Solusi Balita Sulit Makan 14 Juli 2016 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Solusi Balita Sulit Makan

dok saya mau tanya. anak saya laki-laki berumur 4 th kurang sebulan. makannya susah. bisa gk dok tlong rekomendasikan susu yang bisa untuk menggemukkan anak. sekarang yg dikonsumsi susu SGM.

Lihat Selengkapnya
wanita, 46 Tahun14 Jul 2016, 12:52 WIB

dr. Fiona Amelia MPH

Dijawab oleh:

dr. Fiona Amelia MPH

Terimakasih Anda sudah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Anak pada rentang usia 3 hingga 5 tahun memiliki pertambahan berat badan sebanyak 1,8 hingga 2 kg/tahun dan pertambahan tinggi badan 5 hingga 8 cm/tahun. Untuk anak Ibu, laki-laki, usia 3 tahun 11 bulan, berat badan idealnya di kisaran 16,2 kg jika diplot menurut kurva WHO. Namun ini bisa bervariasi, apabila anak ibu tinggi, akan kelihatan kurus, dan sebaliknya bila cenderung pendek akan kelihatan lebih gemuk. Tinggi/pendeknya tergantung potensi genetik dari kedua orangtuanya.

Untuk mengatasi anak yang sulit makan, yang paling penting adalah komposisi makanan, porsi, serta frekuensi makan si anak. Susu hanya sebagai pelengkap apabila dari makanan tidak cukup.

Perlu diingat bahwa anak-anak memiliki lambung yang kecil. Mereka mungkin tidak mendapatkan energi yang cukup dengan makan 3x/sehari sehingga membutuhkan snack untuk meningkatkan asupan energinya. Frekuensi makan besar 3x sehari ditambah 3x snack (snack pagi, snack sore dan snack malam sebelum tidur), dapat membantu meningkatkan BB.

Berikut adalah panduan umumnya:

  1. Tambahkan lemak seperti butter, margarin, minyak, cream cheese, atau mayonaise ke dalam makanan anak anda. Lemak bersifat tinggi kalori dan penting untuk pertumbuhan otaknya.
  2. Waktu makan besar dan snack harus teratur dan terjadwal. Hindari memberikan makan sepanjang hari.
  3. Selalu berikan makanan tinggi kalori sebelum memberikan minum, supaya anak tidak cepat kenyang.
  4. Hindari memberikan jus buah karena rendah kalori. Sebaiknya berikan buah potong saja.
  5. Berikan snack tinggi kalori.
  6. Gunakan dairy products tinggi lemak (full cream/fat), seperti susu, yoghurt, dan keju.

Berikut adalah daftar makanan tinggi kalori yang membantu meningkatkan BB anak:

  • Buah-buahan dan sayur: Ubi manis, kacang-kacangan, alpukat, pisang, mangga
  • Protein: Daging, telur, dan protein nabati seperti kacang almond, kacang tanah, pistachios, kacang macadamia
  • Dairy products: keju cheddar, keju mozarella, whole milk yoghurt, cream cheese, susu full cream
  • Lemak tambahan dan pemanis: minyak kanola, minyak zaitun, santan, butter, madu
  • Biji-bijian: oatmeal, nasi merah, roti gandum dan roti putih, pancake

Mengenai pertanyaan Ibu terkait susu, susu hanyalah pelengkap apabila makanan tidak cukup. Untuk anak usia 4 tahun, sudah bisa mengkonsumsi susu formula untuk seusianya dan susu UHT. Susu UHT aman apabila anak Ibu tidak alergi pada susu sapi. Pilihlah susu UHT yang full cream. Untuk susu formula, dari berbagai merk yang ada, kandungannya hampir serupa. Namun, respon anak terhadap satu merk mungkin berbeda-beda.

Saran kami, Ibu berkonsultasi dengan dokter anak Anda, agar tumbuh kembangnya diplot benar dan kebutuhan susu-nya disesuaikan dengan kondisi anak Ibu.

Agar pertumbuhan anak optimal, tidak hanya makanan saja yang berperan, jumlah waktu tidur dan exercise/olahraga pada anak juga menentukan. Pastikan anak Ibu memiliki jumlah jam tidur yang cukup. Untuk usia 4-6 tahun, jumlah waktu tidur 11-13 jam, terbagi menjadi 10-11 jam tidur malam dan 2 jam di siang hari.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat