Kepala Terasa Kencang dan Leher Pegal

Info Penanya, pria 31 Tahun

dok, saya mau tanya, sudah semingguan ini, kulit kepala saya suka terasa kencang, mulai dari dahi sampai keatas, kadang leher juga terasa pegal, kepala tidak terasa pusing atau sakit, hanya terasa kencang tadi. pandangan juga suka kadang gak fokus seperti kalau lagi demam..saya sudah periksa, diagnosa dokter katanya saya kena gejala vertigo, sudah minum obat, tapi masih suka terasa kencang. saya tidak batuk atau pilek parah, kalau malam suka keringatan kalau kondisi gerah sedikit. kira2 dari gambaran ini diagnosa dokter apa ya? terima kasih, regards.

18 Mar 2016, 15:35 WIB
dr. Widi Asrining Puri
dijawab oleh: dr. Widi Asrining Puri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Widi Asrining Puri.

Kepala Terasa Kencang dan Leher Pegal

Dari informasi yang Anda berikan, keluhan Anda berupa: kepala terasa kencang dan leher terasa pegal

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian

  • Gangguan tidur

  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja

  • Waktu makan yang tidak teratur

  • Kelelahan mata

  • Penghentian konsumsi kafein

  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

18 Mar 2016, 15:35 WIB