Flu Jika Terpapar Udara Dingin

Info Penanya, wanita 20 Tahun

dok kenapa ya saya setiap kena dingin,terkena AC,kipas angin,dan setiap bangun pagi saya terkena flu berat dan terkadang batuk,saya sudah kedokter hanya di kasih obat batuk pilek biasa tapi tidak sembuh",sudah beberapa bulan tidak sembuh,kira" kenapa ya dok?terima kasih

14 Apr 2016, 18:08 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami menduga gejala yang Anda alami mengarah kepada gejala rhinitis alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan alergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan alergen yang serupa .

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata. Rhinitis Alergi yang berkepanjangan dapat menimbulkan gangguan sinusitis. 

Terapi yang dilakukan adalah :

  • Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan alergen penyebab. Tindakan ini merupakan tindakan yang paling sederhana dan paling mendasar dalam menangani alergi. Dalam kasus Anda, pencetus dapat berupa udara dingin di pagi hari atau AC, sehingga untuk menyiasatinya Anda dapat menggunakan baju hangat / jaket di pagi hari atau menyesuaikan temperatur ruangan. 

  • Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral (obat pelega hidung yang diminum). Obat kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat respon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain. Namun terapi obat ini perlu dikombinasikan dengan tindakan menghindari alergen untuk menghindari kekambuhan gejala.

Karena kami tidak melakukan pemeriksaan secara langsung, maka kami tidak dapat menegakkan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda alami. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk evaluasi langsung sehingga diagnosis dapat ditegakkan dan Anda mendapat pengobatan yang optimal.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Apr 2016, 18:08 WIB