Berat Bayi 7 Bulan

Info Penanya, wanita 25 Tahun

halo dok saya bunda baru nih anak saya cowok usia hampir masuk 7 bulan tapi berat badannya masih 6,3kg dok apa itu normal ? saya dapat info kalo morinaga menyediakan nutrisi khusus untuk pendamping susu itu namanya apa ya dok, lalu apakah anak saya juga kemungkinan ada penyakit dalam kenapa beratnya susah untuk naik . teerimakasih dok

01 Feb 2017, 18:47 WIB
dr. Karunia Ramadhan
dijawab oleh: dr. Karunia Ramadhan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Untuk bayi 7 bulan, berikut adalah rentang normal berat badan sesuai dengan standar WHO.

  • Bayi laki-laki usia 7 bulan penuh rata-rata memiliki berat badan 8.3 kg, rentang 7.4-9.2 kg masih dianggap normal sedangkan bila BB bayi di bawah 6.7 kg dianggap gizi kurang.
  • Bayi perempuan usia 7 bulan penuh rata-rata memiliki berat badan 7.6 kg, rentang 6.8-8.6 kg masih dianggap normal sedangkan bila BB bayi di bawah 6 kg dianggap gizi kurang.

Pada usia 7 bulan, bayi sedang mengeksplorasi bagian tubuhnya dengan cara menggerak-gerakan tangan/kaki maupun memegangnya. 

Untuk saat ini, berat badan anak Anda memang terbilang kurang. Penyebab kurangnya berat badan anak Anda dapat disebebkan oleh berbagai hal. Asupan nutrisi yang tidak sesuai hingga adanya penyakit yang mendasari dapat menyebabkan hal tersebut. Kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi kepada dokter spesialis Anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Mengenai makanan pendamping ASI, dapat mulai diperkenalkan dengan pemberian buah atau sayur yang dihaluskan. Disarankan untuk memberikan satu jenis makanan terlebih dahulu agar anak dapat mengenal rasanya. Anda juga disarankan untuk memberikan satu jenis makanan selama empat hari berturut-turut untuk mengetahui kemungkinan anak alergi terhadap makanan tersebut. Jika tidak ada reaksi, Anda dapat melanjutkan kepada pengenalan MPASI berikutnya.

Boleh bagi Anda untuk memberikan bubur dengan ikan lele bagi bayi Anda. Hanya saja perlu diperhatikan teksturnya agar jangan terlalu padat. Untuk usia 6-8 bulan, Anda dapat menambahkan : alpukat, wortel matang, ubi, pepaya, daging (ayam, ikan, daging, dll), tahu, kacang-kacangan. Tekstur pure sudah dapat Anda kentalkan dengan menambahkan lebih sedikit cairan (air/susu formula/ASI).

Untuk bayi usia 8-10 bulan, Anda bisa mulai meningkatkan tekstur makanan si kecil, tidak perlu terlalu halus lagi (menjadi bubur saring). Anda juga sudah bisa mencoba memberikan dia makanan yang dapat dipegangnya (finger food).

Mengenai suplemen nutrisi MPASI anak Anda, kami memohon maaf sebelumnya, dikarenakan alasan kode etik kedokteran, kami tidak dapat menyebutkan dan memberikan saran terhadap salah satu merek tertentu. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter anak Anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

01 Feb 2017, 18:47 WIB