Kulup Kering dan Bersisik

Info Penanya, wanita 0 Tahun

Saya mau tanya dok, saya keturuna eonisofil tinggi.. kulit saya kering. saya mau tanya kulup kering dan bersisik ? apa ya itu? dan penyebabnya?

14 Apr 2016, 06:26 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Banyak penyebab dari keluhan yang Anda sampaikan. Apakah ada lesi kemerahan pada kulit? apakah terdapat rasa gatal? apakah terdapat nyeri saat berusaha membuka kulup (kepala penis)? apakah terdapat gangguan berkemih? Masalah pada kulup penis dapat disebabkan oleh iritasi kronik, infeksi jamur, maupun kurangnya higienitas. 

Balanitis merupakan peradangan pada daerah glans penis (kepala penis). Balanitis sering ditemukan pada laki-laki yang belum disunat akibat hygiene yang buruk atau akibat iritasi oleh smegma. Penyebab balanitis yang tersering adalah infeksi jamur. Disamping akibat jamur, balanitis dapat juga disebabkan oleh higien yang kurang baik seperti iritasi oleh urin, iritasi atau alergi bahan kimia seperti sabun, infeksi bakteri, infeksi menular seksual, hingga penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan lichen planus.

Eosinofil tinggi dapat menunjukkan adanya alergi, eksim, penyakit autoimun, infeksi parasit, jamur. Apakah selama ini Anda memiliki riwayat alergi? Diagnosis alergi tentu tidak dapat berdasarkan hasil lab saja, perlu ditelusuri adakah gejala alergi terhadap zat/alergen tertentu. Begitu pula untuk diagnosis kulit lainnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter, untuk itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar Anda mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Apabila terbukti adanya infeksi, Anda akan mendapatkan terapi sesuai kuman penyebab. Pemilihan jenis antibiotik perlu disesuaikan dengan jenis kuman penyebab, begitu pula dengan terapi anti jamur atau terapi kondisi kulit lainnya. Oleh karenanya diperlukan pemeriksaan fisik diagnostik oleh dokter.

Disamping memberikan obat-obatan untuk menghilangkan penyebab, untuk menangani balanitis perlu juga dilakukan irigasi untuk membersihkan smegma dari lapisan bawah kulit preputium. Untuk terapi, biasanya dianjurkan untuk dilakukan sirkumsisi (sunat) pada penderita balanitis untuk mencegah berulangnya infeksi tersebut.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Apr 2016, 06:26 WIB