Batuk, Sesak, dan Nyeri Dada Kanan Bawah

Info Penanya, pria 26 Tahun

Selamat siang Dok, Saya ingin menanyakan tentang batuk yang disertai sesak nafas dan nyeri di bagian dada kanan bawah di dekat ketiak, saya batuk sudah hampir 3 minggu jalan 4 minggu, ketika saya batuk saya selalu sesak nafas hebat seperti orang yg tidak mendapatkan oksigen, batuk saya mengeluarkan lendir bukan nya dahak, dan saya tidak pernah mengalami penurunan berat badan atau sampai demam dok, saya sudah ke RS dan mendapatkan 4 obat yaitu Zidalev 500mg, Otto Ulceranin 150 mg, Kericin 4mg dan Transbroncho. apakah batuk ini di karenakan saluran pernafasn saya atau sesuatu yang lain ya dok?...saya perokok...mohon masukanya ya dok. terima kasih sebelumnya

14 Apr 2016, 07:36 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah diagnosis dokter yang memeriksa Anda sebelumnya? Pernakah Anda menjalani pemeriksaan rontgen dada dan spirometri? Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari pernapasan, atau sebagai respon adanya iritasi pada saluran napas. Selain karena merokok, batuk lama dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

  1. Alergi 
    • dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  2. Asma
  3. Infeksi
    • Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi micoplasma, infeksi sinus
    • Bronkitis, yaitu radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru
  4. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  5. GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)
    • penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung
  6. Penggunaan obat tertentu 
    • obat golongan ACE inhibitor 

Terapi antibiotik (zidalev (levofloxacin)) diberikan untuk mengatasi infeksi bakteri. Salah satu penyebab yang mungkin adalah bronkitis, yakni terjadinya peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama/bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. 

Bila keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan, maka dikatakan bronkitis kronik. Merokok adalah penyebab utama dari bronkitis kronik. Ketika rokok dihisap menuju paru-paru, maka akan mengiritasi jalan napas dan kemudian memproduksi lendir. Selain merokok, mereka yang seringkali terpapar dengan uap bahan kimiawi, debu atau lainnya, juga dapat terkena bronkitis kronik. Bagaimana dengan lingkungan Anda?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pernapasan dan mengurangi batuk? Jika Anda merokok, yang terpenting adalah berhenti. Bahan-bahan lain yang dapat mengiritasi jalan napas seperti hairspray, deodoran semprot, dan cat semprot harus dihindari. Selain itu, hindari menghirup udara di lokasi yang berdebu atau mengandung uap kimiawi. 

Antibiotik hanya diberikan jika terbukti terdapat infeksi pada paru yang terjadi secara bersamaan dengan bronkitis kronik. Jika terdapat infeksi, maka batuk akan lebih berdahak dan disertai dengan lendir yang berwarna kekuningan atau kehijauan, demam dan sesak napas yang semakin berat. 

Apabila dengan berhenti merokok dan dengan terapi saat ini keluhan Anda tidak membaik, kami sarankan Anda kembali memeriksakan diri ke dokter yang menangani Anda untuk evaluasi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Apr 2016, 07:36 WIB