Keluhan Lemas, Nyeri Perut, dan Duduk Terlalu Lama

Info Penanya, wanita 20 Tahun

dok. saya bekerja di kantor yg selama 8 jam duduk di depan komputer dan itu berlangsung setiap hari. beberapa bulan ini saya merasa lemas dan perut saya merasa aneh seperti lemas, tidak betah duduk, dan kadang sakit di perut sebelah kanan. itu kenapa yaa dok? jika saya di kantor yg saya rasa itu seperti inginnya hanya tiduran.

14 Apr 2016, 21:30 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda mengalami keluhan lain seperti demam? gangguan penglihatan? gangguan BAK/BAB?

Duduk terlalu lama secara umum tidak baik untuk kesehatan. Banyak penelitian yang dilakukan menemukan hubungan antara duduk terlalu lama dengan obesitas, sindrom metabolik (kumpulan kondisi termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh pada daerah pinggang, dan kadar kolesterol yang abnormal). Kebiasaan ini juga dikatakan meningkatkan risiko kematian dari penyakit kardiovaskular dan kanker.

Selain itu, duduk lama terutama setelah makan dapat memperlambat pergerakan usus karena penekanan pada organ-organ pencernaan. Akibatnya mudah timbul rasa kembung, perut tidak nyaman, nyeri/panas pada ulu hati, sulit BAB, hingga ketidakseimbangan mikroorganisme dalam saluran cerna. Tanpa disadari, pernapasan juga ikut kurang optimal akibat postur tubuh saat duduk yang menambah penekanan terhadap organ-organ dalam dada dan perut, sehingga oksigen yang beredar di seluruh tubuh pun dapat berkurang dan timbul rasa cepat lelah.

Saran yang dapat kami berikan adalah mengurangi lama duduk dan lebih banyak bergerak. Sempatkan berjalan kaki singkat sesering mungkin. Dengan lebih banyak bergerak lebih banyak kalori yang dibakar sehingga dapat menjaga berat badan, melancarkan metabolisme, dan meningkatkan energi. Apabila dengan usaha-usaha tersebut keluhan masih dirasakan/memberat, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lanjut penyebab lain yang mendasari.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Apr 2016, 21:30 WIB