Usia Menstruasi Pertama

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Kalau umur 8-12tahun sudah mengalami mens, apa itu normal dan apa sebabnya?

11 Feb 2015, 13:31 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi-fungsi seksual. Masa pubertas saat ini sudah dimulai pada usia 8-12 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Pada masa pubertas, pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat.

Munculnya tanda pubertas yang lebih dini (di bawah usia 8 tahun) dalam dunia medis disebut dengan pubertas prekoks. Tanda pubertas awal pada wanita biasanya dimulai dengan munculnya pembesaran payudara dan pertumbuhan rambut ketiak dan rambut kemaluan. Setelah tanda awal pubertas muncul maka biasanya dalam 2-3 tahun kemudian dapat muncul haid yang pertama kali. 

Pada saat seorang anak memasuki masa pubertas, ditandai dengan menstruasi pertama (menarche) pada remaja putri dan mimpi basah pada remaja putra. Pubertas menjadikan seorang anak mampu untuk bereproduksi. Pada masa pubertas, terdapat pengaruh hormonal yang mempengaruhi proses ini, yaitu hormon FSH dan LH, ditambah dengan hormon estrogen dan progesteron pada anak perempuan. Pubertas prekoks sendiri dapat tidak berbahaya jika dalam pemeriksaan memang tidak ditemukan adanya penyebab kelainan medis. Namun perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah pubertas prekoks tersebut disebabkan oleh karena kelainan pada sistem saraf dan hormon.

Bentuk fisik keduanya akan berubah, pada wanita akan ditandai dengan perubahan bentuk payudara dan pertumbuhan rambut pubis dan ketiak, sedangkan pada laki-laki akan memperlihatkan perubahan pada suara (manjadi berat), otot, dan lainnya yang berhubungan dengan hormon testosteron untuk perkembangan seksual sekunder.

Nutrisi dan lingkungan juga berperan di dalam mempercepat terjadinya pubertas pada anak-anak. Anda dapat melihat perkembangan pubertas pada wanita normal digambarkan melalui Stadium Tanner berikut:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

11 Feb 2015, 13:31 WIB