Gejala PCOS dan Haid Terlambat

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Dokter, saya mau nanya apakah setiap wanita yang memiliki bulu kaki lebat dan memiliki bulu/rambut di perut sudah dipastikan menderita PCOS? kemudian beberapa kali saya telat haid 2 minggu namun bukan hamil itu apa saja penyebabnya dan solusinya?

14 Apr 2016, 20:38 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovariumnya (indung telur). PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita. 

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen) seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutism), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya. Pada ovariumnya terlihat pembesaran ovarium polikistik (tampak banyak kista yang mengelilingi)

Di samping mengalami peningkatan kadar hormon pria, PCOS juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh) akibatnya penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan dalam pengaturan metabolisme lemak (lipid) dan  pengaturan kadar gula darah (kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita gula darah), sehingga mereka menjadi obesitas.

PCOS mepengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal. Selain dari gejala yang disebutkan di atas, dibutuhkan pemeriksaan fisik; pemeriksaan laboratorium hormon, glukosa darah, kolesterol; dan pemeriksaan ultrasonografi untuk mengetahui diagnosis PCOS.

Mengenai haid yang terlambat, siklus haid seseorang memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Selain penyebab di atas, gangguan siklus menstruasi umumnya juga terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat terjadi pada beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet atau aktivitas fisik berat
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

Untuk memastikan diagnosis Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga diperoleh penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Apr 2016, 20:38 WIB