Keputihan, Kista, dan Masa Subur

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Dokter saya mau tanya saya menikah dari januari 2013 tp blm d karuniai anak, saya ada keluhan keputihan dan kista skitar 3cm setelah di usg lalu dokter menyarankan sy promil tp stlh hrsx sy masa subur mgp sy test pack urine sy negatif masa suburnya apa sy yg keliru naruh alat atau bgaimana? Padahal saya sudah bangun tidur tesnya. Lalu bagaimana dengan kista saya, apa bisa punya baby?

23 Mar 2016, 15:42 WIB
dr. Widi Asrining Puri
dijawab oleh: dr. Widi Asrining Puri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Widi Asrining Puri.

Keputihan, Kista, dan Masa Subur

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu Anda ketahui bahwa keputihan bisa saja merupakan bagian normal dari gejala wanita, jika demikian bagaimana keputihan yang tidak normal? Izinkan kami menjelaskan secara lengkap tentang  keputihan.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Bagaimanakah dengan keputihan Anda?

Jika keputihan Anda alami termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam yang dapat mengganggu fungsi organ reproduksi dan sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu.

Mengenai kista yang berukuran 3 cm, sebelumnya perlu diketahui dimana letak kista, jenis kista dan apakah ukurannya menetap atau makin membesar? bagaimana siklus haid Anda, apakah teratur atau tidak?

Beberapa jenis kista ovarium memang dapat mengganggu kesuburan, namun tidak selalu terjadi dan sebagian besar jenis kista ovarium tidak menyebabkan gangguan kesuburan (masih bisa hamil). Terdapat beberapa jenis kista ovarium:

Kista ovarium yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan adalah:

  • Endometriosis

  • PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Kista ovarium yang tidak menyebabkan gangguan kesuburan:

  • Kista fungsional

  • Kistadenoma

  • Kista dermoid

Perlu dipastikan jenis kista Anda, jika PCOS maka dapat menyebabkan gangguan menstruasi. PCOS adalah merupakan gangguan pada wanita akibat ketidakseimbangan hormonal. PCOS menyebabkan hiperandrogenisme pada wanita yang mengakibatkan terjadinya terganggunya siklus menstruasi. Terjadi pada 1 dari 15 wanita dan umumnya pada usia reproduktif. PCOS dapat menjadi penyebab mentruasi iregular, selain gangguan menstruasi PCOS memiliki gejala lain seperti jerawat,  rambut rontok (androgenik alopesia), gangguan kesuburan, diabetes melitus (10%), rambut-rambut halus tumbuh di wajah dan badan, dan obesitas (50%).

Perlu Anda ketahui, test pack merupakan alat yang digunakan untuk deteksi dini kehamilan dengan cara mendeteksi adanya hormon kehamilanhormon (B-hCG) dalam urin. Jadi test pack bukan digunakan untuk mengetahui masa subur Anda, hasil yang negatif bukan menunjukkan Anda sedang tidak dalam masa subur, melainkan tidak terdeteksinya hormon B-hCG yang umumnya terdapat pada kehamilan.

Untuk mendapatkan keturunan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. 

Kami sertakan beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda :

Lima Keajaiban Asam Folat

Merencanakan Kehamilan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

23 Mar 2016, 15:42 WIB