Ukuran Perut Saat Hamil 3 Bulan dan Konsumsi Mi

Info Penanya, wanita 21 Tahun

dok usia kandungan saya sudah mau memasuki 3bulan,tapi perut saya ko sudah gendutan? diawal kehamilan saya sring mengkonsumsi mie apa berpengaruh pada janin?

14 Apr 2016, 17:24 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Selamat atas kehamilan Anda. Wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk menjaga kesehatannya sekaligus menjaga kesehatan janinnya. Selain itu juga penting untuk rutin memeriksakan diri dan kehamilan ke dokter untuk mengetahui perkembangan kehamilan. 

Pertumbuhan janin dapat ditandai dengan pertambahan besar rahim, yang dapat diukur pada perut wanita hamil. Hal ini disebut dengan pengukuran fundus uteri atau puncak rahim. Pada usia kehamilan 12-16 minggu, tinggi fundus uteri atau pembesaran rahim ini telah dapat diukur di antara pusar dan kemaluan wanita. Mengenai ukuran perut  tiap wanita hamil dapat berbeda dan tidak ada patokan khusus, dapat bergantung postur tubuh ibu sebelum hamil, berat tubuh ibu, dsb. Namun yang terpenting adalah apakah Anda rutin memeriksakan diri ke dokter? Selagi kondisi dan tumbuh kembang janin dalam rahim baik dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin serta kesehatan ibu terpenuhi maka Anda tidak perlu khawatir.

Jadi kami sarankan agar Anda rutin memeriksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda. Pemeriksaan kehamilan dijadwalkan untuk dilakukan sebanyak 12-13 kali, paling tidak minimal 4 kali pemeriksaan bila kehamilan tanpa masalah. Satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan 2 kali pada trimester ketiga.

 

Mengenai konsumsi makanan, pada prinsipnya makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus terjaga kebersihannya, bergizi seimbang, tidak menggunakan bahan - bahan pengawet/kimia yang berbahaya, dan dimasak dengan matang.

Untuk mie instan, umumnya mengandung bahan pengawet dan bahan MSG yang kadarnya cukup tinggi. Menurut beberapa penelitian yang ada, konsumsi MSG yang banyak dan terus menerus akan mengganggu pertumbuhan otak dan saraf si kecil. Selain itu juga pada ibu hamil yang mengkonsumsi MSG dalam jumlah banyak dapat menyebabkan anak yang lahir menjadi hiperaktif. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi mie instan saat hamil dibatasi.

Untuk panduan dan informasi lengkap selama kehamilan, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan-Kandungan kami. Demikian juga untuk perkembangan kehamilan Anda setiap minggu, Anda dapat mengunjungi Kalendar Kehamilan yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga Anda dan janin yang dikandung senantiasa sehat selalu. 

Salam,

14 Apr 2016, 17:24 WIB