Pemberian Obat Hormon Untuk Keluhan Haid Tidak Teratur

Malam dok, tadi saya ke dokter untuk konsultasi haid saya yang belum tiba dari januari. Kemudian saya diberi resep primolut, karena saya belum tebus resep akhirnya saya coba googling kegunaannya. Yang saya tanyakan, apa fungsi sebenarnya dari primolut dok? Karena banyak artikel yang bilang kalau itu obat agar haid tidak keluar (padahal saya ingin segera haid), tapi ada juga yang bilang itu obat peluruh haid. Kemudian bagaimana dosis obat ini untuk meluruhkan haid dok? mohon penjelasannya dok, terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun12 Feb 2015, 01:39 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Obat yang Anda sebutkan adalah obat yang mengandung hormon progesteron. Penggunaan obat hormon ini memang dapat dipandang dari dua sisi. Disatu sisi hormon progesteron ini dapat menjadi kontrasepsi (mencegah terjadinya kehamilan), dan disisi lain hormon ini dapat menjadi obat untuk menangani keluhan haid tidak teratur. Lalu bagaimana membedakannya? Adapun untuk membedakan manfaat hormon progesteron ini adalah berdasarkan DOSIS yang dikonsumsi.

Hormon progesteron dalam pil dengan merek dagang yang Anda sebutkan terdapat dalam dosis yang besar dan diperuntukkan bagi yang tidak mengalami haid (amenorea primer dan sekunder) yang dicurigai akibat ketidakseimbangan hormon. Sedangkan hormon progesteron yang bertindak sebagai kontrasepsi biasanya dipasarkan dalam nama 'mini pil' dan berisi progesteron yang lebih sedikit. Obat yang Anda dapatkan itu tidak dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bercak Darah Setelah Haid

Dijawab oleh:dr. Citra Roseno

Menyikapi Nyeri Haid

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Menyikapi Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Menyikapi Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Nyeri Perut Hebat Saat Haid

Dijawab oleh:dr. Citra Roseno

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk