Kencing Nanah dan Nyeri Saat Ereksi

Info Penanya, pria 27 Tahun

Saya mendapati adanya cairan seperti nanah keluar dari kelamin saya tadi pagi, saya cari informasi dari internet mengarah kepada kencing nanah, tapi dari beberapa ciri penyakit kencing nanah saya tidak mengalami itu semua, hanya merasa sakit saat ereksi, tapi pada saat kencing tidak, juga kelmin tidak bengkak.. Tolong penjelasannya dok.

28 Jan 2017, 20:36 WIB
dr. Karunia Ramadhan
dijawab oleh: dr. Karunia Ramadhan

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Gejala kencing bernanah dan nyeri ketika berkemih dapat disebabkan karena uretritis atau peradangan pada uretra. Apakah Anda sebelumnya pernah memiliki riwayat berhubungan badan sebelumnya? Uretritis adalah Penyakit Menular Seksual (PMS) yang banyak terjadi pada pria dan terkadang ditemui pada wanita. Uretritis dapat terbagi atas 2 bagian :

1. Uretritis Gonorea (gonococcal urethritis)

2. Uretritis Non-Gonorea  (nongonococcal urethritis-NGU)

Kedua jenis uretritis di atas dibedakan berdasarkan ada atau tidaknya N.gonorrhoeae. The Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengestimasikan bahwa NGU lebih banyak 2.5x lipat daripada uretritis gonorea. Gejala dari keduanya hampir mirip dan dibedakan berdasarkan pemeriksaan apusan laboratorium dari discharge (nanah) yang keluar dari OUE.

Berdasarkan gejala yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami uretritis. Faktor risiko berdasarkan data adalah hubungan seksual sebelumnya (sayang sekali Anda tidak menyebutkan apakah Anda berganti-ganti pasangan seksual dan apakah Anda menggunakan kondom atau tidak). Diagnosis banding yang dapat dipikirkan adalah sistitis atau peradangan pada kandung kemih.

Nyeri ketika ereksi merupakan suatu kejadian yang tidak umum terjadi kecuali terdapat riwayat trauma pada penis atau iritasi sebelumnya. Sulit untuk menentukan apa penyebab dari nyeri ereksi tersebut tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Nyeri tersebut dapat disebabkan oleh keluhan kencing nanah Anda, namun bisa juga tidak berhubungan. Namun tentu saja terdapat beberapa diagnosa banding dari nyeri ketika ereksi, yaitu :

  • Penyakit peyronie's. Peyronie ditandai dengan adanya benjolan atau plak yang terdapat di dalam penis. Plak ini akan menyebabkan nyeri ketika penis ereksi
  • Priapismus dimana ereksi memanjang, lebih dari 4 jam
  • Massa pada penis yang dapat dicurigai sebagai kanker atau tumor
  • Fimosis
  • Trauma pada penis yang dapat mencakup fraktur penis, gangguan pembuluh darah, dan gangguan saraf

Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi ataupun spesialis kulit dan kelamin dalam rangka pemeriksaan lebih lanjut untuk menemukan penyebab dari nyeri ereksi tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

28 Jan 2017, 20:36 WIB