Penggunaan Scrub Pada Bekas Eksim

Info Penanya, wanita 19 Tahun

dok saya kan ada bekas eksim gitu hitam, gimana ya dok ngilanginya? katanya kalo eksim gak boleh kena scrub? oh ya dok kalo ditempat lain yg gak kena eksim boleh di scrub gak dok? terimakasih

14 Apr 2016, 16:21 WIB
dr. Citra Roseno
dijawab oleh: dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebetulnya fungsi utama dari scrub adalah mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori kulit, sekaligus  membukanya, agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan, seperti pelembap atau lainnya. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus.

 

Penggunaan scrub baik terutama untuk kulit berminyak atau kulit yang sering terpapar kotoran dari luar seperti polusi. Penggunaan diperbolehkan selama tidak menimbulkan keluhan pada kulit seperti, kulit kemerahan, terasa panas, gatal, hingga luka. Jadi apabila eksim Anda sedang meradang/kambuh dan belum menyembuh, sebaiknya penggunaan scrub dihindari terlebih dahulu karena dapat memperberat iritasi pada kulit. Untuk penggunaan pada bagian tubuh yang tidak bermasalah boleh-boleh saja selama tidak menimbulkan reaksi yang disebutkan di atas.

Namun untuk bekas kehitaman akibat eksim, dapat memudar dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas kehitaman atau menggunakan scrub, karena fungsinya yang membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan meluruhkan sel mati penyebab kulit kering dan atau kusam. Scrub digolongkan menjadi 2 bagian besar, mengandung butiran dan tidak mengandung butiran. Mengingat proses alami pergantian kulit terjadi selama 14-21 hari, kami sarankan Anda untuk tidak menggunakan produk ini lebih dari satu kali setiap 2 minggu agar lapisan pelindung kulit tidak terkikis.

Selain itu, bekas kehitaman juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat, dan apabila masih ada tanda-tanda peradangan seperti yang Anda alami biasanya akan ditambahkan krim anti radang yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas kehitaman yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat memperburuk kondisi.

Apakah saat ini Anda mendapatkan obat rutin untuk eksim? Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri lansung ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas kehitaman, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi untuk kemudian disesuaikan pengobatannya. Jangan lupa juga untuk menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan sabun, lotion sehabis mandi, dan pelembab yang sesuai untuk kulit Anda.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Apr 2016, 16:21 WIB