Belum Menstruasi di Usia Remaja

Info Penanya, wanita 14 Tahun

Ass dok,saya voni(14) ingin bertanya,kenapa sampai saat ini saya belum mens?padahal saya sudah mengalami tandatanda seperti pinggul membesar, tumbuh payudara,tumbuh bulu di alat vital.Tolong bantuannya dok.trims.Ass wr wb.

02 Feb 2015, 12:14 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kondisi tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita disebut dengan amenorea. Hal tersebut normal apabila terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause. Siklus menstruasi normal meliputi interaksi antara komplek hipotalamus-hipofisis-aksis indung telur serta organ reproduksi yang sehat. Amenorea sendiri terbagi dua, yaitu:

1. Amenorea primer

Amenorea primer adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada wanita usia 16 tahun. Amenorea primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi. Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:

  • Pubertas terlambat
  • Kegagalan dari fungsi indung telur
  • Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina) 
  • Gangguan pada susunan saraf pusat
  • Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah menstruasi dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

2. Amenorea sekunder

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea ), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar antara 1 – 5%

Merujuk pada usia Anda (14 tahun), anda belum perlu khawatir. Anda sudah memiliki tanda-tanda pubertas seperti pertumbuhan payudara, pertumbuhan rambut pubis. Namun apabila setelah mencapai usia 16 tahun Anda belum juga mendapatkan menstruasi, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan untuk penelusuran lebih lanjut penyebab amenorea tersebut. Sementara Anda dapat menjaga kesehatan dengan asupan nutrisi yang baik (perbanyak sayuran, buah-buahan, dan kurangi junk food), melakukan olahraga sesuai usia Anda, dan istirahat cukup.

Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter
02 Feb 2015, 12:14 WIB