Tes Kejiwaan

Info Penanya, pria 18 Tahun

Selamat pagi dok, saya ingin bertanya bagaimana bentuk atau contoh soal dari tes kejiwaan? berikan contoh soal tes kejiwaan nya ya dok? Terima kasih.

10 Feb 2016, 10:37 WIB
dr. Widi Asrining Puri
dijawab oleh: dr. Widi Asrining Puri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa. Tujuan Tes Psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemaampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis. Aplikasi Tes Psikologi dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan klinis, perkembangan anak, atau kustomisasi design dan modul dalam pelatihan / training.

Para ahli dan pakar psikologi membuat psikotes adalah salah satu tujuannya untuk menggambarkan kepribadian dari seseorang. Hal ini dikaitkan ketika seseorang mencari pekerjaan, maka diadakanlah test psikotes yang bisa dijadikan salah satu tolak ukur untuk menilai kemampuan tertentu dalam sebuah pekerjaan seperti ketelitian, kreativitas dan sejenisnya. Seperti dikemukakan di atas bahwa modul ujian psikotes ini dirancang menyesuaikan penyeleksi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seseorang yang diuji melalui psikotes.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan. 

Salam,

10 Feb 2016, 10:37 WIB