Haid Memanjang dengan KB Spiral

apakah ada pengaruh pemakaian iud dg lamanya waktu menstruasi?untuk kali ini masa mens saya sudah 11 hari,biasanya cm 7 hr.thanks

Lihat Selengkapnya
wanita, 28 Tahun13 Feb 2015, 09:49 WIB

dr. Karin Wiradarma

Dijawab oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, dan peningkatan jumlah darah menstruasi.  Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Umumnya menstruasi yang memanjang dan lebih banyak masih wajar jika Anda memakai spiral. Namun jika haid semakin memanjang dan semakin banyak, ada baiknya Anda berkonsultasi kembali kepada dokter Anda untuk mengevaluasi keluhan haid Anda. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai pilihan KB lain bila diperlukan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pemberian Obat Hormon Untuk Keluhan Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Atika

Bercak Darah Setelah Haid

Dijawab oleh:dr. Citra Roseno

Menyikapi Nyeri Haid

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Menyikapi Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Menyikapi Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk