Siklus Haid yang Normal

Mo tanya dok.. siklus haid sy 23 hari, apa masih di anggap normal? Jika berhubungan setiap hari, sulitkah mendapat anak? apalagi usia sy sdh tidak muda lagi.. makasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 40 Tahun13 Feb 2015, 03:51 WIB

dr. Karin Wiradarma

Dijawab oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Siklus haid umumnya dihitung dengan menghitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Karena siklus haid Anda adalah 23 hari, maka masih termasuk dalam batas normal.

Jika siklus haid terjadi di luar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

  1. Stress dan depresi
  2. Nutrisi yang kurang
  3. Penurunan berat badan berlebihan
  4. Olahraga berlebihan
  5. Obesitas
  6. Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  7. Gangguan indung telur
  8. Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  9. Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  10. Hamil

Para dokter merekomendasikan usia optimal perempuan untuk memiliki anak di antara 20 dan 35. Hamil pada rentang usia ini akan menurunkan risiko ketidaksuburan dan mengurangi risiko yang akan dihadapi oleh ibu melahirkan di usia tua serta risiko yang mungkin dihadapi bayi mereka. Ibu yang melahirkan di usia yang lebih tua harus berhati-hati dengan risiko seperti diabetes dan preeklamsia. Bayi mereka pun memiliki risiko lebih besar terkena sindrom Down.

Berhubungan seksual setiap hari pada dasarnya tidak mempersulit Anda untuk memiliki anak, namun ada baiknya jika Anda terutama melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur.Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Menstruasi Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Penyebab Terlambat Haid

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Haid Memanjang dengan KB Spiral

Dijawab oleh:dr. Karin Wiradarma

Pemberian Obat Hormon Untuk Keluhan Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Atika

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk