Uban dan Ketombe

Dok. Sya masih 21thn tapi ko' ad uban nya ya dok... Gimna biar rambut saya hitam dan sehat... Karna klo pake minyak rambut passti ketombean..dan saya punya ketombe gak ilang2 walaupun pake shampo anti ketombe tiap hari

Lihat Selengkapnya
pria, 21 Tahun06 Mar 2015, 01:58 WIB

dr. Melyarna Putri

Dijawab oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Dari gejala yang Anda sebutkan apabila sisik putih terasa berminyak dan kekuningan kemungkinan disebabkan oleh dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit atau peradangan (inflamasi) di mana telah terbukti adanya peran kolonisasi Pityrosporum Ovale yang merupakan organisme normal pada kulit yang terkena. Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit yang berlangsung kronik dan kambuhan. Dermatitis seboroik ditandai dengan kemerahan, gatal, dan kulit bersisik, paling sering mengenai kulit kepala (ketombe), tetapi juga dapat mengenai kulit pada bagian tubuh lainnya seperti wajah, dada, lipatan lutut, lengan dan lipat paha. Sisik pada dermatitis seboroik terasa seperti berminyak dan berwarna kekuningan. Dermatitis seboroik memang tidak dapat disembuhkan sempurna namun dapat dikontrol.

Menjaga kebersihan memegang peranan penting di dalam mengontrol dermatitis seboroik. Membersihkan kepala secara teratur akan mengurangi tumpukan minyak di kepala. Aktivitas di luar rumah yang dapat memicu peningkatan produksi kelenjar keringat dan kelenjar minyak sebaiknya dihindari.


Pada dermatitis seboroik umumnya akan digunakan sampo yang berisi sulfur presipitatum atau ketokonazol dan turunannya. Menurut  American Academy of Dermatology, dermatitis seboroik pada anak-anak (cradle cap) ditangani dengan sampo atau lotion yang mengandung kortikosteroid lemah atau antijamur seperti ketokonazol. Orang dewasa membutuhkan preparat kortikosteroid yang lebih kuat. Selain itu, sampo yang mengandung tar, zinc pyrithione, selenium sulfida, ketoconazol, dan atau asam salisilat juga direkomendasikan.

Namun preparat yang mengandung kortikosteroid dapat memiliki efek samping. Krim/sampo/gel/lotion yang mengandung kortikosteroid sebaiknya dipakai menurut petunjuk dokter. Pada kasus kambuh yang tidak dapat ditangani dengan antijamur dan kortikosteroid, agen supresi seboroik seperti isotretinoin dapat digunakan untuk mengurangi aktivitas kelenjar sebasea.

Untuk itu Anda dapat menggunakan pengobatan dengan sampo selenium sulfid setiap keremas. Keramas dilakukan seminggu 2-3 x dikeramasi 5-15 menit. Krim ketokonazol 2% dapat digunakan sebagai obat oles. Apabila terjadi peradangan berat dapat menggunakan krim betametason valerat. Namun penggunaan paling lama krim betametason adalah 2 minggu, jangan lebih karena ditakutkan efek samping obat. Penggunaan obat harus dengan pengawasan dokter. Untuk tatalaksana lebih lanjut Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit kelamin.

Uban atau rambut putih pada kulit berwarna atau rambut abu-abu pada kulit putih memang menimbulkan masalah estetika di segala usia. Uban pada usia lanjut dianggap memang sudah seharusnya terjadi. Namun, terkadang pada usia dewasa muda uban juga ditemukan.

Uban atau poliosis atau kanitis adalah perubahan warna rambut menjadi putih. Hal ini disebabkan berkurang atau menghilangnya pigmen melamin di dalam korteks rambut. Secara umum terdapat dua bentuk kanitis, yaitu :

  1. Kanitis bawaan yaitu kanitis yang timbul sejak lahir, biasanya hanya mengenai seikat rambut saja namun juga dapat seluruh rambut. Sering menyertai penderita albino dan vitiligo
  2. Kanitis didapat, dapat dibedakan atas :
  1. Kanitis senilis : berubahnya warna rambut menjadi putih karena usia lanjut, proses pembentukan melanin menurun sejalan dengan penambahan usia
  2. Kanitis prematur : berubahnya warna rambut menjadi putih dimulai pada usia muda, biasanya merupakan penyakit bawaan
  3. Kanitis areata : perubahan rambut menjadi uban pada satu daerah saja

Penyebab dari kanitis prematur dapat dicetuskan oleh beberapa hal, antara lain :

  • Kelainan bawaan
  • Obat : analog prostaglandin, klorokuin, siklosporin
  • Endokrin : hipotiroid, hipertiroid, hipogonad, dan hipopituitari
  • Idiopatik : tidak ditemukan sebab khusus

Menangani keluhan uban pada usia muda memang tidak mudah,apalagi kalau sebabnya tidak diketahui atau keturunan, namun terdapat beberapa cara untuk memperbaiki kondisi ini, hal yang dapat dilakukan adalah :

  1. Menyingkirkan penyebab, hindari penggunaan antibiotik yang tidak tepat
  2. Hidup sehat, cukupi kebutuhan vitamin, zat besi, zink, protein, dan kalsium pantotenat
  3. Mewarnai  rambut dapat menolong dalam segi estetika
  4. Pendekatan bedah : tandur kulit epidermis dapat membantu repigmentasi uban

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Rambut Beruban

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Uban di Usia Muda

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Penanganan Rambut Beruban

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Uban, Dibiarkan atau Dicabut?

Dijawab oleh:dr. Suci Dwi Putri

Uban Di Usia Muda

Dijawab oleh:dr. Mega Putri

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk