Pendengaran Kurang Tajam

Info Penanya, pria 19 Tahun

dok, saya merasa pendengaran saya kurang tajam sehingga saya merasa teman saya berbicara pelan dan saya kurang paham dengan apa yang dibicarakan. saat saya masih kecil, saya pernah memasukan korek api ke dalam telinga hingga berdarah, tetapi saya lupa hasil pemeriksaan dari dokter. perlukah saya konsultasi lebih dengan dokter THT?

14 Apr 2016, 21:00 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sejak kapan tepatnya keluhan pendengaran berkurang dirasakan? Apakah pendengaran Anda berkurang secara perlahan atau tiba-tiba? Apakah sebelumnya Anda mengalami influenza? Apakah disertai gejala lain, seperti demam atau keluarnya cairan dari telinga? Di mana Anda beraktivitas sehari-hari, apakah di lokasi yang penuh dengan bising? 

Terdapat tiga jenis utama dari gangguan pendengaran:

  1. Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga.  Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.

  2. Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.

  3. Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.

Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi satu atau kedua telinga. Hal ini dapat terjadi tiba-tiba (akut) atau secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu. Bila Anda sudah diperiksa dan hasilnya gendang telinga baik kemungkinan gangguan pendengaran konduktif dapat disingkirkan namun untuk kemungkinan gangguan sensorineural belum dapat disingkirkan. Apakah Anda memiliki keluhan telinga berdengung?

Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik telinga dan pemeriksaan penunjang (seperti audiogram telinga) bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Apr 2016, 21:00 WIB