Benjolan di Dalam Perut

Info Penanya, wanita 29 Tahun

DOK. SAYA FITRI..SAYA SEORANG IBU YANG MEMPUNYAI 2 ANAK..SAYA MAU TANYA DOK..ADA BENJOLAN SEBESAR TELUR DI DALAM PERUT SAYA...SELALU BERJALAN..APABILA BENJOLAN TERSEBUT KE BAGIAN ULU HATI TERASA SAKIT...KEMARIN SUDAH KE DOKTER BEDAH DAN MELAKUKAN USG..TETAPI HASILNYA NOL...ATAU TIDAK ADA..PADAHAL ITU ADA..DAN SAYA MERASAKANNYA..INI SAYA RASAKAN SEMENJAK LAHIRAN ANAK KE 2 SAYA 3 TAHUN LALU..DAN SEMAKIN MEMBESAR..KEMARIN SEPERTI KELERENG SEKARANG SEPERTI TELUR..BAHKAN KATA TUKANG PIJAT BENJOLANNYA BERTAMBAH BANYAK...GIMANA DOK...MEDIS NYATAKAN NOL...MKSH

15 Apr 2016, 07:13 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan pada perut, karena pada perut terdapat berbagai organ, seperti lambung, hati, kantung empedu, usus, ginjal, dll. Dalam mengetahui diagnosis suatu penyakit, perlu dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung: 

  • seberapa besar ukuran tepatnya
  • sejak kapan ukuran bertambah besar?
  • apakah anda bisa menentukan tepi dari benjolan (tepi tegas/tidak tegas)
  • apakah permukaanya terlihat rata atau berbenjol-benjol
  • apakah benjolannya melekat pada organ di bawahnya atau dapat digerak-gerakkan
  • adakah keluhan lain yang menyertai seperti gangguan pencernaan, penurunan berat badan, gangguan menstruasi, dsb

Tanpa dilakukan pemeriksaan secara langsung atau tanpa data-data diatas sulit bagi kami untuk mengetahui kondisi pasien, menentukan lokasi benjolan, dan penting untuk diketahui apakah benjolan tersebut terdapat pada organ di dalam rongga perut, atau hanya terdapat di kulit dan jaringan bawah kulit.

Beberapa hal yang mungkin menimbulkan benjolan pada perut antara lain :

  • Tumor kulit
  • Lipoma
  • Tumor usus besar
  • Dll

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lanjutan jika memang keluhan belum hilang. Dengan dilakukan pemeriksaan secara langsung, lebih mudah bagi dokter untuk menentukan lokasi dan jenis benjolan. Jika ternyata lokasinya sulit ditentukan hanya dengan pemeriksaan fisik, maka biasanya dokter akan meminta anda untuk melakukan suatu pemeriksaan penunjang kembali seperti USG atau CT-Scan, untuk memastikan lokasi benjolan. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat untuk benjolan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

15 Apr 2016, 07:13 WIB