Sakit tenggorokan memang umum terjadi. Namun, waspada karena sakit tenggorokan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Tampilkan foto dan video
Sakit Tenggorokan? Jangan Diremehkan! (Mykyta-Vakuliuk/123rf)
Info Sehat
Sakit Tenggorokan? Jangan Diremehkan!
Ini yang Terjadi Ketika Hidung Kemasukan Benda Asing (Photographerdecade3d/123rf)
Info Sehat
Ini yang Terjadi Ketika Hidung Kemasukan Benda Asing

Sering Tersedak Saat Minum

Info penanya: wanita, 56 Tahun

Selamat sore pak dokter ...saya akhir akhir ini kalau minum air apapun selalu tersedak hingga batuk batuk sampai tenggorokan sakit dan suara seperti tersumbat jadi serak...berbshaya gak dok dan bagaimana mengatasinys...trimakasih sebelumnya atas sarannya.....

Penyebab Telinga Berdenging

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok, apakah telinga berdenging lebih dari 4jam normal? Apakah ada gejala penyakit tertentu?
Efektivitas Terapi Gurah untuk Atasi Sinusitis (Emily Frost/Shutterstock)
Info Sehat
Efektivitas Terapi Gurah untuk Atasi Sinusitis
Perlukah Periksa ke Dokter THT secara Rutin? (Alexander-Raths/Shutterstock)
Info Sehat
Perlukah Periksa ke Dokter THT secara Rutin?

nyeri telinga

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Saya mau tanya dok, Minyak kayu putih masuk ke hidung mama saya, lalu telinganya sakit katanya. Bagaimana cara mengatasinya dok? Terima kasih.

Telinga Sakit 1 Minggu Lebih

Info penanya: pria, 20 Tahun

Permisi dok telinga kiri saya berdenging sudah 1 minggu selain itu sejak 1 hari yg lalu kepala saya sakit sebelah kiri saja, kira" kenapa ya dok?

Pilek Terus Menerus, Rhinitis Alergi?

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Dokter, saya tiap hari bawaannya pilek terus, yang saya idap ini alergi atau ada diagnosa penyakit lain, mohon dijawab dok. terima kasih
Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Hamil (puhhha/Shutterstock)
Info Sehat
Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Hamil
Waspada 7 Bahaya Telinga Berdenging (Aleksandra-Voinova/Shutterstock)
Info Sehat
Waspada 7 Bahaya Telinga Berdenging

Penyakit Meniere

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Hello doc, saya berapa hari ini asyik pikir pasal penyakit saya ini. Bergini 6 March saya pergi ke pakar THT karna telinga sy seperti tersumbat disebelah kiri. Sy beritau doctor telinga sy terasa tersumbat angin dan setelah di check ditanya berapa soalan doctor bilang sy punya penyakit meniere dan disuruh mkn obat betahistine. Sejak sy mkn obat betahistine itu telinga sy ada kurangnya tapi masih terasa seperti tersumbat dan vertigo jgk ngak ada sehingga sekrg (sy pernah megalami vertigo sekali saja sebelum sy pergi jumpa doctor THT setelah itu ngak ada). Jadi sy jadi ragu2 benarkah sy punya penyakit meniere karna sy ngak ada symptoms lain kecuali telinga terasa tersumbat lalu sejak 2hari ini kepala sy sakit desebelah kiri bahagian belakang. Sakit seperti berdenyut gitu dan sakit nya bukan selalu hanya kadang-kala aja. Lalu sy perasan pinggang sebelah kiri sy sakit setiap kali bagun pagi. Sy kuatir pikirin penyakit apa sy ni doc. Buat masa skrg mau ke rumah sakit sy ngak bisa skrg karna ada masalah sedikit. Jadi sy mau nanya doc kira2 doctor tau ngak kenapa. Adakah ada kaitan dengan penyakit meniere?
Mengapa Telinga Terasa Mampet Saat Flu? (Sirtravelalot/Shutterstock)
Info Sehat
Mengapa Telinga Terasa Mampet Saat Flu?
Arti dari Warna dan Bentuk Kotoran Telinga Anda (fotohay/Shutterstock)
Info Sehat
Arti dari Warna dan Bentuk Kotoran Telinga Anda
Bisul di Cuping Telinga Bisa Picu Gangguan Pendengaran? (Simone van den Berg/Shutterstock)
Info Sehat
Bisul di Cuping Telinga Bisa Picu Gangguan Pendengaran?
9 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Kesehatan Telinga (Production Perig/Shutterstock)
Info Sehat
9 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Kesehatan Telinga

Mengobati Sinusitis

Info penanya: pria, 41 Tahun

Anak sy menderita sinus yg lumayan berat sbb sudah mempengaruhi mata kanannya buram gak bisa melihat jelas, sudah cek ke dokter THT dn cm dikasih obat serta terapi. Mmg pertama2 sih membaik tp setelah 3 bln kambuh lg dn sekarang dia mengeluh kl kepalanya sering sakit kyk mau pingsan disertai ke 2 matanya panas dlm beberapa detik kemudian pulih kembali, disini sy kuatirkan ttg kesehatan dia. Apa yg hrs sy lakukan ya dokter, anak sy berumur 18 thn dn posisi lg magang dibengkel mobil.. Atas jawabannya sy ucapkan terima kasih.

Hipertrofi Konka

Info penanya: pria, 24 Tahun

Hi dok, sekitar th 2015 saya pernah di diagnosa oleh dokter mengalami hipertrofi konka melalui hasil ronsen dan pemeriksaan lebih lanjut. saat itu opsi dari dokter tersebut adalah operasi pembuangan konka yang bengkak tersebut. namun pada saat itu pemeriksaan tidak saya lanjutkan karena masih mencari opsi lain selain operasi. setelah pemeriksaan pertama itu, saya pindah 2x ke dokter tht lain. yang 1 memberikan opsi untuk operasi amandel terlebih dahulu (karena ada riwayat amandel bengkak) dan yang 1 lagi (terkahir) tidak menganjurkan operasi tapi hanya terapi cuci hidung dengan air infusan secara rutin. sampai saat ini saya masih sering sekali flu dan sangat mengganggu karena telinga sampai berdengung, hidung tersumbat hebat dan kepala sakit. Kira-kira apa yang harus saya lakukan dok? apakah melakukan pemeriksaan ulang atau mengambil salah satu opsi dari 3 dokter tht yang saya sebutkan tadi? Terima kasih banyak.

Jerawat di Hidung

Info penanya: pria, 20 Tahun

Halo dok, saya ingin bertanya, sudah dua hari ini saya baru menyadari kalau saya mempunyai jerawat di dalam hidung. Dan jerawat tersebut tidak sengaja terpencet oleh saya, sehingga jerawat itu pecah dan mengeluarkan darah seperti jerawat pada umumnya. yang menjadi pertanyaan saya, apakah ketika kita memiliki jerawat di dalam hidung dan pada akhirnya jerawat itu pecah, itu berbahaya dok? apakah bisa sampai menyebabkan kematian? Terima Kasih Dok

Benjolan di Lubang Telinga

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok saya mau bertanya tapi ini tentang anak saya yg berumur 4 tahun di telinganya di sebelah kiri itu di dalam lipatan dalam yg pas di atas lubang telinga ada benjolan sebesar telur cicak kalau di tanya gak sakit bilangnya dok.. Apa yah dok saya sampai kepikiran gara2 benjolan itu warna.a klw di lihat agak putih dok

Batas Waktu Menggunakan Earphone

Info penanya: pria, 40 Tahun

Selamat Pagi, Saya ingin bertanya apakah menggunakan head phone, headset, handsfree atau ear phone untuk jangka waktu berjam-jam (lebih dari dua jam) dapat menyebabkan kerusakan pada pendengaran/selaput gendang? Berapa waktu yang idealkah kita menggunakan peralatan elektronik di telinga 1, 2, atau lebih dari 3 jam agar tidak terjadi kerusakan pada telinga/pendengaran kita?

Benda Asing Di Hindung

Info penanya: pria, 2 Tahun

Dokter, anak saya memasukkan permen chacha mini ke dalam hidungnya tetapi dia tidak merasa kesakitan dan waktu saya dan istri coba cek hidungnya dengan tissue ada pewarna permennya. Kami coba untuk mengeluarkan dengan sedot dan coba cara mother kiss tetapi tidak keluar. Saat sedang tidur saya cek dengan senter tidak kelihatan permennya dan nafasnya tidak terganggu. Pertanyaan saya apakah tidak apa-apa dengan hal tersebut dokter karena tidak ada gejala kesakitan pada anak saya? Dan apakah saya harus membawa anak saya ke rumah sakit? Yang terakhir apakah permen tersebut dapat kita lihat dengan senter jika menutup rongga hidungnya? Terima kasih dokter

Nyeri Menelan

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Siang dok, bgaimana cara mengatasi sakit saat menelan? di bagian dalam pipi juga ada luka yg dsebabkan sering kegigit kalo mengunyah makanan
5 Alasan Mengapa Anda Mengalami Mimisan (Lolostock/Shutterstock)
Info Sehat
5 Alasan Mengapa Anda Mengalami Mimisan

Telinga Terasa Penuh

Info penanya: pria, 21 Tahun

Selamat malam, dok.. saya mau tanya, kalau telinga terasa penuh sebelah (posisi tidur yang salah) apa boleh sengaja dimasukkan air supaya kembali normal? Sebelumnya, saya coba korek pakai cotton but.. Malah terasa makin penuh, dok. Sudah saya coba tutup hidung + tahan nafas, juga nelan air liur, tetapi tidak juga berhasil. Rencana ke dokter hari Senin (karena spesialis THT ada tanya Senin dan Rabbu), tetapi saya merasa kurang nyaman, dok. Jadi, apakah dengan memasukkan air lalu mengeluarkannya lagi adalah solusi yang tepat? Terima kasih banyak, dokter.

Keluhan Hidung Akibat Sinusitis?

Info penanya: pria, 19 Tahun

Siang dok , saya Denny dari medan mau bertanya kenapa hidung saya sering kaya menguap mengeluarkan gas , seperti kaya mimum minuman yang ada soda nya thanks & regards Denny

Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Hidung saya setiap pagi/terbangun malam hari di atas pukul 24:00 selalu bersin-bersin, siang pun kadang-kadang jika menghirup debu, serbuk makanan, dan udara dingin, kemudian setelah bersin selalu keluar lendir dan cairan bening, mata kiri saya juga gatal padahal tidak sedang sakit mata

Infeksi Tenggorokkan

Info penanya: wanita, 32 Tahun

Halo dok, saya sering merasakan sakit dibagian tenggorokan, sampai berpengaruh pada leher,seperti bengkak .Sebelumnya saya sudah pernah periksa, dokter mengatakan saya terkena infeksi tenggorokan, kira-kira apa obat yang tepat untuk mengatasinya?

Benjolan di Telinga

Info penanya: pria, 13 Tahun

Dok, saya ingin tanya...dibagian daun telinga kanan saya terdapat sebuah benjolan kecil namun tidak ada rasa sakit sama sekali jika disentuh dan saya juga sering buang air kecil. Apakah itu penyakit kista, dok?

Konka Hidung Bengkak

Info penanya: pria, 29 Tahun

Dok, saya mau tanya tentang kongka hidung. saya suka mimisan setelah d periksa 2x ternyata kongka hidung saya membengkak. bagaimana ya dok apakah harus operasi?

Benjolan di Telinga Luar

Info penanya: wanita, 30 Tahun

ditelinga dalam dekat lubang ada benjolan.klo dipegang keras. tidak berwarna dan tidak sakit. tapi gak hilang2. kira2 ini apa ya dokter.

Telinga Sakit saat Flu

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Saya ingin bertanya dok, saya sedang sakit kemarin badan saya pegal pegal dan kepala saya pusing saat berjalan dan berdiri dan pandangan saya juga hitam saat ingin berdiri tetapi setelah itu kembali normal. dan saya radang juga tenggorokan saya seperti sakit. Dan saya ingin bertanya saya tadi baru bersin dikamar mandi dok lalu saat bersin keluar darah dari bersinnya dok, dan darah dan bersinnya bersatu menjadi gumpalan ingus gitu dok dan tidak cair bersinnya, dan saat bersin kuping kiri saya sedikit ada gerakan apa karna saya bersinnga yang terlalu kencang dok? apa yang harus dilakukan ya dok? Terimakasih
6 Penyakit Ini Bisa Diketahui Lewat Suara Anda (Nomad_Soul/Shutterstock)
Info Sehat
6 Penyakit Ini Bisa Diketahui Lewat Suara Anda

Obat Telinga

Info penanya: pria, 38 Tahun

dok mau nanya nama obat telingga yang diteteskan melalui hidung, klau berkenan sekalian sama gambarnya... terima kasih dok

Amandel Sudah Dioperasi, Apakah Dapat Tumbuh Lagi?

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Akhir-akhir ini saya menderita sariawan di bibir dan lidah, sewaktu saya mengecek mulut saya, saya melihat bahwa amandel sblh kanan di tenggorokan saya sdkit membengkak dan terdapat beberapa benjolan kecil. Saya sdh menjlni operasi amandel saat usia 14 tahun. Apakah amandel saya bs tmbh lagi dokter dan apakah hal itu berbahaya? Karena selama beberapa hari ini sariawan sdh mulai hilang ttpi daerah bekas amandel msih membengkak. Terimakasih banyak dokter.

Penyebab Sulit Menelan

Info penanya: pria, 19 Tahun

Halo dok, saya mau tanya Tenggorokan saya ini untuk menelan agak susah, kadang saya demam, pusing. Tapi saya tidak merasa sakit apa apa di tenggorokan saya

Bunyi Telinga Berdenyut

Info penanya: pria, 17 Tahun

Telinga saya berdenyut dan saat berdenyut membuat saya sering migran, itu kenapa ya dok ?

Telinga Berdengung

Info penanya: pria, 32 Tahun

Selamat siang dokter, saya mau bertanya tentang telinga kanan saya, telinga kanan saya masih terasa tidak kedengaran/terasa berdengung padahal sudah di semprot sama dokter. Terima kasih

Tumbuh Daging di Dalam Hidung

Info penanya: pria, 24 Tahun

Hallo Selamat Siang dok, Didalam hidung saya ada seperti daging tumbuh sudah sebulan ini. Terkadang di sebelah kanan dan kadang pindah ke kiri. Saya merasakan hal itu setelah saya flu selama seminggu. Kemudian daging itu tumbuh sampai sekarang. Saya tidak merasakan sakit, cuma bagian hidung yang ada daging nya terasa sedikit tersumbat saat bernafas. Saya bekerja di kantor yang AC nya sangat dingin. apa mungkin itu karna AC? soalnya setiap saya dikantor kedua hidung nya bengkak dok. Terima kasih.

Benda Asing di Hidung

Info penanya: pria, 22 Tahun

Maaf menganggu Dok, saya mau tanya cara mengatasi hidung jika ada lintah masuk dan cara mengeluarkannya bagaimana dan bahaya kah?? Terimakasih

Rasa Mengganjal Di Tenggorokan

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Dokter, gimana ya supaya tenggorokan saya berhenti membengkak? Saya tidak begitu nyeri saat menelan, hanya terasa tidak nyaman dan terasa penuh ditenggorokan, seperti ada yg mengganjal dan menyebabkan ketika menelan ludah dan tiduran menjadi tersedak atau mau muntah,, saya tdk merasakan panas atau demam, hanya saja badan saya sering merasa kedinginan, dan hidung saya agak pilek, ingusnya agak pekat susah dikeluarkan,, sangat tidak nyaman rasanya karna kalo bicara dan menelan bawaannya mau muntah terus, padahal tidak mual, tapi tenggorokan saya, saya liat dicermin agak membengkak yg dibelakang uvula itu loh dokter sebelah kiri membengkak rasanya penuh banget tenggorokan saya, gimana cara menanganinya dan obat apa yg bisa membantu untuk meredakan atau meringankan ini? Karna saya mau naik pesawat beberapa hari lg, biasanya dipesawat dingin, kalo dingin, tenggorokan saya biasanya makin tdk enak aja rasanya..

Gatal Di Daun Telinga

Info penanya: pria, 20 Tahun

dok saya mau tanya.. daun telinga saya gatal,memerah lalu dia itu kayak mengelupas,sudah saya kasih krim tp gak kunjung reda. dok ada saran kah terima kasih

Telinga Berdengung

Info penanya: pria, 57 Tahun

Bagaimana cara mengatasi telinga (kanan dan kiri) yg berdengung secara terus menerus. Dulu saya merasakan ini hanya pada saat sembuh dari sakit. Terima kasih

Rhinitis Medikamentosa

Info penanya: pria, 22 Tahun

Selamat malam dok, mohon penjelasan ttgn penyakit rhinitis medicamentosa. Soalnya begini dok, 5 thn yg lalu saya pernah pakai obat nasonex (momentasone) setiap kali pilek.. Kayaknya saya overdosis dok, soalnya setiap hidung gk nyaman, langsung semprot. Dikit² semprot kalo hidung meler... Nah, terus saya coba periksa hidung dan dikatakan konka saya bengkak. Akibatnya hidung sering kesumbat, sulit bernafas, banyak pilek, dan Rutin kena flu setiap sebulan sekali.. 1. Benarkah diagnosis saya bahwa konka bengkak akibat rhinitis medicamentosa? 2. Apakah ada kemungkinan penyakit lain? 3. Perlu dioperasikah? Ada solusi selain operasi? Info tambahan: pilek warna kuning kental, kadang warna bening. Pilek terkadang masuk ke saluran makan. Tidur tidak berkualitas akibat hidung kesumbat dan sedikit sakit kepala. Terima kasih atas perhatiannya

Telinga Tersumbat dan Berdengung

Info penanya: pria, 20 Tahun

Dok kenapa kadang telinga bagian kiri saya terasa seperti ada yg menyumbat, tetapi kadang juga tidak. Klo udh rada tersumbat biasanya di kucek pake jari kadang rada ilang. Dan klo dipencet sekitaran daun telinga kadang ada sedikit rasa berdengung, itu kenapa ya dok? Terimakasih.

Telinga Berdengung

Info penanya: pria, 25 Tahun

DOK.SUDAH 6 BULAN LEBIH KUPING SEBELAH KIRI SAYA BERDENGUNG TERUS.CARA MENGATASI NYA BAGAIMANA

Penyebab Nyeri Telinga

Info penanya: pria, 16 Tahun

gini dok say sering ngerasain telinga saya ada yg gigit

Terasa Ada Yang Bergerak di Telinga

Info penanya: wanita, 18 Tahun

Say ingin bertanya dok. Telinga saya seperti ada yang bergerak dan bergeraknya sangat halus sekali. Tetapi pada saat saypergi ke dokter THT katanya telinga saya bersih dan tidak ad serangga apapun. Jadi itu bagaimana dok

Uvula Membengkak

Info penanya: wanita, 26 Tahun

Dokter.. saya sering kurang istirahat beberapa hari karna saya sedang bisnis jual beli motor, jadi pas orang lain pada tidur terutama anak saya, maka saya pun memulai pekerjaan2 saya melalui hape atau internet.. tadi malam saya tidak tidur sampai jam 2 malem, kemudian tiba2 saya merasakan tidak nyaman ditenggorokan saya seperti terasa penuh dan sulit menelan liur, kemudian puncaknya pas mau sahur terasa makin tidak enak bawaannya mau muntah padahal perut tidak mual tapi ditenggorokan saya sangat tidak nyaman, sampai saking capenya saya tadi subuh ketiduran dan baru terbangun jam 8 pagi, ketika bangun saya masih merasakan sakit yg saya rasa tadi subuh, sewaktu saya bercermin saya buka mulut saya.. ternyata uvula saya agak besar dan seperti membengkak, kira2 saya sakit apa ya dokter? Bagaimana penanganan dan penyembuhannya serta bagaimana pencegahannya juga? Jujur ini sangat tidak nyaman selama berpuasa bawaannya mau muntah
Tinitus, Ketika Telinga Berdenging (Blackday/Shutterstock)
Info Sehat
Tinitus, Ketika Telinga Berdenging
Pentingnya Cuci Hidung Setiap Hari
Info Sehat
Pentingnya Cuci Hidung Setiap Hari
Kiat Menggunakan Earphone agar Aman untuk Telinga
Info Sehat
Kiat Menggunakan Earphone agar Aman untuk Telinga
Mengenal Barotrauma, Gangguan Telinga yang Menyerang Para Penyelam
Info Sehat
Mengenal Barotrauma, Gangguan Telinga yang Menyerang Para Penyelam
Kiat Tepat Menjaga Kebersihan Telinga Anak
Info Sehat
Kiat Tepat Menjaga Kebersihan Telinga Anak
Mengungkap Bahaya di Balik Terapi Ear Candle
Info Sehat
Mengungkap Bahaya di Balik Terapi Ear Candle
Kiat Agar Anak Mau Menggunakan Alat Bantu Dengar (Andrey Popov/Shutterstock)
Info Sehat
Kiat Agar Anak Mau Menggunakan Alat Bantu Dengar
Antara Implan Koklea dan Alat Bantu Dengar, Mana Lebih Baik? (Aerogondo2/Shutterstock)
Info Sehat
Antara Implan Koklea dan Alat Bantu Dengar, Mana Lebih Baik?
Kiat Memilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai (Kzenon/Shutterstock)
Info Sehat
Kiat Memilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai
Cedera Pita Suara, Mimpi Buruk Sang Penyanyi (Lapina/Shutterstock)
Info Sehat
Cedera Pita Suara, Mimpi Buruk Sang Penyanyi
Pentingnya Skrining Pendengaran pada Bayi Baru Lahir (Photographee Eu/Shutterstock)
Info Sehat
Pentingnya Skrining Pendengaran pada Bayi Baru Lahir