Nyeri Kepala Bila Melihat Cahaya Langsung

Info Penanya, pria 44 Tahun

1) anak saya sering pusing kalau matanya kena cahaya langsung 2) anak saya kalau langsung bangun dari tidur, secara mendadak juga sering pusing 3) anak saya waktu kecil umur 10 tahun pernah jatuh kebelakang sampai pingsan

09 Mar 2015, 21:54 WIB
dr. Widi Asrining Puri
dijawab oleh: dr. Widi Asrining Puri

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Sejak kapan anak Anda mengalami keluhan tersebut? Apakah sakit kepala dirasakan semakin memberat? Apakah ada gangguan penglihatan, kelemahan sisi tubuh, kesemutan? Apakah ada keluhan lain seperti demam, muntah, pingsan? Berdasarkan informasi Anda kemungkinan anak Anda mengalami migrain namun perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikannya.

Penyebab migrain sampai saat ini belum diketahui secara pasti, sebagian besar meyakini berhubungan dengan faktor lingkungan dan genetik. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya), adanya scintillating scotoma (sebuah area peralihan parsial dalam lapang pandang yang berkelip-kelip/bergerak-gerak seperti yang Anda rasakan saat ini atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kakii). Apabila gejala tersebut ada beberapa saat muncui sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura. Migrain yang disertai munculnya aura dinamakan migrain klasik.

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju,red wine)

  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko

  3. Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)

  4. Makanan yang difermentasi

  5. Alkohol (red wine)

  6. Caffeinated (softdrink, teh, kopi)

Kami menyarankan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis saraf untuk memastikan diagnosis anak Anda. Bila diagnosis sudah pasti, maka dapat ditentukan apakah berbahaya atau tidak.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

Migraine Sering Kambuh, Bagaimana Solusinya?

Hubungan Migraine dengan Tidur

5 Cara Alami Melawan Migraine

Rasa pusing atau pandangan gelap setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan syaraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

09 Mar 2015, 21:54 WIB