Kista Atheroma atau Bisul Biasa?

Halo dok, Saya mau tanya. Di leher saya bagian depan bawah dekat tulang selangka ada benjolan. Sebenarnya sudah muncul sejak bertahun-tahun yang lalu. Awalnya cuma kecil saja sebesar kacang hijau dan tidak sakit. Saya pikir hanya tahi lalat saja karena ada titik hitam kecil di tengahnya. Kemudian, dua-tiga minggu belakangan ini, benjolan itu membesar dan agak sakit kalau diraba. Sekarang besarnya mungkin sekitar diameter 1 cm dan agak merah. Saya sudah tanya ke dokter umum serta dikatakan kalau benjolan ini kista atheroma dan harus dibedah. Saya belum sempat bedah karena belum ketemu jadwalnya dengan dokter bedah yang dirujuk. Terakhir, benjolan itu semakin merah dan memutih di tengahnya. Beberapa teman jadi mencurigainya sebagai bisul biasa saja. Apakah ini memang kista atheroma dan harus dibedah? Apakah kalau sudah dibedah tidak akan kambuh lagi? Mohon dijawab ya, dok. Terima kasih.

Lihat Selengkapnya
wanita, 26 Tahun07 Nov 2014, 01:33 WIB

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kista atheroma merupakan salah satu jenis kista di kulit dimana kista tersebut memiliki kapsul (dinding) dan berisikan cairan kental yang terdiri atas keratin (protein berserat didalam sel kulit) atau sebum (minyak). Terjadinya kista atheroma disebabkan karena adanya sumbatan pada muara kelenjar keringat yang disebabkan oleh infeksi, trauma (luka/benturan), ataupun jerawat.

Kista Atheroma biasanya memiliki sebuah lekukan atau bercak gelap ditengah-tengahnya yang merupakan muara dari kelenjar yang tersumbat. Meski tidak berbahaya, setiap benjolan pada kulit yang baru tumbuh atau merupakan perubahan pada tubuh, sebaiknya diperiksa oleh ahli dermatologi untuk mencegah terjadinya kanker.

Kista ini banyak ditemukan pada bagian tubuh yang banyak mengandung kelenjar keringat, misalnya wajah, kepala, dada, dan punggung. Bentuknya bulat, berbatas tegas, berdinding tipis, dapat digerakkan, dan melekat pada kulit diatasnya. Kista ini berisi cairan kental berwarna putih abu-abu, kadang disertai bau asam. Jika terjadi peradangan, kista akan memerah dan nyeri.

Tips mencegah kista terinfeksi:

  • Jangan memencet, menggaruk, atau menusuk benjolan
  • Jaga area benjolan agar tetap bersih dengan mencuci kulit sekitar menggunakan sabun antibakteri
  • Kompres benjolan dengan kain/handuk yang dicelupkan ke air hangat selama 20 - 30 menit, lakukan 3 – 4 kali sehari
  • Hindari paparan sinar matahari dan penggunaan kosmetik bebas minyak yang berlebihan

Bedanya dengan bisul, dalam istilah kedokteran furunkel, merupakan pembengkakan kulit menyakitkan yang disebabkan oleh infeksi kulit mendalam oleh bakteri. Bisul dimulai sebagai bengkak merah yang lembut dan kemudian mungkin berisi cairan nanah. Sehingga dapat terlihat perbedaan dari kista atheroma dan bisul dimana pada awal munculnya kista atheroma yang tidak terinfeksi tidak menunjukkan tanda peradangan seperti merah, nyeri, dan berisi nanah.

Penatalaksanaan kista atheroma dilakukan dengan mengambil benjolan dengan menyertakan kulit dan isinya, tujuannya untuk mengangkat seluruh isi kista hingga ke dindingnya secara utuh. Bila dinding kista tertinggal saat di eksisi, kista dapat kambuh. Oleh karena itu harus dipastikan seluruh dinding kista telah terangkat. Namun kebutuhan pembedahan ini tergantung dari lokasi dan derajat penyakit. Apabila kista tidak mengganggu kosmetik dan fungsi sehari-hari maka tidak masalah bila tidak di eksisi, namun bila kista terinfeksi sebaiknya kista dibuang.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk