Stimulasi Pertumbuhan Anak Usia 9 Bulan

Info Penanya, pria 9 Tahun

Anak saya usia 9 bulan belum bs merangkak,duduk jg masih harus d'pegang..stimulasinya gimana ya dok?

01 Feb 2017, 19:10 WIB
dr. Karunia Ramadhan
dijawab oleh: dr. Karunia Ramadhan

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Pertumbuhan dan perkembangan anak sampai usia 5 tahun akan Anda dapatkan lengkap melalui Rubrik Tumbuh Kembang Anak yang kami miliki di halaman depan website kami. Pada anak usia 9 bulan memang anak memiliki beberapa kemampuan, diantaranya :

  • Duduk (sikap tripod-sendiri)
  • Belajar berdiri, kedua kakinya menyangga sebagian berat badan
  • Merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang
  • Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya
  • Bersuara tanpa arti, mamama, bababa, dadada, tatata
  • Bermain tepuk tangan / cilukba

Perkembangan setiap anak sangatlah bersifat individual. Jadi perkmebangan anak A belum tentu sama dengan anak B. Perkembangan ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan (stimulasi) dan juga gizi. Meskipun demikian faktor kematangan fisik anak juga berpengaruh, misalkan anak prematur perkembangannya cenderung lebih lambat dibandingkan dengan anak cukup bulan.

Di usia 8 bulan, bayi sudah dapat duduk tanpa disokong hingga 10 menit dan biasanya dapat duduk sendiri di usia 9-10 bulan. Yang perlu Anda lakukan ialah terus melakukan stimulasi untuk anak Anda. Karena anak akan lebih mahir melakukan sesuatu jika diajari berulang kali. Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga. 

Sedangkan untuk melatih merangkak dapat dengan  meletakkan sebuah mainan di luar jangkauan bayi, usahakan agar ia mau merangkak ke arah mainan dengan menggunakan kedua tangan dan lututnya.

selain melakukan stimulasi seperti di atas , Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak sehingga jika memang ditemukan adanya keterlambatan perkembangan dapat diintervensi sejak dini.

Demikian imformasi yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

01 Feb 2017, 19:10 WIB