Mual Muntah Pada Anak dan Susu PHP

Info Penanya, wanita 33 Tahun

Pagi Dokter, ini anak saya sdh 4hari muntah trs tiap minum susu atau makan sesuatu. Saat ini suau yg dikonsumsi Morinaga Chilkid reguler. Saya bawa ke dokrer Sp.A katanya ada masalah di pencernaan nya, makanya mual muntah trs. Dokter sarankan untuk ganti susu LLM. Apa boleh saya ganti menggunakan Morinaga Chilkid PH-P ya.. Terimakasih

01 Feb 2017, 18:01 WIB
dr. Karunia Ramadhan
dijawab oleh: dr. Karunia Ramadhan

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan

Mual dan muntah pada anak merupakan gejala adanya suatu penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan (infeksi virus dan bakteri pada usus, penyakit maag, dsb), maupun penyakit lain yang memberikan gejala pada saluran pencernaan (dbd, gangguan fungsi ginjal, dsb). Penanganan muntah harus berdasarkan atas penyebabnya. Pemberian susu LLM atau susu rendah laktosa merupakan alternatif pemberian pada anak yang memiliki kecenderungan intoleransi terhadap laktosa. Gejala Intoleransi laktosa paling sering biasanya ditandai dengan diare pasca mengonsumsi produk susu.

Mual muntah sendiri sendiri bukan merupakan gejala dari intoleransi laktosa, terlebih sedari dulu anak Anda tidak mengalami riwayat intoleransi laktosa sebelumnya. Pemberian susu PHP atau susu yang terhidrolisa parsial merupakan alternatif bagi anak yang menderita alergi terhadapa susu sapi. Namun jika tidak ada riwayat terhadap protein susu sapi, manfaat susu tersebut tidak sesuai indikasinya terhadap anak Anda walau tidak mengapa walau Anda konsumsi.

Namun dokter anak Anda lebih mengetahui keadaan anak Anda sebab telah melakukan wawancara dan pemeriksaan secara langsung terhadap anak Anda. Kami sarankan agar Anda mengikuti petunjuk dokter. Dan jika keluhan mual muntah tidak membaik dalam beberapa waktu atau semakin berat, sebaiknya Anda segera kembali kepada dokter maupun instalasi gawat darurat untuk mendapatkan pertolongan agar anak Anda terhindar dari dehidrasi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

01 Feb 2017, 18:01 WIB