Kepala Seperti Berputar

Info Penanya, pria 25 Tahun

kepala pusing seperti mutar2 saat tiduran dengan 1 bantal (normal tidur). ketika bangun tidur mata terbuka pusing terjadi sesaat kemudian normal lagi (tidak pusing). pusing tidak terjadi saat tidur menggunakan 2 bantal atau lebih. untuk tekanan darah 125/79 mohon solusinya, penyakit apa yang saya alami.

01 Feb 2017, 19:36 WIB
dr. Karunia Ramadhan
dijawab oleh: dr. Karunia Ramadhan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan besa Anda menderita vertigo. Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak, dan di dalam otaknya sendiri.  Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.  Penyebab dari vertigo dapat bermacam-macam :

  1. Keadaan lingkungan  - Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)
  2. Obat-obatan  - Alkohol  - Gentamisin
  3. Kelainan sirkulasi  - Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler
  4. Kelainan di telinga  - Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam       (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo)  - Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri  - Herpes zoster  - Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)  - Peradangan saraf vestibuler  - Penyakit Meniere
  5. Kelainan neurologis/saraf  - Sklerosis multipel  - Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya  - Tumor otak  - Tumor yang menekan saraf vestibularis.

Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti betahistine yang dapat diresepkan oleh dokter, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu Anda:

Vertigo

Mengenal penyakit Vertigo

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

01 Feb 2017, 19:36 WIB