info Sehat
Tips Tetap Semangat Olahraga saat Puasa
Mitos dan Fakta Seputar Puasa (PopTika/Shutterstock)
Info Sehat
Mitos dan Fakta Seputar Puasa
Olahraga yang Tepat Selama Puasa (De Visu/Shutterstock)
Spesialis
Olahraga yang Tepat Selama Puasa
Buka Puasa Balas Dendam, Awas Kolesterol Tinggi! (Odua Images/Shutterstock)
Spesialis
Buka Puasa Balas Dendam, Awas Kolesterol Tinggi!
Tips Penuhi Kebutuhan Gizi Selama Puasa (Kencana Studio/Shutterstock)
Spesialis
Tips Penuhi Kebutuhan Gizi Selama Puasa
Trik Mudah agar Tubuh Tidak Gemuk saat Puasa (Klian Oksana/Shutterstock)
Spesialis
Trik Mudah agar Tubuh Tidak Gemuk saat Puasa
Makan Malam setelah Buka Puasa, Bikin Kolesterol Naik? (Svrslyimage/Shutterstock)
Spesialis
Makan Malam setelah Buka Puasa, Bikin Kolesterol Naik?
Tangkal Lemas Selama Puasa dengan 6 Cara Ini (Juice Team/Shutterstock)
Spesialis
Tangkal Lemas Selama Puasa dengan 6 Cara Ini
Ini Dia 6 Aktivitas Ngabuburit yang Sehat (Sk Group Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Ini Dia 6 Aktivitas Ngabuburit yang Sehat
6 Kebiasaan di Bulan Puasa yang Mengancam Kesehatan (Odua Images/Shutterstock)
Info Sehat
6 Kebiasaan di Bulan Puasa yang Mengancam Kesehatan
Olahraga Kekinian yang Cocok Dilakukan di Bulan Puasa (Odua Images/Shutterstock)
Info Sehat
Olahraga Kekinian yang Cocok Dilakukan di Bulan Puasa
Menu Sahur dan Berbuka untuk Anak yang Berpuasa (Littlekidmoment/Shutterstock)
Info Sehat
Menu Sahur dan Berbuka untuk Anak yang Berpuasa
6 Trik agar Gampang Bangun Saat Sahur (creativa Images/Shutterstock)
Info Sehat
6 Trik agar Gampang Bangun Saat Sahur
Tips Jitu Sukses Puasa Sekaligus Diet (Odua Images/Shutterstock)
Info Sehat
Tips Jitu Sukses Puasa Sekaligus Diet

Puasa pada Ibu Hamil

Info penanya: pria, 25 Tahun

Selamat siang dokter, Saya mau taya, sekarang saya sedang hamil anak ke 2 yang baru berusia sekitar 9 minggu sekarang saya puasa dalam kondisi nyidam dan nyidam saya tidak bisa masuk nasi sama sekali, di sini saya mempuyai 2 pertayaan 1, anak pertama saya usianya masih 19 bulan dan lahiran sesar dan sekarang saya sudah hamil lagi pertayannya; apakah tinggi resiko jika saya melahirkan nanti dengan metode sesar lagi? 2. sekarang saya sedang hamil muda dan tida bisa masuk karbohidrat sama sekali saya haya makan buah saja dan saya juga berpuasa pertayannya; apakah bisa membahayakan janin di dalam kandungan saya karna saya berpuasa dan kurangnya asupan giji selama masa hamil muda. itu saja pertayaan saya terima kasih sebelumnya dan mohon bantuannya

Puasa pada Ibu Hamil

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Dok sya mempunyai riwayat sakit magh,sekarang sy sedang hamil 12 minggu,.apa diperbolehkan berpuasa,?? Trimakasih

Puasa pada Ibu Hamil

Info penanya: wanita, 29 Tahun

Dok saya sedang hamil 35 minggu,saat ini saya sedang puasa,tpi tadi saya tidak makan saur karena kesiangan,apa tidak apa apa pada kondisi bayi saya? Saat ini prut bagian bawang sakit dan tegang.
Ini Dia Bakteri Penyebab Keracunan Makanan di Bulan Puasa (srisakorn wonglakorn/Shutterstock)
Info Sehat
Ini Dia Bakteri Penyebab Keracunan Makanan di Bulan Puasa
Benarkah Makan Kangkung Saat Sahur Bikin Ngantuk? (mayura-benjarattanapakee/Shutterstock)
Info Sehat
Benarkah Makan Kangkung Saat Sahur Bikin Ngantuk?
Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala tanpa Batal Puasa (PR Image Factory/Shutterstock)
Info Sehat
Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala tanpa Batal Puasa
Tips Menjalankan Puasa bagi Penderita Mag (Sallehudin Ahmad/Shutterstock)
Info Sehat
Tips Menjalankan Puasa bagi Penderita Mag
Tips Cegah Keracunan Makanan Saat Puasa (Elvira Koneva/Shutterstock)
Info Sehat
Tips Cegah Keracunan Makanan Saat Puasa
Tips Praktis Cegah Sakit Tenggorok Saat Puasa
Info Sehat
Tips Praktis Cegah Sakit Tenggorok Saat Puasa
Sakit Perut Saat Puasa, Gejala Penyakit Apa? (Sasin Paraksa/Shutterstock)
Info Sehat
Sakit Perut Saat Puasa, Gejala Penyakit Apa?
Kehamilan Usia Berapa Boleh Menjalankan Puasa? (Africa Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Kehamilan Usia Berapa Boleh Menjalankan Puasa?
Mengungkap Gejala Keracunan Makanan Saat Puasa (9Nong/Shutterstock)
Info Sehat
Mengungkap Gejala Keracunan Makanan Saat Puasa
Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa Penuh? (MAHATHIR MOHD YASIN/Shutterstock)
Spesialis
Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa Penuh?
Puasa saat Menyusui, Apa Dampaknya bagi Bayi dan Ibu? (Zou Zou/Shutterstock)
Spesialis
Puasa saat Menyusui, Apa Dampaknya bagi Bayi dan Ibu?

Pertanyaan Seputar Berpuasa pada Ibu Hamil

Info penanya: pria, 23 Tahun

siang dok, jika usia kandungan saya masih dalam usia trimester pertama lebih tepatnya 13-14 minggu apakan baik untuk janin jika saya melakukan puasa di bulan ramadhan ini? dan dengan usia kehamilan saya yg sekarang saya belum melakukan imunisasi. apakah tidak membahayakan janin? trim's atas jawabanya..

Pertanyaan Seputar Berpuasa pada Ibu Hamil

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Dok, saya sedang hamil muda,, 3 bukan.. Boleh puasa?

Puasa Saat Hamil, Bolehkah?

Info penanya: wanita, 25 Tahun

pagi dok.usia kandungan saya 5 minggu apakah boleh berpuasa, dn baik tidak utk perkembangan janin, soalnya saya sahur tp sekarang sudah merasakan lapar.